5 Tips Menjadi Lebih Bahagia Hari Ini

Kebahagiaan tampak sulit dipahami, tetapi ketika kita mengambil pendekatan Darwinian, kita dapat memahami dan memfasilitasi emosi ini yang sangat mendasar dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selasa, 30 November 2021 | 14:18 WIB
0
134
5 Tips Menjadi Lebih Bahagia Hari Ini
ilustr: Lifehack

Saran Darwinian tentang mendapatkan pick-me-up cepat.

Poin-Poin Penting

  • Kebahagiaan adalah bagian yang berkembang dari psikologi kita. Memahami akar evolusinya dapat membantu kita menemukannya dalam kehidupan kita sehari-hari.
  • Selama sejarah evolusi manusia, nenek moyang kita mengalami kebahagiaan ketika kelangsungan hidup dan manfaat reproduksi muncul dalam kehidupan seseorang.
  • Tindakan seperti menghabiskan waktu di alam, mengerjakan proyek kreatif, dan terhubung dengan orang yang dicintai dapat membantu meningkatkan kebahagiaan.

Di luar jendela saya suram saat saya mengetik. Semuanya abu-abu. Hari-hari semakin pendek. Dan di usia paruh baya, ada berbagai macam penyebab stres! Jika Anda sama sekali seperti saya dan bisa menggunakan pick-me-up ini, berikut adalah lima tip yang diilhami Darwinian.

Perspektif evolusioner tentang emosi manusia menyatakan bahwa emosi kita, termasuk kebahagiaan, berevolusi seperti yang mereka lakukan untuk melayani fungsi evolusioner penting bagi nenek moyang kita selama sebagian besar sejarah evolusi manusia. Dalam kondisi ini, sebagian besar ketika leluhur manusia modern tinggal di sabana Afrika di kelompok kecil yang erat, orang-orang mengalami kebahagiaan ketika mereka menemukan hasil yang akan dikaitkan dengan kelangsungan hidup dan/atau keberhasilan reproduksi. Hasil tersebut akan mencakup, misalnya:

• Menemukan sumber makanan baru yang bagus
• Menciptakan sesuatu yang dikagumi oleh orang lain
• Fenomena alam seperti aliran air tawar saat kondisi kekeringan
• Berbagi tawa dan cerita dengan anggota keluarga
• Mengalami saling cinta dengan pasangan yang memuja, amanah, dan menarik

Seperti yang kita alami sepanjang tahun terkait dengan memudarnya sinar matahari di Amerika Utara, berikut adalah lima cara untuk memanfaatkan kebahagiaan berdasarkan pendekatan yang diinformasikan secara evolusioner ini.

1. Makan sesuatu yang sehat dan enak.

Di bawah kondisi leluhur, manusia berevolusi untuk memilih makanan yang menambah lemak pada tulang, mengantisipasi kekeringan dan kelaparan. Untuk alasan ini, kami berevolusi untuk lebih memilih makanan yang kaya akan hal-hal seperti karbohidrat dan garam. Ironisnya, industri makanan modern telah membajak preferensi makanan tersebut. Dan inilah mengapa tempat-tempat seperti Burger King sangat pandai menghasilkan uang tetapi juga mendistribusikan makanan yang sangat tidak sehat.

Karena alasan ini, makan sesuatu yang hanya enak tidak selalu memiliki efek yang mendorong kebahagiaan di dunia modern. Makanan lezat, seperti kue kering keping cokelat yang baru dikeluarkan dari oven, ada harganya. Dan makanan seperti itu mungkin datang dengan rasa bersalah karena tidak mampu mengendalikan impuls seseorang.

Makanan alami, yang dipetakan ke jenis makanan yang dimakan nenek moyang kita sebelum munculnya pertanian, bisa enak tetapi umumnya juga bebas rasa bersalah. Temukan suguhan alami lezat favorit Anda hari ini. Mungkin anggur, clementine, salmon, ubi jalar, dan lain-lain. Makanlah sesuatu yang enak dan alami hari ini, dan lakukan dengan senyum tanpa rasa bersalah.

2. Buat dan bagikan sesuatu hari ini.

Semangat kreatif adalah bagian dasar dari psikologi kita yang berkembang. Kita mengagumi orang lain yang kreatif dan kita cenderung bersukacita dalam proses kreatif. Di bawah kondisi leluhur, kreativitas dihormati secara luas, kemungkinan karena memiliki segala macam manfaat dalam hal bertahan hidup dan bereproduksi. Lebih lanjut, kreativitas pada dasarnya adalah usaha sosial. Dan berbagi dengan orang lain adalah bagian penting dari kebahagiaan dalam spesies seperti kita dengan sosialitas yang begitu mendasar.

Ketika datang ke bentuk kreativitas, pilihannya hampir tidak ada habisnya. Tulis cerita singkat atau lelucon untuk dibagikan dengan teman. Atau puisi yang menangkap semangat Anda hari ini. Atau mungkin menggambar sesuatu. Mungkin coretan selama rapat departemen itu akan muncul menjadi sesuatu yang membuat Anda benar-benar tersenyum. Baik itu besar atau kecil, saya katakan cobalah untuk membuat sesuatu setiap hari. Dan bagikan dengan seseorang yang akan menghargainya. Dan mungkin melihat apakah mereka akan berbagi kembali. Berbagi produk kreatif, sekecil apa pun, menyediakan rute sederhana menuju kebahagiaan setiap hari.

3. Keluar ke alam.

Tentu, lebih sulit untuk keluar ke alam ketika di luar dingin atau hujan dan suram. Tambahkan jadwal jenuh untuk ini dan Anda punya resep untuk tinggal di dalam rumah dan tidak melakukan banyak hal. Tetapi ingat, untuk bagian terbesar dari sejarah evolusi manusia, nenek moyang kita selalu berada di luar. Kita berevolusi untuk dikelilingi oleh udara segar serta kehidupan tumbuhan dan hewan. Fitur air alami, langit, dan matahari adalah semua pemain reguler dalam kehidupan sehari-hari nenek moyang kita. Dengan demikian, kita mengembangkan kecintaan yang kuat terhadap alam yang masuk jauh ke dalam psikologi kita yang berkembang

Mungkin lari dua mil sebelum bekerja. Atau jalan-jalan sebentar di taman dekat kantor. Atau mungkin, jika waktu memungkinkan, pendakian intensif jauh ke dalam hutan. Tetapi apa pun jadwal Anda, pastikan untuk mendapatkan waktu di luar dengan beberapa elemen alam di dalamnya. Pengalaman alam terkenal berjalan seiring dengan kebahagiaan.

4. Berbagi dan berkomunikasi dengan anggota keluarga hari ini.

Seperti yang terjadi pada banyak spesies, kerabat cukup penting dalam pengalaman manusia. Dari perspektif evolusi, kerabat adalah orang-orang spesial di dunia yang secara tidak proporsional berbagi kombinasi genetik tertentu dengan diri kita sendiri. Akibatnya, kerabat memiliki minat evolusioner yang melekat pada kesuksesan kita. Inilah sebabnya mengapa "darah lebih kental daripada air".

Pikirkan seorang anggota keluarga yang akrab dengan Anda dan kirimkan pesan atau telepon kepada mereka. Tidak perlu ada agenda. Pastikan saja ada beberapa tawa yang terlibat.

5. Luangkan waktu untuk cinta.

Dalam pengalaman manusia, cinta dan kebahagiaan berjalan beriringan. Untuk alasan ini, menemukan dan mengembangkan hubungan cinta adalah bagian penting dari menjadi manusia. Dan cinta memiliki cara memfasilitasi kebahagiaan yang benar-benar tidak dapat ditandingi.

Pikirkan seseorang yang benar-benar Anda cintai di dunia ini. Bisa jadi pasangan romantis, pasangan, orang tua, teman, dan lain-lain. Jangkau orang itu. Berbagi dengan orang itu. Terhubung dengan orang itu. Tersenyumlah dengan orang itu. Dan lakukan hari ini.

Hubungan cinta tidak kurang penting ketika Anda melihat hal-hal dari perspektif evolusioner. Dan hubungan cinta sangat mirip dengan taman. Jika mereka dibudidayakan dan dirawat secara teratur, mereka tumbuh dengan indah. Jika mereka diabaikan, mereka terbuang sia-sia. Pastikan untuk secara aktif memupuk setidaknya satu hubungan cinta hari ini. Jiwa Anda akan berterima kasih nanti.

Intinya

Langit abu-abu, siang hari memendek, dan suhu turun. Kali ini tahun terkenal untuk mengambil angin dari layar orang. Yah, saya katakan jangan biarkan itu! Dengan menggunakan perspektif evolusi sebagai panduan, kita dapat mengambil berbagai tindakan kecil yang telah terbukti selama ribuan generasi dalam pengalaman manusia untuk memfasilitasi kebahagiaan.

Butuh penjemputan untuk melewati hari? Saya katakan ikuti petunjuk Darwin dan makan sesuatu yang enak dan sehat, ciptakan sesuatu, keluarlah ke alam, berbagi tawa dengan anggota keluarga, dan pastikan untuk menumbuhkan cinta hari ini. Kebahagiaan kadang-kadang tampak sulit dipahami, tetapi ketika kita mengambil pendekatan Darwinian, kita dapat memahami dan memfasilitasi emosi ini yang sangat mendasar dalam kehidupan kita sehari-hari.

***
Solo, Selasa, 30 November 2021. 1:45 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko