Menyalahkan Media Sosial untuk Depresi Remaja Terlalu Mudah

Platform media sosial yang berpengaruh seperti Instagram harus diatur, tetapi kritik terhadap media sosial, dan setiap regulasi yang efektif, perlu mengacu pada kompleksitas perbandingan diri dan ketidakpuasan diri.

Rabu, 24 November 2021 | 10:34 WIB
0
87
Menyalahkan Media Sosial untuk Depresi Remaja Terlalu Mudah
ilustr: Wall Street Journal

Apakah Instagram benar-benar di balik ketidakpuasan diri gadis remaja?

Poin-Poin Penting

  • Kepuasan diri terletak pada perbandingan sosial—bagaimana kita mengukur diri kita dengan orang-orang di sekitar kita.
  • Perbandingan sosial sangat intens pada remaja yang sedang membentuk rasa baru tentang diri dalam kaitannya dengan dunia sosial mereka.
  • Penelitian baru menunjukkan bahwa ingatan gadis remaja menyimpan deskripsi negatif tentang diri mereka lebih dari yang positif.
  • Regulasi media sosial yang efektif akan membutuhkan perhatian pada sifat perbandingan diri yang tertanam dan norma-norma perempuan yang bernilai rendah.

Kepuasan diri sering dianggap berada dalam penilaian solid seseorang tentang keaslian, nilai, tujuan, dan keterikatan mereka, namun elemen penting adalah bagaimana kita berpikir kita mengukurnya terhadap orang lain. Apakah hidup kita "di jalur" dalam hal karier, hubungan, harta benda? Bagaimana kita menjawab tergantung pada bagaimana orang lain yang kita kenal, terutama teman dekat atau jangka panjang kita, lakukan dalam hidup mereka. Haruskah kita puas dengan penampilan kita? Sekali lagi, kita menilai ini dengan membandingkan berat badan kita, rambut kita, pakaian kita, kulit kita dengan teman dan keluarga. Singkatnya, kepuasan diri tidak berasal dari nilai-nilai mutlak kita saja; itu sebagian besar tergantung pada apakah kita yakin kita menilai lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan dengan orang lain.

Media sosial, dengan bahasanya membual dan menyombongkan diri, membawa kekuatan baru, arti-penting, dan keluasan global dalam perbandingan sosial. Dengan laporan baru-baru ini tentang meningkatnya tingkat depresi di kalangan remaja—khususnya remaja perempuan—platform media sosial seperti Instagram telah dianggap bertanggung jawab menginfeksi remaja dengan ketidakpuasan diri yang mengarah pada kecemasan dan ketidakbahagiaan.

Meskipun psikolog mengakui bahwa korelasi tingkat depresi gadis remaja dengan munculnya media sosial tidak membuktikan media sosial menyebabkan kenaikan ini, pendekatan mereka sering kali, “Media sosial pasti penyebabnya, karena saya tidak melihat apa lagi yang bisa terjadi. menjadi."

Hanya sedikit yang akan berpendapat bahwa media sosial memberikan umpan yang benar-benar positif. Faktanya, kita dapat menganggap media sosial sebagian besar sebagai makanan junk food yang berkilau dan menggiurkan. Bahkan ketika gadis remaja tahu bahwa mereka sedang melihat foto-foto yang dibuat dengan hati-hati, sering dimodifikasi dan selalu dangkal, mereka merasa kurang dibandingkan. Pengetahuan mereka bahwa mereka sedang melihat apa yang kadang-kadang mereka sebut "topeng", atau bahwa mereka membandingkan subjektivitas mereka yang berantakan dengan presentasi orang lain yang dipoles, tidak membantu.

Gadis-gadis remaja berbicara tentang "ngeri"—menghabiskan berjam-jam berkubang dalam kecemburuan "orang", atau profil media sosial—yang memancarkan pesona tetapi tidak mereka hargai atau kagumi. Namun demikian, untuk memahami hubungan sebab akibat antara ketidakpuasan diri dan media sosial, kita perlu fokus pada fitur yang terus-menerus dari pengalaman gadis remaja.

Remaja sangat sensitif terhadap perbandingan sosial. Jauh sebelum gadis remaja menggunakan media sosial, dan satu dekade sebelum smartphone pertama yang tersedia secara luas, anak perempuan melihat gambar gadis dan wanita di majalah dan program TV dan akhirnya merasa rendah diri saat mereka membandingkan diri mereka dengan model.

Pada tahun 2001, orang tua, guru, dan politisi di Inggris menyerukan “Body Image Summit” untuk mengatasi apa yang mereka lihat sebagai krisis citra diri pada gadis remaja yang disebabkan oleh model yang tidak realistis. Pada tahun 2007, perhatian publik mendorong American Psychological Association untuk membentuk gugus tugas untuk melaporkan isu pelengkap: seksualisasi anak perempuan dalam gambar di halaman dan layar.

Tekanan budaya pada anak perempuan untuk melihat dengan cara tertentu, untuk menyenangkan dan menjadi apa yang diinginkan orang lain, terlihat di mana-mana. Itu adalah pesan daripada sarana pengiriman pesan yang terlihat menyebabkan ketidakpuasan diri gadis remaja. Mereka tidak akan pernah bisa menandingi cita-cita budaya yang didasarkan pada cara pandang tertentu; dan upaya mereka untuk melakukannya datang dengan biaya psikologis yang besar.

Remaja siap untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain dan membentuk diri mereka dengan cita-cita orang lain karena mereka menyusun identitas baru, menggambar dari teman-teman mereka, dari idola selebriti mereka sendiri, dan dari orang-orang yang dikagumi teman-teman mereka. Mereka sangat rentan terhadap dampak persetujuan dan ketidaksetujuan—di layar, di halaman, di media sosial, dan secara langsung—karena mereka sendiri tidak yakin dengan penampilan mereka dan siapa diri mereka.

Ketika remaja bahagia, dan ketika mereka merasa hidup mereka berjalan dengan baik, mereka lebih cenderung melakukan perbandingan ke bawah (siapa yang lebih buruk?) daripada "perbandingan naik" (siapa yang lebih baik dari saya?). Ketika mereka sedang down, setiap orang tampaknya memiliki lebih dari yang mereka miliki dan kebanyakan perbandingan membuat mereka merasa kekurangan.

Sebuah makalah prapublikasi yang tersedia baru-baru ini mengambil ini lebih jauh, menunjukkan bahwa gadis remaja memiliki memori yang lebih baik untuk kata-kata negatif yang digunakan untuk menggambarkan mereka daripada yang positif. Ini sangat berbeda dengan narsisme sehat dari orang dewasa yang kuat yang siap membuat perbandingan ke bawah dan melihat orang lain lebih rendah dari diri mereka sendiri dan cepat melupakan atau mengabaikan deskripsi negatif yang diberikan orang lain tentang mereka. Sebaliknya, kata-kata negatif menanamkan diri dalam konsep diri seorang gadis remaja, dan mendorongnya untuk melihat dirinya sebagai "kurang dari" orang lain.

Platform media sosial yang berpengaruh seperti Instagram harus diatur, tetapi kritik terhadap media sosial, dan setiap regulasi yang efektif, perlu mengacu pada kompleksitas perbandingan diri dan ketidakpuasan diri. Suasana negatif dari merendahkan norma-norma feminin tidak akan hilang ketika platform media sosial membersihkan tindakan mereka.

Selain itu, kita tidak boleh mengabaikan dampak positif dari inspirasi perbandingan ke atas saat remaja melihat orang lain yang "lebih dari" mereka. Pekerjaan terbaru yang penulis lakukan dengan The Female Lead menunjukkan bahwa ketika gadis remaja mengikuti profil wanita yang mewakili minat dan aspirasi mereka, suasana hati mereka membaik.

Mereka sendiri yang membersihkan profil "ngeri", dan algoritme platform mulai bekerja sesuai keinginan mereka. Jika media sosial ingin diatur, kita perlu diberi tahu tentang bagaimana hal itu dapat mendukung kesejahteraan remaja dengan memerangi norma-norma budaya yang tidak sehat, bukan hanya bagaimana hal itu dapat membahayakan.

***
Solo, Rabu, 24 November 2021. 9:59 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko