Mengapa Tidur Teratur Semakin Penting Saat Ini

Selama wabah COVID-19 ini, lakukan apa pun yang anda bisa untuk tetap pada jadwal tidur yang konsisten.

Sabtu, 4 April 2020 | 19:28 WIB
0
205
Mengapa Tidur Teratur Semakin Penting Saat Ini
source: Deposit Photos

Sudah seminggu yang terasa lebih seperti sebulan - atau bahkan setahun bagi sebagian dari kita. Wabah coronavirus, setidaknya untuk sementara, telah mengubah banyak kehidupan kita sehari-hari dan menghapus banyak rutinitas harian yang biasa kita lakukan.

Berolahraga di gym, pergi ke restoran yang bagus, dan melihat band atau tim basket favorit anda beraksi ... bagi banyak dari kita, semuanya berhenti. Saat ini, sementara kita terus bergulat dengan dampak dari COVID-19, ada sejumlah hal yang berada di luar kendali kita. Namun, memastikan bahwa kita terus mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Pada kenyataannya, tidur nyenyak adalah salah satu langkah terbaik yang dapat anda ambil untuk menjaga tubuh dan sistem kekebalan tubuh anda tetap berjalan di seluruh tubuh.

Penelitian telah menunjukkan, anda mungkin ingat, bahwa orang yang tidur 6 jam atau kurang setiap malam memiliki kemungkinan 4,2 kali lebih tinggi terkena flu biasa daripada mereka yang tidur 8 jam semalam. Itu saja menunjukkan betapa pentingnya tidur dalam menjaga diri kita sehat.

Tetapi ini bukan hanya tentang durasi tidur. Berpegang teguh pada jadwal tidur yang konsisten sama pentingnya dengan menjaga kesehatan kita.

Dengan begitu banyak ketidakpastian saat ini, kita tahu menjaga segala jenis jadwal itu sulit. Anda mungkin masih menyesuaikan diri untuk bekerja dari rumah, atau mencoba menemukan cara untuk membantu anak-anak anda tetap mengerjakan tugas sekolah mereka sementara tidak pergi ke sekolah. Ini tantangan besar.

Namun, jika anda dapat menemukan cara untuk menjaga jadwal tidur yang teratur, itu dapat membayar dividen besar untuk kesehatan anda - terutama ketika datang ke jantung anda. Dengan cukup mencemaskan sekarang, hal terakhir yang anda butuhkan adalah meningkatkan risiko anda mengalami masalah kardiovaskular.

Tidur Konsisten Baik untuk Jantung Anda

Sederhananya, rutinitas tidur yang tidak teratur tidak membantu jantung anda.

Jika anda memiliki kebiasaan tidur lebih awal di suatu malam, lalu tidur jam 3 pagi, malam berikutnya, hanya tidur lagi di tengah malam pada malam berikutnya, anda menempatkan diri anda pada risiko yang lebih tinggi dari serangan jantung dan penyakit jantung. Penelitian dari Universitas Harvard tahun lalu mendorong titik ini kembali.

Studi ini diikuti lebih dari 2.000 orang dewasa selama enam tahun dan fokus pada waktu tidur reguler mereka. Waktu tidur reguler didefinisikan sebagai tertidur dalam jendela 30 menit yang sama rata-rata. Misalnya, jika anda tertidur pada pukul 11 malam satu malam dan 11:27 malam malam berikutnya, anda masih dalam parameter waktu tidur reguler anda.

Baca Juga: Sketsa Harian [6] Selepas Bangun Tidur

Tetapi menyimpang jauh dari jadwal tidur reguler anda, para peneliti menemukan, itu tidak bagus untuk kesehatan anda. Peserta dengan jadwal tidur paling tidak teratur, di mana ada kesenjangan 90 menit rata-rata antara waktu tidur reguler mereka selama seminggu, menggandakan risiko penyakit kardiovaskular dalam lima tahun ke depan.

Studi ini juga menemukan bukti bahwa durasi tidur yang tidak konsisten berkontribusi pada masalah jantung. Untuk setiap perubahan satu jam dalam berapa lama seseorang tidur dari malam ke malam, ada peluang 27% lebih tinggi untuk mengembangkan sindrom metabolik, yang merupakan sekelompok kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sindrom metabolik juga menjadi perhatian bagi peserta yang waktu tidurnya berubah secara dramatis. Jika waktu tidur bervariasi antara 60 hingga 90 menit rata-rata, ada kemungkinan 14% lebih besar terkena sindrom metabolik; ketika waktu tidur bervariasi 90 menit atau lebih, risikonya adalah 58% mengembangkan sindrom metabolik.

Pekerja shift, perokok dan peserta yang menderita depresi cenderung memiliki peluang lebih besar untuk melaporkan jadwal tidur yang tidak teratur, studi ini menemukan hal tersebut.

Waktu tidur yang tidak konsisten juga dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kesehatan berikut:

  • Kegemukan
  • Tekanan darah tinggi, atau hipertensi
  • Diabetes
  • Stroke

Kuncinya mungkin sudah jelas sekarang: Jaga rutinitas tidur anda sekonsisten mungkin. Itu berlaku untuk akhir pekan juga.

Cara Meningkatkan Rutinitas Tidur Anda

Memastikan anda tidur sekitar waktu yang sama setiap malam lebih mudah dengan rutinitas tidur yang baik.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang harus diambil ketika bersiap untuk tidur.

  • Ketahui Chronotype Anda: Jantung dan tubuh bergantung pada ritme sirkadian yang kuat untuk beroperasi pada puncaknya. Ini adalah waktu 24 jam yang berjalan di latar belakang saat anda menjalani hari anda. Tetapi tidak semua jam biologis setiap orang menyimpan waktu yang sama atau berjalan pada kecepatan yang sama. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui chronotype anda, yang membantu anda menentukan waktu terbaik untuk melakukan sejumlah hal, termasuk kapan harus beristirahat, makan, berolahraga, dan bahkan berhubungan intim dengan pasangan Anda.
  • Hindari Kafein dan Alkohol: Ini mungkin jelas bagi anda, tetapi hindari stimulan seperti kafein dalam beberapa jam ketika anda ingin tidur. Alkohol juga sering digunakan sebagai bantuan tidur, tetapi sebenarnya tidak membantu dan sebaliknya mengganggu fungsi sirkadian normal.
  • Perhatikan Temperatur: Menjaga agar tetap dingin adalah cara terbaik untuk tidur di malam hari. Kita dapat mencapai tidur REM lebih cepat - yang membantu tubuh kita pulih lebih cepat di malam hari - dengan menurunkan suhu tubuh kita sebelum tidur. Penelitian menunjukkan pengaturan suhu kamar anda ke 16-22 derajat celsius optimal untuk kualitas tidur.
  • Tenang: Ini sangat penting. Sebelum tidur, anda harus membatasi penggunaan telepon anda - yang memancarkan cahaya biru dan memengaruhi kualitas tidur - setidaknya selama satu jam, hindari email kantor, dan mandi atau mandi air hangat jika memungkinkan. Dan ya, saya tahu anda mungkin mengatakan sekarang "mengapa saya mandi air hangat ketika anda mengatakan kepada saya untuk tetap tenang di malam hari?" Namun ironisnya, mandi air hangat membantu mendinginkan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah. Membaca buku, daripada menonton pertunjukan, selalu merupakan langkah yang baik sebelum tertidur juga.

Itulah, semuanya. Selama wabah COVID-19 ini, lakukan apa pun yang anda bisa untuk tetap pada jadwal tidur yang konsisten. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan anda mengalami masalah kesehatan besar lainnya, seperti penyakit jantung dan diabetes, saat anda mempraktikkan jarak sosial.

***
Solo, Sabtu, 4 April 2020. 7:03 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko