Kepemimpinan [68] Pendekatan Praktis, Kebutuhan Pemimpin untuk Jadi Administrator yang Baik

Kami merekomendasikan para pemimpin bisnis di masa depan untuk mengingat hal ini ketika mereka memulai karir mereka.

Senin, 7 Oktober 2019 | 21:22 WIB
0
291
Kepemimpinan [68] Pendekatan Praktis, Kebutuhan Pemimpin untuk Jadi Administrator yang Baik
ilustr: investopedia

Kebutuhan Pemimpin Modern untuk Mengadopsi Pendekatan Praktis

Sering diasumsikan bahwa kepemimpinan adalah tentang memiliki visi dan kemudian, melaksanakan visi dengan mendelegasikan pekerjaan dan komponen rencana dengan tepat kepada bawahan. Lebih lanjut, juga dianggap bahwa para pemimpin harus terlibat dalam perencanaan dan menyusun aspek-aspek tingkat tinggi dari perencanaan tersebut dan kemudian, menyerahkan implementasi yang sebenarnya kepada orang lain.

Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran karena para pemimpin juga perlu menjadi administrator yang baik jika mereka harus berhasil. Memang, kepemimpinan modern sama dengan visi strategis Dua Puluh Ribu Kaki, sama halnya dengan mur dan baut dari realitas di permukaan tanah.

Terlepas dari ini, sementara para pemimpin modern perlu mengetahui seni mendelegasikan dengan baik, mereka juga harus memastikan bahwa mereka memantau rencana untuk implementasi dan melacak kemajuan rencana hingga selesai. Juga, para pemimpin sebaiknya memahami apa yang diperlukan untuk mengimplementasikan rencana-rencana semacam itu dan bagaimana eksekusi aktual bekerja dalam praktik.

Karena alasan inilah banyak pemimpin kontemporer sering muncul melalui jajaran di mana mereka menguasai seni dan ilmu eksekusi, implementasi, dan administrasi dan kemudian beralih ke peran visioner di mana pengalaman dan keahlian mereka selain kepribadian mereka menentukan seberapa baik mereka memvisualisasikan strategi dan seberapa baik mereka menjalankan strategi tersebut.

Menyeimbangkan Perencanaan Visioner dengan Administrasi Cerdik

Ini juga bukan kasus bahwa pemimpin dengan menjadi administrator yang baik dapat memastikan kesuksesan. Memang, ini mungkin tidak terjadi karena para pemimpin perlu menjadi visioner dan memiliki karisma pribadi tertentu jika mereka harus membuat perbedaan dalam peran mereka.

Misalnya, semua organisasi kontemporer berkeras agar para pemimpin memiliki visi bahwa mereka dapat membuat konsep tentang cara membawa organisasi mereka ke depan. Lebih jauh, mereka harus memiliki kepribadian yang dengannya mereka dapat memerintahkan rasa hormat dari pengikut mereka. Selain itu, mereka harus dapat membawa semua pemangku kepentingan bersama mereka.

Dengan demikian, kepemimpinan di masa sekarang adalah tentang visi strategis seperti halnya tentang pendekatan langsung untuk administrasi dan eksekusi. Berbicara tentang pendekatan langsung, ini adalah kasus bahwa para pemimpin harus "pada bola" sejauh menyangkut eksekusi dan administrasi.

Sebagai contoh, perhatikan jabatan Perdana Menteri dari negara besar dan kompleks seperti India. Pemimpin seperti itu tidak hanya harus berpikir dan menghasilkan skema inovatif dan kebijakan inventif tetapi juga harus memantau implementasi kebijakan tersebut dan melacaknya hingga selesai.

Memang, dia yang merupakan PM harus sebanyak mungkin tentang perencanaan dan visi tingkat tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Langsung Kepemimpinan

Kami telah berbicara banyak tentang pendekatan langsung ke kepemimpinan. Jadi, apa artinya dan bagaimana cara kerjanya dalam praktik. Untuk mulai dengan, pendekatan langsung biasanya berarti bahwa para pemimpin tidak hanya harus memahami cara kerja implementasi tetapi juga harus menyadari kemacetan dan aspek lain yang dapat menahan atau menunda rencana.

Dengan kata lain, mereka harus menyadari hambatan dunia nyata untuk implementasi dan penangguhan yang dapat menggagalkan dan menghalangi rencana mereka. Memang, di sinilah pengalaman sebelumnya dengan administrasi akan berguna di mana keakraban mereka dengan bagaimana birokrasi bekerja akan berguna bagi mereka untuk menyusun rencana rinci dan kemudian menindaklanjuti sampai selesai.

Poin kunci yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa para pemimpin zaman modern harus memahami birokrasi sebanyak mereka memahami ke mana arah organisasi ini dan apa yang diperlukan untuk mencapai tahap evolusi berikutnya.

Secara seimbang, apa artinya ini adalah bahwa para pemimpin di masa sekarang harus secara aktif berpartisipasi dalam memantau dan melacak rencana sampai selesai. Di dunia nyata, ini berarti mereka duduk melalui pertemuan di mana mereka meninjau kemajuan rencana dan memantau mereka untuk setiap kelambatan dan aspek lain yang menghambat mereka.

Contoh Dunia Nyata

Selain itu, pendekatan langsung berarti bahwa mereka tidak boleh juga mengelola mikro di mana mereka menjadi administrator saja dan bukan perencana atau visioner. Dengan demikian, para pemimpin zaman modern harus merupakan kombinasi dari para visioner dan administrator di mana mereka memiliki kapasitas untuk merencanakan sebanyak mereka memiliki keinginan untuk mur dan baut eksekusi.

Sebuah contoh yang terkenal dalam hal ini adalah almarhum Steve Jobs dari Apple yang dikenal baik karena pendekatan visionernya seperti halnya ia dikenal karena pendekatan tangannya mengenai cara produk yang diluncurkan oleh Apple dirancang dan dipasarkan.

Contoh lain adalah PM India saat ini, Narendra Modi, yang dikenal karena skema inovatifnya, sama seperti ia dikenal karena tangannya dalam pendekatan administrasi.

Kesimpulan

Terakhir, sebagaimana disoroti dalam diskusi sejauh ini, ada kebutuhan bagi para pemimpin untuk naik melalui jajaran yang bertentangan dengan “mewarisi” jabatan melalui pewarisan keturunan dan suksesi dinasti. Dengan cara ini, dapat dipastikan bahwa mereka memahami tata kelola sebanyak mereka memahami kebutuhan akan visi.

Ini adalah alasan mengapa banyak bisnis milik keluarga juga membuat anggota yang lebih muda bekerja keras dan bekerja keras selama bertahun-tahun dalam berbagai posisi naik turun hierarki di mana mereka mengasah keterampilan mereka dalam pelaksanaan dan kemudian menggabungkan mereka dengan visi setelah mereka menduduki jabatan teratas.

Untuk menyimpulkan, pendekatan langsung pada kerja kepemimpinan untuk semua pemangku kepentingan dan karenanya, kami merekomendasikan para pemimpin bisnis di masa depan untuk mengingat hal ini ketika mereka memulai karir mereka.

***
Solo, Senin, 7 Oktober 2019. 8:58 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko