8 Sifat Orang yang Dewasa Secara Rohani

Orang yang sadar secara spiritual memahami bahwa memilih tindakan cinta kecil dapat memberikan dampak luar biasa pada kehidupan orang lain, baik itu menguntungkannya atau tidak.

Senin, 12 Oktober 2020 | 08:24 WIB
0
257
8 Sifat Orang yang Dewasa Secara Rohani
ilustr: Bay Area Christian Church

Apakah Anda ingin menemukan kedamaian dan kebahagiaan melalui spiritualitas? Apakah Anda berusaha untuk lebih memahami tempat Anda di alam semesta ini? Apakah Anda mempertanyakan peran apa yang Anda lakukan dalam skema besar hal?

Seseorang dapat belajar cukup banyak dengan melihat pengalaman orang lain yang telah berjalan di jalan sebelum kita, meninggalkan tanda untuk membantu menemukan jalannya. Memanfaatkan pengetahuan orang lain untuk memperluas dan memperdalam spiritualitas kita sendiri adalah sesuatu yang paling baik dilakukan secara tidak langsung. Guru terbaik memberi tahu Anda ke mana harus mencari, tetapi belum tentu apa yang harus dicari.

Mengapa? Karena …

1. Mereka memahami bahwa setiap orang berjalan di jalan mereka sendiri.

Hidup bisa menjadi kekacauan tanggung jawab dan stres yang rumit. Setiap orang menangani kehidupan dengan cara yang berbeda, dengan kecepatan yang berbeda.

Orang yang dewasa secara spiritual memahami bahwa setiap orang adalah individu, dan apa yang terbaik untuk mereka mungkin bukan yang terbaik untuk orang lain. Ini mewarnai cara mereka menawarkan dukungan atau nasihat kepada orang lain.

Mereka benar-benar meluangkan waktu untuk melihat orang lain, perspektif mereka, kebutuhan dan keinginan mereka, dan mencoba membantu orang tersebut menemukan solusi sendiri.

Itu tidak berarti bahwa mereka tidak pernah menawarkan panduan atau nasihat langsung - terkadang perlu membawa seseorang ke jalan yang benar! Tapi bukan itu yang default. Sebaliknya, mereka ingin melihat perspektif yang lebih luas yang dapat membantu orang lain menemukan solusi yang paling sesuai dengan jalan mereka.

2. Mereka tidak peduli dengan agama orang lain.

Keyakinan religius dan spiritual yang penuh gairah cenderung ditempa dengan cara yang sulit dipahami orang lain. Tidak banyak praktisi lain yang dapat menemukan titik temu, tetapi hubungan pribadi seseorang dengan alam semesta dan ciptaan.

Orang mungkin datang ke agama karena mereka mencoba untuk memahami tempat mereka di alam semesta atau memiliki momen pengenalan dan kebangkitan yang mendekatkan mereka.

Tetapi seseorang yang memiliki kematangan spiritual yang dalam akan menyadari bahwa agama seseorang sebenarnya tidak penting.

Kebaikan, perhatian, pengampunan, dan cinta adalah kualitas yang diajarkan oleh hampir setiap agama dan banyak jalan spiritual. Dan Anda tidak harus religius untuk mewujudkan dan mempraktikkan kualitas ini secara teratur. Toleransi dan rasa hormat terhadap kepercayaan orang lain membangun jembatan dan pemahaman.

3. Mereka secara teratur mempraktikkan kebaikan dan kasih sayang.

Mendefinisikan kisaran cinta berada di luar cakupan atau kemampuan artikel ini. Tetapi, satu bagian kecil dari cinta adalah tindakan.

Cinta bukan hanya sesuatu untuk dirasakan, itu adalah sesuatu yang membutuhkan usaha. Dan terkadang sulit untuk memilih mempraktikkan cinta, untuk memperluas kebaikan dan kasih kepada orang-orang yang mungkin kurang beruntung atau sedang berjuang, terutama jika Anda pernah mengalami pengalaman buruk karenanya.

Tidak semua orang menghargai kebaikan, pengertian, atau amal. Beberapa orang tidak peduli sama sekali atau mencoba memanfaatkan karena mereka menganggap kebaikan sebagai kelemahan. Tetapi kebaikan bukanlah kelemahan. Kebaikan adalah kekuatan karena mudah untuk menjadi dingin, jauh, dan menyendiri dalam kekacauan yang kita sebut kemanusiaan ini.

4. Mereka memahami bahwa mereka harus mencintai diri sendiri dan juga orang lain.

Cinta bukanlah sesuatu yang hanya kita berikan kepada orang lain. Orang yang dewasa secara spiritual juga akan mempraktikkan cinta diri yang sehat. Apa artinya?

Ini berarti memahami bahwa tidak masalah memiliki batasan; tidak apa-apa untuk tidak membiarkan diri Anda diperlakukan dengan buruk atau terus berjalan; tidak apa-apa untuk menempatkan kebutuhan Anda di atas keinginan dan keinginan orang lain.
Orang yang benar-benar peduli dengan Anda dan kesejahteraan Anda tidak akan menginginkan Anda untuk mengubah diri Anda sendiri ke dalam diri mereka. Dan orang yang dewasa secara spiritual akan melihat cinta diri sebagai suatu kebutuhan.

Cinta diri bukan hanya tentang harga diri atau perasaan nyaman tentang diri sendiri. Ini juga tentang secara aktif membatasi jumlah kerusakan yang dapat ditimbulkan orang lain pada Anda.

Gagasan tentang tidak mementingkan diri sendiri itu romantis, berhasil dengan baik di film dan buku, tetapi tidak berhasil dengan baik dalam praktik biasa. Percaya, tapi verifikasi. Dan bersikaplah skeptis jika ada sesuatu yang terasa aneh atau terasa tidak tepat tentang suatu situasi.

5. Mereka sadar bahwa ada banyak kebenaran dan perspektif.

Orang yang dewasa secara spiritual tahu bahwa tidak ada yang dapat memiliki semua jawaban atas teka-teki yang kita sebut keberadaan ini. Kebanyakan orang bahkan tidak memiliki potongan jawaban.

Seorang dokter dapat bersekolah selama 8-10 tahun, menghabiskan waktu magang, dan memiliki karir yang panjang dan terkenal di jalur yang mereka pilih. Pengetahuan dan perspektif itu sangat berarti.

Namun, bahkan pengetahuan yang mereka bangun itu mungkin tidak berlaku untuk tantangan yang Anda hadapi.

Orang yang sadar spiritual memahami bahwa ada banyak kebenaran di dunia ini, dan tidak ada yang bisa mengetahui semuanya. Mereka tidak hanya tahu bahwa mereka tidak dapat menjanjikan hal itu kepada orang lain, tetapi mereka juga tidak dapat mengharapkannya.

6. Mereka tidak membuang-buang waktu untuk marah atau bertengkar tanpa tujuan dengan orang lain.

Kemarahan adalah emosi manusia yang sah. Ini juga tidak terlalu berguna kecuali digunakan untuk memicu beberapa tindakan yang bermakna dan bermanfaat.

Apa gunanya marah atau berdebat dengan orang lain? Apakah pikiran seseorang pernah berubah ketika seseorang meneriakinya? Apakah kemarahan secara langsung menguntungkan siapa pun? Terkadang, tapi tidak biasanya.

Kehadiran bisa sama kuatnya dengan amarah. Orang yang sadar spiritual memahami bahwa kemarahan adalah sesuatu yang perlu konstruktif. Kalau tidak, Anda hanya akan pahit dan letih.

7. Mereka sadar bahwa cinta dan kasih sayang tidak selalu ringan atau bahagia.

Ada banyak tulisan tentang kehangatan dan cahaya cinta serta kasih sayang. Tidak banyak tulisan tentang sisi gelap cinta.

Mencintai dan peduli pada siapa pun berarti akan ada rasa sakit dan kesedihan yang harus dilalui. Hidup itu sulit dan sering kali memberi kita tantangan tak terduga yang dapat membahayakan kita.

Terus terang, sangat mudah untuk bersenang-senang dengan siapa saja jika Anda berusaha cukup keras. Orang-orang sering melewati gelombang kegilaan dan nafsu, berpikir bahwa cinta adalah kebahagiaan murni. Ini bukan.

Cinta juga duduk dalam kegelapan dengan orang-orang yang Anda sayangi, dan mereka melakukan hal yang sama untuk Anda. Mengapa demikian?

8. Mereka memahami bahwa cinta lebih dari sekadar perasaan - itu adalah pilihan.

Dan terkadang itu bisa menjadi pilihan yang sulit untuk dilakukan.

Di lain waktu, kita memilih orang yang salah untuk diberi karena orang tersebut tidak memilih untuk memberikannya kepada Anda. Itu tidak berarti kita memilih untuk siapa kita memiliki perasaan kasih sayang yang cemerlang dan hangat. Sering kali Anda tidak bisa memilihnya.

Tetapi apa yang kita pilih adalah dengan siapa kita bersedia menderita dan mengapa. Alasannya tidak perlu rumit.

Kita, sebagai masyarakat, telah meniupkan cinta ke dalam rollercoaster besar dongeng, kebahagiaan, dan akhir yang bahagia; tetapi ternyata tidak. Tindakan cinta tidak harus agung. Itu bisa sesederhana menempatkan kebutuhan orang lain secara harfiah di atas keinginan Anda sendiri.

Orang yang sadar secara spiritual memahami bahwa memilih tindakan cinta kecil dapat memberikan dampak yang luar biasa pada kehidupan orang lain, baik itu menguntungkannya atau tidak.

***
Solo, Senin, 12 Oktober 2020. 8:10 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo