Kepemimpinan [77] Menulis Rencana Pengembangan Kepemimpinan

Dengan menerapkan solusi perangkat lunak online terintegrasi, seluruh proses pengembangan kepemimpinan dapat dikelola secara efisien dari tingkat awal hingga akhir.

Rabu, 13 November 2019 | 11:13 WIB
0
201
Kepemimpinan [77] Menulis Rencana Pengembangan Kepemimpinan
ilustr: planhillsborough.org

Mempersiapkan rencana pengembangan kepemimpinan bukanlah tugas yang mudah. Seluruh proses melibatkan upaya komprehensif dan perencanaan yang cermat di setiap tahap. Berbagai langkah dilakukan untuk pengembangan rencana pengembangan kepemimpinan.

Proses dimulai dengan fase awal penilaian diri dan data yang dikumpulkan dari penilaian diri kemudian digunakan untuk mendefinisikan visi dan tujuan. Tahap selanjutnya adalah tahap definisi tujuan yang berkontribusi terhadap pemberdayaan tujuan dan identifikasi kompetensi yang membantu dalam realisasi tujuan-tujuan ini.

Elemen Umum yang Dapat Dimasukkan dalam Rencana Pengembangan

  1. Pengembangan Karakter: Ini adalah area pusat fokus pengembangan kepemimpinan yang melibatkan identifikasi dan pengembangan kompetensi inti yang memainkan peran bintang dalam mengembangkan karakter pemimpin.
  2. Contoh Pengaturan dan Memimpin: Ini melibatkan menguraikan perilaku-perilaku yang ingin diikuti oleh seorang pemimpin. Ini berkaitan dengan identifikasi perilaku yang diinginkan atau sukses.
  3. Perpanjangan Pengalaman Kepemimpinan: Ini berkaitan dengan perluasan pengalaman kepemimpinan dengan menangani tugas yang menantang, mengambil pelatihan pengembangan kepemimpinan yang tepat dan membaca ekstensif untuk tetap mengikuti praktik terbaik dalam manajemen dan berbagai teknik kepemimpinan.

Langkah-langkah yang harus diambil setelah menulis rencana pengembangan kepemimpinan:

Tahap implementasi rencana kepemimpinan melibatkan aspek-aspek kunci berikut:

  • Mengkomunikasikan Rencana: Ini berkaitan dengan pengungkapan rencana pengembangan kepada seseorang yang dapat membantu dalam peningkatan diri atau pengembangan kompetensi kepemimpinan.
  • Pemantauan Berkala terhadap Kemajuan: Tahap ini terutama terkait dengan pengaturan sistem yang akan membantu dalam memantau kinerja secara berkala dan melaksanakan perbaikan yang diperlukan sebagaimana diperlukan. Untuk menjaga level motivasi tetap tinggi, selain dari pemantauan rutin, pencapaian yang memuaskan juga penting ketika seorang pemimpin maju melalui berbagai tahap rencana pengembangan.

Strategi untuk Pengembangan Kepemimpinan

  1. Penilaian Mandiri untuk Pengembangan Kepemimpinan: Proses pengembangan kepemimpinan dimulai dengan rekrutmen bakat baru atau perekrutan karyawan baru. Joiner baru dapat mengukir rencana pengembangan mereka dengan memanjakan penilaian pribadi dan rencana pengembangan individu. Retensi dan motivasi karyawan dapat dicapai dengan melibatkan karyawan dalam program pengembangan karir yang juga dapat dikombinasikan dengan dukungan dan fasilitasi pendampingan.
  2. Pendampingan serta Dukungan Pembinaan untuk Mengembangkan Kemampuan Kepemimpinan: Dengan memiliki program pendampingan yang terencana secara efisien, persentase retensi karyawan dapat ditingkatkan melalui fasilitasi komprehensif dan dukungan untuk mengembangkan keterampilan dan bakat yang diperlukan. Mentor menawarkan umpan balik yang terstruktur dan transparan kepada para mentee tentang kemajuan mereka di tempat kerja, bidang peningkatan mereka dan juga menyarankan rencana tindakan perbaikan untuk mengembangkan bakat kepemimpinan mereka.
  3. Pengembangan Kepemimpinan Diselaraskan dengan Teknologi: Dengan menerapkan solusi perangkat lunak online terintegrasi, seluruh proses pengembangan kepemimpinan dapat dikelola secara efisien dari tingkat awal hingga akhir. Operasi penting mulai dari tahap orientasi karyawan, implementasi keterlibatan karyawan, dan inisiatif retensi, hingga pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kinerja, menyusun strategi perencanaan suksesi untuk mengisi posisi kepemimpinan penting, dapat dikelola secara efisien dengan menggunakan teknologi.

***
Solo, Rabu, 13 November 2019. 10:51 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko