Kepemimpinan [19] Pemimpin dari Dalam versus Pemimpin dari Luar

Cara terbaik yang mungkin dilakukan meminta para pemimpin dirawat sebelum orang di puncak pensiun, pastikan bahwa para pemimpin ini melangkah ke posisi pemimpin yang pensiun.

Senin, 10 Juni 2019 | 06:22 WIB
0
188
Kepemimpinan [19] Pemimpin dari Dalam versus Pemimpin dari Luar
ilustr: KoinWorks

Salah satu masalah pelik yang dihadapi manajemen senior di banyak organisasi adalah debat tentang mendandani para pemimpin dari dalam dan kemudian mengangkat mereka ke posisi teratas versus memperkuat para pemimpin dari luar dan kemudian menjadikan mereka CEO.

Debat ini tidak terbatas pada negara tertentu dan menempati energi para pemimpin perusahaan di seluruh dunia. Ini karena banyak organisasi lebih suka bahwa mereka memiliki orang-orang di pucuk pimpinan yang telah naik pangkat sebagai lawan memiliki orang luar mengambil posisi teratas.

Masalah ini diperdebatkan karena menunjuk orang luar ke slot atas membangkitkan antipati dari mereka yang telah diabaikan dan karenanya dapat menyebabkan ketegangan yang tidak perlu dan kurangnya kerja sama.

Jalan keluar bagi banyak dewan perusahaan adalah dengan melakukan proses pencarian di mana mereka mempertimbangkan baik bakat asli maupun orang luar dan memutuskan murni berdasarkan prestasi dan tidak ada yang lain.

Namun, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena menunjuk talenta lokal memiliki kelebihan. Pertama, para pemimpin ini mengetahui seluk-beluk organisasi seperti punggung tangan mereka dan karenanya dapat diharapkan membawa keakraban dan perasaan tujuan untuk mengelola organisasi mengingat pengetahuan mereka tentang birokrasi dan kontak.

Intinya di sini adalah bahwa karena bakat lokal sudah tahu tali tangga organisasi, mereka dapat menerjemahkan keuntungan ini menjadi hasil yang bisa ditindaklanjuti.

Selanjutnya, mereka juga memiliki kesetiaan pada pusat-pusat kekuasaan di dalam organisasi dan karenanya, ini memberi mereka keunggulan atas orang luar, karena mereka dapat menavigasi perairan berbahaya dari politik organisasi. Namun, ini juga bisa berubah menjadi kerugian karena mereka akan terikat pada pusat-pusat kekuatan tertentu dan karenanya akan bias terhadap mereka dan ini mengarah pada memperburuk divisi yang ada.

Di sisi lain, memasukkan orang luar masuk akal ketika organisasi berada dalam krisis dan membutuhkan perspektif baru. CEO yang diambil dari dunia korporat yang lebih luas dapat memulai kembali tanpa bagasi sisa dan dapat memastikan bahwa dia membawa set lensa baru yang dengannya organisasi dapat menentukan visinya.
 
Ini adalah kasus yang bekerja paling baik ketika perusahaan menggelepar karena persaingan intra organisasi dan karenanya membawa masuk orang luar akan menjadi ide yang baik untuk meremajakan organisasi.

Namun, ini juga lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena ada kemungkinan semua faksi bersekongkol dengan CEO baru dan menyangkal peluangnya untuk membangun kembali organisasi.
 
Cara terbaik yang mungkin dilakukan adalah meminta para pemimpin dirawat sebelum orang di puncak pensiun dan karenanya, pastikan bahwa para pemimpin ini melangkah ke posisi pemimpin yang pensiun. Namun, seperti kasus transisi kepemimpinan Infosys (kita akan membahas ini secara rinci dalam artikel berikutnya) membuktikan, pemimpin perawatan dari dalam juga dapat memicu perang ruang dewan.
 
Pada akhirnya, solusi untuk masalah rumit ini perlu ditemukan dengan mencari campuran ketegasan dan ketajaman dan tidak ada jawaban yang mudah untuk pertanyaan, apakah pemimpin lokal membuat pilihan terbaik atau orang luar adalah alternatif yang lebih disukai.
 
***
Solo, Minggu, 9 Juni 2019.
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko