Terobosan Hasil Rakernas Ikatan Dosen Tetap Bukan PNS Republik Indonesia

Senin, 22 Agustus 2022 | 21:18 WIB
0
724
Terobosan Hasil Rakernas Ikatan Dosen Tetap Bukan PNS Republik Indonesia
Ghulam Murtadlo, M.Pd.I Utusan IAIN Metro mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional IDTNPNS di jakarta

Kegiatan hari pertama  Senin 22 Agustus 2022 Rapat Kerja Nasional Ikatan Dosen Tetap Bukan PNS Republik Indonesia yang diikuti oleh utusan DTNPNS Perguruan Tinggi Keagamaan  Seluruh Indonesia sudah menghasilkan  kesepakatan bersama, salah satunya melakukan audensi ke Kementerian Agama RI terkait konfirmasi validitas data Dosen Tetap Bukan PNS eksisting di Kementerian Agama RI. Selain itu tim IDTNPNS juga meminta informasi terkait kejelasan jumlah formasi penerimaan dosen PPPK.

Kedatangan Tim IDTNPNS disambut oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kepala Biro dan bagian kepegawaian Kementerian Agama RI. Dalam pertemuan tersebut  pihak kepegawaian Kemenag RI menyampaikan bahwa data eksisting DTBPNS PTKN keseluruhan adalah 3.248 orang. Dari jumlah itu, sebelumnya direncanakan 25% dari total itu adalah kuota penerimaan dosen PPPK. Namun per hari ini Senin 22 Agustus 2022  kuota itu berubah menjadi 90% dari total DTBPNS eksisting (yakni 2.878 orang). Hal tersebut membuktikan bahwa Rakernas sangat berarti dalam merubah keputusan yang sudah di tetapkan. Berdasarkan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, adapun persyaratan yg harus dipenuhi bagi calon pendaftar dosen PPPK adalah:

  1. Data pendaftar sesuai dengan data di EMIS Pendis
  2. Ber- NIDN
  3. Masa kerja lebih dari1 tahun (perhitungan dari tgl 31 Desember 2021)
  4. Jabatan fungsional ataupun Sertifikasi Dosen bukan merupakan syarat utama
  5. Peluang pendaftar 5% dibuka utk umum, selebihnya untuk Dosen yang sudah mengabdi di PTKN 
  6. Mekanisme rekrutmen dengan tes dan wawancara moderasi beragama
  7. Apabila calon peserta tidak lulus tes periode 1 (2022), maka dapat mengikuti tes periode selanjutnya (April-Oktober 2023).
  8. Apabila peserta dua kali gagal tes, maka akan dibahas lebih lanjut.

Informasi tambahan:

  1. Tanggal 19-21 Agustus 2022 adalah penyusunan formasi PPPK
  2. Tanggal 22 Agustus 2022 merupakan penyampaian rincian formasi
  3. 26 Agustus 2022 jam 16.00 adalah penetapan formasi PPPK
  4. Tanggal 29 Agustus 2022 adalah pengumuman formasi PPPK.

Perjuangan masih berlanjut karena keputusan bisa berubah berdasarkankan dengan situasi dan kondisi tertentu.Terkait dengan hasil Rakor Terbaru Pemerintah Penyelesaian Pendataan Honorer Menjadi Asn Pns PPPK Tahun 2022 bisa dilihat di chanel YouTube