Kepemimpinan [76] Rencana Pengembangan Kepemimpinan

Tetapkan tujuan di sekitar kerangka waktu tertentu atau tenggat waktu yang ditentukan, karena ini akan menciptakan rasa urgensi dan meningkatkan tingkat motivasi.

Jumat, 8 November 2019 | 13:21 WIB
0
55
Kepemimpinan [76] Rencana Pengembangan Kepemimpinan
ilustr: sei.net

Kepemimpinan adalah keterampilan yang terus berkembang. Dengan mempelajari lebih banyak tentang diri anda, kekuatan dan kelemahan anda, anda dapat menentukan kebutuhan perkembangan anda dan mendapatkan ide cemerlang tentang bidang-bidang yang perlu anda tingkatkan.

Untuk mendorong pertumbuhan pribadi dan profesional seseorang, rencana kepemimpinan yang disesuaikan dapat dikembangkan. Rencana yang disesuaikan membantu dalam membimbing anda, di mana anda ingin berada dalam rentang waktu tertentu dengan meningkatkan kesadaran diri dan modifikasi perilaku.

Pemimpin yang baik tahu bagaimana mengubah perilaku mereka dan untuk mengubah perilaku mereka, mereka mengembangkan kesadaran diri mereka, yang selanjutnya berkontribusi pada modifikasi perilaku. Dengan cara ini, kepemimpinan adalah siklus yang berkelanjutan. Perubahan perilaku berkisar dalam ruang lingkup dari menjadi pendengar yang lebih baik, untuk menciptakan perubahan di seluruh organisasi atau sikap terhadap keragaman.

Rencana pengembangan kepemimpinan adalah rencana komprehensif yang membantu membangun karier anda di jalur kepemimpinan yang strategis. Singkatnya, itu adalah pernyataan visi anda yang bertujuan menentukan di mana anda ingin berada dalam 3-5 tahun ke depan dengan menganalisis situasi saat ini dan kekuatan strategis.

Sebagai seorang pemimpin, anda mencoba bereaksi lebih tepat dan merespons berbagai situasi secara efektif. Dengan meningkatkan kesadaran diri anda sebagai seorang pemimpin, anda dapat meningkatkan kemampuan anda untuk mengelola pembelajaran anda dengan membuat rencana pengembangan kepemimpinan. Rencana kepemimpinan yang efektif harus didokumentasikan dan memiliki aksesibilitas yang mudah. Sebagaimana dibahas, itu harus disesuaikan dan memiliki ruang untuk mengadaptasinya dengan persyaratan keadaan yang berubah.

Pertanyaan mendasar yang harus anda tanyakan pada diri sendiri sebelum memulai rencana pengembangan kepemimpinan adalah:

  • Sebelum mengembangkan rencana kepemimpinan, cari tahu seberapa siap anda untuk berkomitmen pada usaha semacam ini.
  • Nilai keterampilan atau kompetensi apa yang sudah anda miliki sebagai seorang pemimpin.
  • Putuskan apakah anda akan dapat menerapkan dan mengikuti rencana anda untuk waktu yang lama, lebih disukai selama 8 hingga 24 bulan untuk hasil terbaik.
  • Tentukan, apakah anda memiliki kesabaran dan ketekunan untuk tetap berpegang pada proses bahkan ketika anda menghadapi hambatan.

Pengembangan kepemimpinan adalah proses yang berkelanjutan. Sangat penting bagi setiap individu tidak peduli seberapa luas pengetahuan mereka atau dilengkapi dengan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pemimpin, pengembangan kepemimpinan adalah proses yang berkelanjutan dan membantu dalam mengatasi tantangan profesional.

Langkah-Langkah yang Harus Diikuti Saat Mengembangkan Rencana Kepemimpinan

Sebelum menulis rencana, anda harus mengumpulkan informasi yang diperlukan dari penilaian diri untuk menyusun dan menganalisis data anda. Dengan menggunakan analisis ini, anda dapat mengartikulasikan visi dan menetapkan tujuan untuk pengembangan kepemimpinan.

Mengumpulkan Data dan Analisis Data Penilaian Mandiri

Dengan menganalisis data yang telah anda kelola, tentukan tujuan mana yang ingin anda targetkan untuk peningkatan selama beberapa tahun ke depan. Lima elemen dapat dipertimbangkan:

Situasi: Anda dapat menganalisis situasi yang ada di sekitar petunjuk berikut:

  • Tanyakan kepada diri anda apakah lingkungan kerja mendukung suasana positif untuk pertumbuhan dan semangat kerja yang tinggi?
  • Apakah itu menghambat produktivitas anda atau membantu anda?
  • Identifikasi kemungkinan langkah-langkah perbaikan yang dapat diterapkan untuk memperbaiki situasi yang ada.

Contoh:

  • Tahap ini melibatkan penilaian perilaku anda saat ini.
  • Penentuan pedoman atau rencana tindakan yang mungkin untuk memodifikasi atau meningkatkan perilaku yang ingin anda ubah.

Penilaian:

  • Putuskan tentang cara-cara yang memungkinkan anda untuk menilai kompetensi yang ada dan teknik potensial yang dapat anda gunakan di seluruh rencana selama proses penilaian diri.

Kecakapan:

  • Anda dapat memikirkan bidang-bidang di mana anda telah mengumpulkan keahlian yang kuat dan bidang-bidang di mana anda perlu meningkatkan atau membutuhkan lebih banyak pengalaman.
  • Putuskan apakah anda perlu menghabiskan lebih banyak waktu bekerja dengan masing-masing departemen untuk mengatasi kelemahan anda dan mengembangkan pengetahuan anda di bidang tertentu?

Pendidikan:

  • Tentukan area-area di mana anda membutuhkan pelatihan atau pendidikan lebih lanjut.
  • Putuskan apakah anda hanya membutuhkan pengetahuan praktis atau etis yang dapat anda peroleh dari rekan-rekan anda, alih-alih melanjutkan dengan pelatihan formal yang terkadang terdengar terlalu idealis .

Mengartikulasikan Visi Anda untuk Sukses dan Menetapkan Tujuan untuk Mewujudkan Visi Tersebut

Langkah selanjutnya adalah memikirkan visi keseluruhan anda untuk tahun ke depan dan 3-5 tahun ke depan. Menetapkan visi pribadi dan rencana di mana anda ingin berada dalam 3-5 tahun ke depan. Tulis beberapa tujuan solid yang ingin anda capai untuk mewujudkan visi tersebut. Sasaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan berbatas waktu.

Tujuan Khusus: Secara jelas dan akurat menyoroti tujuan apa yang ingin anda penuhi selama periode tertentu, bagaimana dan mengapa anda ingin mencapai tujuan tersebut.

Tujuan yang Dapat Diukur: Kriteria terukur sangat penting, karena membantu dalam penilaian bidang keberhasilan dan kegagalan dalam realisasi tujuan anda.

Tujuan yang Dapat Dicapai: Tujuan yang ingin dicapai seorang pemimpin harus layak dan mungkin; jika tidak, hal itu dapat menyebabkan hilangnya tingkat motivasi.

Sasaran Realistis: Sasaran yang telah ditentukan sebelumnya dianggap realistis dalam arti bahwa seorang pemimpin harus memiliki sumber daya dan kompetensi yang diperlukan untuk mewujudkan sasaran tersebut.

Batas Waktu: Tetapkan tujuan di sekitar kerangka waktu tertentu atau tenggat waktu yang ditentukan, karena ini akan menciptakan rasa urgensi dan meningkatkan tingkat motivasi.

Menulis Rencana

Proses penulisan rencana melibatkan penetapan tujuan pengembangan ke beberapa bidang kompetensi. Itu dapat dipecah menjadi tiga bagian:

  • Tujuan masa depan anda.
  • Tanggung jawab saat ini dan masa depan.
  • Garis waktu di mana anda ingin mencapai sesuatu.

Dari analisis anda, isilah visi dan tujuan cerdas anda; buatlah daftar tanggung jawab anda saat ini dan apa yang anda rasakan di masa depan. Buat garis waktu anda untuk mencapai tujuan dan menentukan area yang ingin anda kerjakan untuk pengembangan karakter kepemimpinan.

***

Solo, Jumat, 8 November 2019. 12:50 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko