Psikologi G-Spot

Bisa jadi orgasme G-spot adalah "lebih dalam" dan lebih "seluruh tubuh", tetapi sulit untuk mengetahui sejauh mana perbedaan ini berasal dari perbedaan sensasi nyata.

Kamis, 5 Agustus 2021 | 13:49 WIB
0
195
Psikologi G-Spot
ilustr: Greatist

Kontroversi di balik misteri anatomi.

Poin Penting

  • G-spot memiliki sejarah panjang dan kontroversial di kalangan peneliti seks dan aktivis sosial.
  • Tidak sepenuhnya jelas apakah G-spot benar-benar ada sebagai struktur anatomi yang unik dan dapat diidentifikasi.
  • Penting untuk menyoroti anatomi seksual wanita yang memiliki relevansi dengan kesenangan, yang sering distigmatisasi dan diabaikan.

Satu hal yang selalu ditanyakan oleh teman-teman saya, adalah untuk menjelaskan perbedaan antara "orgasme klitoris" versus "orgasme G-spot." Dengan kata lain, ketika seseorang dengan vulva mengalami orgasme yang disebabkan oleh rangsangan klitoris, apakah itu secara fisiologis atau psikologis berbeda dari yang berasal dari rangsangan G-spot? Yang mengarah ke pertanyaan yang lebih mendasar lagi "apakah G-spot itu ada?"

Sebuah pertanyaan tentang anatomi

Untuk memahami jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, kita perlu mundur sejenak dan mendiskusikan beberapa anatomi. Klitoris adalah fitur eksternal yang berada di mana labia bagian dalam bertemu di bagian atas vulva. G-spot (jika ada) adalah internal dan tiga inci di dalam vagina di bagian atas, dinding depan. Beberapa wanita menggambarkan teksturnya seperti kenari dibandingkan dengan tekstur dinding vagina bagian dalam yang relatif halus.

Kontroversi itu

G-spot memiliki sejarah yang panjang dan kontroversial di antara peneliti seks dan aktivis sosial. Di satu sisi ada kelompok yang menekankan pentingnya menyoroti semua jenis anatomi wanita yang terkait dengan kenikmatan seksual, yang secara tradisional merupakan topik yang telah distigmatisasi dan diabaikan.

Namun tidak sepenuhnya jelas apakah G-spot benar-benar ada sebagai struktur anatomi yang unik dan dapat diidentifikasi. Tidak setiap wanita mengklaim memilikinya. Studi kembar, standar emas untuk menentukan apakah sesuatu ditentukan secara biologis, menunjukkan bahwa G-spot bukanlah sesuatu yang diturunkan secara genetik. Rata-rata, memiliki saudara kembar yang memiliki G-spot membuat Anda kemungkinan besar tidak akan mewarisinya sendiri. Ini menunjukkan bahwa G-spot, jika tidak ditentukan secara genetik, tidak boleh "nyata". G-spot mungkin hanya area umum vagina yang terasa enak saat dirangsang, untuk kelompok wanita tertentu.

Pertanyaan tentang seberapa besar penekanan yang harus diberikan pada G-spot juga telah menarik perhatian para feminis dan pendukung kenikmatan seksual perempuan lainnya. Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa kebanyakan wanita lebih mudah mencapai orgasme dari stimulasi klitoris daripada melalui stimulasi G-spot melalui seks penetrasi. Namun secara budaya, status seks penetrasi secara tradisional telah meningkat secara besar-besaran dan dianggap sebagai satu-satunya jenis seks "nyata". Bahkan Sigmund Freud mengklaim bahwa orgasme wanita yang dibawa oleh seks penetrasi lebih "dewasa" daripada orgasme klitoris.

Semua ini memperkuat anggapan bahwa wanita yang orgasme dengan pasangannya melalui stimulasi G-spot secara psikologis lebih baik daripada wanita yang hanya orgasme dari stimulasi klitoris. Intinya adalah bahwa semua ini sangat memalukan bagi wanita yang khawatir tidak dapat menemukan G-spot mereka dan yang tidak dapat mencapai orgasme hanya dari seks penetratif.

Apa yang dikatakan sains?

Dalam hal apakah G-spot versus orgasme klitoris berbeda secara fisiologis, ada baiknya untuk melihat penelitian menggunakan ultrasound. Studi ini menunjukkan bahwa kedua jenis orgasme melibatkan kontraksi otot vagina yang sama yang biasanya terjadi selama orgasme. Ada sedikit perbedaan dalam aliran darah. Ketika orgasme dihasilkan dari rangsangan klitoris, aliran darah cenderung lebih banyak ke daerah klitoris sedangkan ketika orgasme dihasilkan dari G-spot, aliran darah terkonsentrasi di sekitar vagina. Orgasme wanita yang dirangsang melalui G-spot juga lebih cenderung menyebabkan ejakulasi wanita (alias "menyemprotkan"), di mana sejumlah kecil cairan dari kelenjar Skene didorong melalui uretra selama orgasme.

Dari sudut pandang sensasi, dalam hal bagaimana perasaan orgasme sebenarnya, jawabannya menjadi jauh lebih subjektif. Beberapa penelitian melaporkan bahwa wanita mengalami orgasme klitoris versus G-spot secara berbeda. Melalui laporan diri, peserta wanita dalam satu penelitian menggambarkan orgasme klitoris sebagai lokal, intens, dan memuaskan secara fisik, sedangkan orgasme vagina digambarkan lebih kuat dan lebih tahan lama daripada orgasme klitoris, "lebih dalam," sensasi "seluruh tubuh" dengan berdenyut. perasaan, dan lebih memuaskan secara psikologis. Namun, terlepas dari perbedaan subyektif ini, tidak ada pemenang subyektif yang jelas antara keduanya dalam hal mana yang "lebih baik" dan kebanyakan wanita menggunakan beberapa rangsangan campuran dari keduanya untuk mencapai orgasme.

Bisa jadi orgasme G-spot adalah "lebih dalam" dan lebih "seluruh tubuh", tetapi sulit untuk mengetahui sejauh mana perbedaan ini berasal dari perbedaan sensasi nyata atau hanya mencerminkan bias konfirmasi dalam budaya yang mempromosikan seks penetrasi sebagai "lebih dalam” dan “lebih nyata”. Namun, pada akhirnya, orgasme wanita adalah miliknya sendiri, dan keragaman dalam pengalaman dan sensasi dari orang ke orang kemungkinan merupakan sebagian besar dari jawabannya.

***
Solo, Kamis, 5 Agustus 2021. 1:23 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko