Penggunaan Coating pada Tembok Batu Alam

Pelapis ini tidak menambah warna, tetapi memperkuat fasad alami sehingga memberikan kesan natural.

Kamis, 30 Juni 2022 | 07:55 WIB
0
25
Penggunaan Coating pada Tembok Batu Alam
Image: Freepik

Banyak pemilik rumah saat ini memilih untuk mendekorasi rumahnya dengan dinding batu alam.

Tampilan dinding batu alam jenis ini lebih estetis, juga lebih kuat dan relatif mudah dibersihkan. Namun, penting untuk melapisi dinding batu alam Anda untuk menciptakan tampilan alami dan menjaganya dalam kondisi baik.Tahap terakhir dari pemasangan pasangan bata Anda adalah pelapisan batu.

Baca juga: Sadari Pentingnya Penggunaan Coating pada Tembok Batu Alam

Pentingnya Coating Tembok

Penting untuk mengambil langkah yang tepat saat menerapkan pelapis pada dinding batu alam. Berikut adalah langkah-langkah coating batu alam yang dapat Anda lakukan sebagai prosedur perbaikan.

1. Sebelum Pelapisan 

Untuk memastikan proses pelapisan yang sukses, batuan harus dalam kondisi bersih. Dari kotoran, debu, oli, dan sisa semen, permukaan menjadi kotor dan berdebu. Batuan harus kering agar cairan meresap.

2. Proses Pelapisan 

Langkah kedua dalam proses restorasi adalah mengaplikasikan lapisan cair pada dinding batu alam. Proses pengecatan dinding biasa sama saja, baik menggunakan kuas maupun kompresor.

3. Pemberian Coating Kedua

Pelapisan yang baik dilakukan setidaknya dua kali. Untuk semprotan kedua, tunggu sekitar 15 hingga 20 menit setelah semprotan pertama. Pastikan penyemprotan dilakukan secara merata pada semua permukaan.

Jenis Coating  Tembok Batu Alam 

1. Clear Coating

Teknik clear coating dinding batu alam, yaitu melapisi bagian atas bebatuan agar terlihat seperti basah, sehingga kesan natural semakin terasa di setiap bagiannya.

2. Coating Hitam 

Ada juga pilihan untuk membuat tampilan menjadi hitam sehingga terlihat seperti bebatuan di bangunan candi. Bebatuan menjadi lebih gelap warnanya, namun tetap mempertahankan keindahan alamnya.

3. Coating Natural 

Pelapis ini tidak menambah warna, tetapi memperkuat fasad alami sehingga memberikan kesan natural. Tampilan alami dari goresan pada batu akan membuat mereka terlihat lebih indah.

Baca juga: Cara Menggunakan Nat Keramik

Nah itu dia pentingnya couting tembok pada batu alam dan Anda bisa memilih jenis diatas untuk pemakaian pada batu alam. Semoga artikel ini bermanfaat.