Narsisis Histrionik: Seks, Kebohongan, dan Manipulasi

Wanita histrionik menyeberang ke wilayah narsis melalui penyalahgunaan kekuasaan dan peran gender dan eksploitasi hubungan.

Jumat, 25 Juni 2021 | 10:29 WIB
0
306
Narsisis Histrionik: Seks, Kebohongan, dan Manipulasi
illustr: LovePanky

Sifat histrionik dan narsistik dapat tumpang tindih memperumit hubungan.

Poin Penting

  • Gangguan kepribadian klaster B terdiri dari gangguan kepribadian narsisme, ambang, histrionik, dan antisosial.
  • Ciri-ciri kepribadian negatif juga dapat tumpang tindih antara kriteria diagnostik tertentu.
  • Seseorang tidak perlu memiliki diagnosis klinis untuk menunjukkan ciri-ciri kepribadian negatif.

Gangguan Cluster B adalah kumpulan sifat negatif yang disusun dalam empat klasifikasi: narsisme, histrionik, ambang, dan gangguan kepribadian antisosial. Gangguan kepribadian secara keseluruhan digambarkan sebagai pola pikiran dan/atau perilaku maladaptif yang bertahan lama dan menyimpang dari budaya seseorang (APA, 2013). Pikiran, keyakinan, dan tindakan ini tidak fleksibel dan sangat negatif dan meresap.

Terlepas dari upaya terbaik kita, kita semua memiliki sifat negatif dan kebiasaan tidak sehat. Apa yang membuat suatu sifat patologis adalah ketidakmampuan dan keengganan untuk berubah dan meningkat. Bahkan orang yang paling baik hati di jalan menuju kesucian dapat menyerang dalam kemarahan dan ego.

Tindakan menjadi manusia datang dengan kehendak bebas dari pikiran dan tindakan. Kita semua memiliki kemampuan bawaan untuk menjadi seorang narsisis; namun, yang membedakan non-narsisis dari orang banyak adalah elemen kontrol diri dan pilihan. Kita dapat memilih untuk menggunakan orang untuk tujuan kita sendiri dan kemudian membuangnya; kita memilih untuk berbohong dan bersembunyi; kita memilih untuk menipu dan menyelinap. Ini adalah salah satu alasan mengapa ciri-ciri diagnosis untuk gangguan Cluster B sangat rendah: individu dengan masalah ini tidak mencari bantuan karena mereka tidak percaya bahwa mereka membutuhkan bantuan sejak awal.

Tentu saja, untuk didiagnosis secara klinis dengan gangguan tertentu, seseorang harus memiliki sejumlah tanda dan gejala tertentu. Seorang individu dapat memiliki ciri-ciri narsisme tetapi tidak secara resmi diklasifikasikan sebagai seorang narsisis.

Tautan Antara HPD & NPD

Narsisme atau gangguan kepribadian narsistik (narcissistic personality disorder/NPD) paling mudah diidentifikasi oleh kurangnya empati individu dan ego yang berlebihan. Namun, banyak korban narsisme melaporkan seksualitas dan emosi pelakunya seperti diasah menjadi senjata. Individu yang terang-terangan seksual dan dramatis ini memiliki apa yang disebut oleh American Psychiatric Association sebagai gangguan kepribadian histrionik (2013).

Sedangkan gangguan kepribadian narsistik sebagian besar didiagnosis pada pria, gangguan histrionik (HPD) didiagnosis terutama pada wanita. Seperti kebanyakan gangguan kepribadian, individu histrionik tidak dapat disembuhkan dengan obat resep. Hanya penyakit penyerta, seperti depresi dan kecemasan, yang dapat diobati. Jadi sementara depresi dapat diangkat dengan rencana perawatan yang tepat, itu tidak akan melakukan apa pun untuk tindakan egois atau perilaku dingin orang tersebut. Hal yang sama berlaku untuk gangguan kepribadian histrionik.

Gangguan kepribadian histrionik memiliki beberapa kesamaan dengan narsisme tetapi juga perbedaan yang berbeda. Penggunaan sandiwara, emosi, dan seksualitas sangat kontras dengan narsisis yang dingin dan egois. Namun, banyak keunggulan yang tumpang tindih. Seperti ciri-ciri kepribadian positif seperti keterbukaan atau kesadaran, ciri-ciri kepribadian negatif juga dapat tumpang tindih dengan gangguan. Hanya karena seseorang menunjukkan beberapa ciri narsisme tidak berarti dia juga tidak dapat bertindak dengan ciri-ciri gangguan histrionik.

Individu histrionik memiliki emosi yang sangat berlebihan dan kebutuhan yang luar biasa untuk diperhatikan. Sebenarnya, istilah histrionik berarti "dramatis" dan "teater". Orang-orang ini adalah ratu drama terkenal dan orang yang sibuk yang tidak tahan ditinggalkan di luar lingkaran perhatian. Harga diri histrionik sangat bergantung pada pendapat orang lain dan dapat meningkat dan berkurang sesuai dengan reputasi mereka.

Ketika mereka jatuh dari kasih karunia, histrionik lebih berisiko mengalami depresi, menangis, dan putus asa untuk membalikkan cerita di mana mereka menjadi korban. Narsisis, di sisi lain, mungkin menjadi marah dan menantang dan umumnya tercengang oleh opini publik yang negatif. Mereka—sampai saat ini—tak tersentuh. Jika narsisis menyembunyikan citra diri negatif mereka dan ditutupi oleh ego yang berlebihan, maka orang-orang histrionik mengenakan hati mereka yang egois di lengan baju mereka.

Baik narsisis maupun histrionik dapat menggunakan ancaman bunuh diri sebagai penarik perhatian atau cara untuk mendapatkan simpati dan pengampunan. Tidak ada tipe individu yang dapat memiliki hubungan normal untuk waktu yang lama. Histrionik membuat pasangan mereka lelah dengan perubahan suasana hati yang cepat; narsisis memecah pasangan mereka dengan pelecehan dan konfrontasi; kedua klasifikasi tersebut umumnya menguras kemampuan teman dan kekasih untuk memenuhi tuntutan besar mereka akan perhatian.

Seksualitas sebagai Senjata

Perbedaan utama antara histrionik dan narsisme adalah penggunaan seksualitas. Orang-orang narsisis dikenal lebih rentan untuk selingkuh dalam hubungan pribadi mereka, tetapi orang-orang histrionik jauh lebih eksploitatif dan provokatif secara seksual. Histrionik menggunakan seks dan rayuan untuk memecahkan hampir semua masalah yang muncul dan mengembalikan perhatian kepada mereka; narsisis menggunakan seks mereka sebagai metode kendali.

Seorang narsisis berselingkuh karena mereka merasa bisa, mereka pantas mendapatkannya, atau mereka membutuhkan sesuatu sebagai balasannya. Sebaliknya, seorang histrionik akan terlibat dalam perselingkuhan untuk memenuhi kebutuhan putus asa akan perhatian yang mereka yakini tidak mereka dapatkan dari pasangannya.

Terlepas dari apakah orang tersebut seorang narsisis atau histrionik, kecurangan bukanlah kesalahan mereka. Jack ingat ketika dia memergoki mantan istrinya selingkuh. “Dia telah selingkuh selama bertahun-tahun dengan pria yang berbeda. Dia mengatakan itu karena saya tidak cukup memperhatikannya dan pria-pria ini melakukannya, dan mereka membuatnya merasa cantik dan berharga. Selingkuh itu salahku karena aku tidak membuatnya merasa cantik.”

Mantan istri Anthony, sebagai perbandingan, berusaha untuk menyangkal tuduhan ketika disajikan dengan bukti perselingkuhannya tetapi juga mengambil peran sebagai pihak yang dirugikan. Narsisis adalah pembohong ahli dan aktor dan dapat mempertahankan persona palsu mereka jauh lebih baik dan untuk jangka waktu yang lebih lama daripada histrionik.

Anthony ingat bahwa akhirnya dia mulai memamerkan kecurangannya alih-alih merasa malu karenanya. “Kecurangan bukanlah cacat karakternya; itu milikku entah bagaimana. Dia menggunakannya untuk meremehkan saya dan menjadikan dirinya korban yang malang,” kata Anthony.

Sekali lagi, perlu diingat bahwa untuk mendiagnosis histrionik, seseorang harus mencentang sejumlah kotak kriteria diagnostik tertentu. Menjadi percaya diri dan mengendalikan seksualitas Anda tidak membuat Anda menjadi histrionik; demikian juga, menjadi terlalu dramatis juga bukan cara untuk mendiagnosis seseorang sebagai histrionik. Seseorang bisa menjadi seksual dan menggoda tanpa histrionik, dan tidak semua penipu menderita gangguan kepribadian histrionik.

Narsisis wanita sangat berbahaya dan menggunakan seksualitas mereka sebagai senjata untuk mengangkangi garis tipis antara NPD dan HPD. Narsisis histrionik menggunakan daya tarik dan bahkan kemampuan reproduksi mereka untuk mendapatkan kendali atas suatu hubungan, mempertahankan keunggulan, atau hanya sekadar untuk menyakiti seseorang.

Wanita histrionik menyeberang ke wilayah narsis melalui penyalahgunaan kekuasaan dan peran gender dan eksploitasi hubungan. Menggunakan anak-anak, kehamilan, dan anggota keluarga lainnya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan tidak pernah keluar dari kemungkinan seorang narsisis histrionik.

***
Solo, Jumat, 25 Juni 2021. 9:58 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko