Kepemimpinan [4] Pemimpin Vs Manajer

Seorang pemimpin adalah seseorang yang memengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain dalam upaya kelompok menuju pencapaian tujuan yang ditentukan dalam situasi tertentu.

Jumat, 17 Mei 2019 | 19:19 WIB
0
298
Kepemimpinan [4] Pemimpin Vs Manajer
ilustr: simplilearn

"Kepemimpinan dan manajemen adalah dua istilah yang identik" adalah pernyataan yang salah. Kepemimpinan tidak memerlukan posisi manajerial untuk bertindak sebagai pemimpin. Di sisi lain, seorang manajer dapat menjadi manajer sejati hanya jika dia memiliki sifat-sifat pemimpin di dalam dirinya.  Berdasarkan posisinya, manajer harus memberikan kepemimpinan kepada kelompoknya. Seorang manajer harus menjalankan kelima fungsi untuk mencapai tujuan, yaitu, perencanaan, pengorganisasian, penetapan staf, pengarahan, dan pengendalian. Kepemimpinan adalah bagian dari fungsi-fungsi ini. Kepemimpinan sebagai istilah umum tidak terkait dengan manajemen. Seseorang dapat menjadi pemimpin berdasarkan kualitas dalam dirinya. Sebagai contoh: pemimpin klub, kelas, asosiasi kesejahteraan, organisasi sosial, dan lain-lain. Oleh karena itu, memang benar untuk mengatakan bahwa, "Semua manajer adalah pemimpin, tetapi semua pemimpin bukan manajer."

Seorang pemimpin adalah seseorang yang memengaruhi perilaku dan pekerjaan orang lain dalam upaya kelompok menuju pencapaian tujuan yang ditentukan dalam situasi tertentu. Di sisi lain, manajer dapat menjadi manajer sejati hanya jika dia memiliki sifat-sifat pemimpin di dalam dirinya.

Manajer di semua tingkatan diharapkan menjadi pemimpin kelompok kerja sehingga bawahan mau membawa instruksi dan menerima bimbingan mereka. Seseorang dapat menjadi pemimpin berdasarkan semua kualitas dalam dirinya.

Pemimpin dan Manajer dapat dibandingkan berdasarkan:

Asal - Seseorang menjadi manajer berdasarkan posisinya, sementara itu seseorang untuk menjadi  pemimpin berdasarkan kualitas pribadinya.
 
Hak Formal - Manajer telah mendapatkan hak formal dalam suatu organisasi karena statusnnya. Di lain pihak hak tidak tersedia bagi seorang pemimpin.
 
Pengikut - Para bawahan adalah pengikut manajer. Sedangkan bagi seorang pemimpin,  kelompok karyawan yang dipimpinnya adalah pengikutnya.
 
Fungsi - Seorang manajer melakukan kelima fungsi manajemen, sedangkan pemimpin memengaruhi orang untuk bekerja dengan sukarela untuk tujuan kelompok.
 
Kebutuhan - Seorang manajer sangat penting untuk suatu perhatian. Di lain pihak seorang pemimpin diperlukan untuk menciptakan hubungan baik antara orang yang bekerja di dan untuk organisasi.
 
Stabilitas - Manajer lebih stabil, sedangkan pemimpin bersifat sementara.
 
Saling Hubungan - Semua manajer adalah pemimpin, tetapi semua pemimpin bukanlah manajer.
 
Akuntabilitas - Manajer bertanggung jawab atas perilaku dan kinerja diri serta bawahannya, sedangkan para pemimpin tidak memiliki akuntabilitas yang jelas.
 
Kekhawatiran - Kekhawatiran manajer adalah tujuan organisasi. Sementara itu kekhawatiran seorang pemimpin adalah tujuan kelompok dan kepuasan anggota.
 
Pengikut - Orang-orang mengikuti manajer berdasarkan uraian tugas. Di lain pihak orang-orang mengikuti pemimpin atas dasar sukarela.
 
Kelanjutan Peran - Seorang manajer dapat terus di kantor sampai dia melakukan tugasnya dengan memuaskan sesuai dengan tujuan organisasi. Sedangkan seorang pemimpin dapat mempertahankan posisinya hanya melalui keinginan pengikut sehari-hari.
 
Sanksi - Manajer memiliki komando atas alokasi dan distribusi sanksi. Di lain pihak seorang pemimpin memiliki komando atas berbagai sanksi dan catatan tugas terkait. Sanksi ini pada dasarnya bersifat informal.

Demikian, semoga paparan ini bermanfaat.

***
Solo, Jumat, 17 Mei 2019. 7:07 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko