Kepemimpinan [73] Menilai Kekuatan dan Kerentanan untuk Tingkatkan Efektivitas Kepemimpinan

Kesadaran diri membantu mewujudkan reformasi dalam perilaku individu. Penilaian diri membantu meningkatkan kesadaran diri dan dalam mengembangkan pemimpin yang kompeten.

Rabu, 30 Oktober 2019 | 15:46 WIB
0
256
Kepemimpinan [73] Menilai Kekuatan dan Kerentanan untuk Tingkatkan Efektivitas Kepemimpinan
ilustr: CTN.com

Pemimpin bertanggung jawab untuk menciptakan dan mewujudkan visi dengan mendorong para pengikut untuk bekerja menuju pemenuhan tujuan bersama. Para pemimpin yang efektif harus dapat memiliki penilaian sempurna atas kekuatan/kelemahan mereka dan menanganinya secara efisien. Dengan mengadopsi langkah-langkah perbaikan, mereka harus memperkuat bidang kekuatan mereka dan mengatasi kekurangan mereka.

Pemimpin yang sadar diri mampu memantau kemajuan mereka dan bidang peningkatan baik secara profesional maupun pribadi. Mereka dapat memetakan rencana tindakan futuristik dan mengidentifikasi bidang-bidang pembangunan yang akan menentukan prospek pertumbuhan masa depan mereka dan membantu mereka dalam mencapai keberhasilan dalam upaya profesional mereka.

Para pemimpin yang sukses harus memiliki kualitas emosi serta pribadi yang luar biasa seperti diplomasi, memimpin dengan contoh dan mempertahankan pendekatan empati. Pemimpin yang inspirasional banyak menekankan pada mengasah kompetensi interpersonal dan emosional mereka untuk mendapatkan penerimaan sebagai pemimpin.

Keuntungan Penilaian Mandiri Kompetensi Kepemimpinan

  1. Penilaian diri dapat berfungsi sebagai sumber motivasi karena dengan penilaian diri para pemimpin dapat melacak kemajuan mereka dan termotivasi oleh prestasi mereka sebagai pemimpin.
  2. Para pemimpin mendapatkan umpan balik tentang bagaimana mereka dapat memperkuat kompetensi mereka di bidang yang ingin mereka kembangkan.
  3. Penilaian diri meningkatkan kesadaran diri dengan memberikan kekuatan dan kelemahan pribadi dan profesional.
  4. Dengan meningkatkan kesadaran diri, para pemimpin dapat mengasah kualitas inspirasional dan kepemimpinan mereka.
  5. Para pemimpin dapat mengembangkan rencana pengembangan kepemimpinan mereka dengan cara penilaian sendiri dan mendorong strategi kepemimpinan sesuai untuk mencapai tolok ukur kinerja yang unggul.

Teknik Penilaian Mandiri untuk Keterampilan Kepemimpinan

Teknik Jurnal Reflektif

  1. Ini dimulai dengan identifikasi dan pencatatan pengalaman belajar di jurnal.
  2. Merefleksikan pelajaran dengan mempertanyakan diri sendiri tentang berbagai masalah yang berputar di sekitar pengalaman kepemimpinan seperti mengapa dan menurut Anda hal-hal tertentu terjadi dan tantangan yang harus Anda hadapi sebagai seorang pemimpin.
  3. Menarik kesimpulan dari pengalaman belajar dan mengidentifikasi bidang pengembangan yang mungkin atau perubahan untuk masa depan.

Manfaat Jurnal Reflektif

  1. Teknik ini berguna dalam merefleksikan tantangan utama yang mereka temui, apa faktor yang menguntungkan dan bagaimana hal-hal dapat ditangani secara berbeda untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  2. Jurnal reflektif dapat berguna dalam menyusun rencana tindakan futuristik bagi para pemimpin berdasarkan identifikasi bidang-bidang pembangunan.
  3. Dengan menggunakan teknik ini, para pemimpin dapat menyimpan catatan pengalaman mereka dalam jurnal yang dapat berfungsi sebagai dasar untuk persiapan rencana pengembangan kepemimpinan.

Daftar Periksa dan Metode Survei untuk Penilaian Kepemimpinan

Ini adalah teknik kritis lain yang dengannya para pemimpin dapat menilai bidang kekuatan dan peningkatan mereka. Ini dapat digunakan secara berkala untuk menentukan bagaimana Anda telah mengembangkan dan mengasah kualitas kepemimpinan Anda selama suatu periode. Daftar periksa dan survei membantu meningkatkan kesadaran diri terkait dengan kompetensi emosional, keterampilan hubungan, dan banyak bidang lain seperti tingkat antusiasme Anda, keterlibatan, dan kejelasan arah.

Langkah-langkah yang terlibat dalam menggunakan daftar periksa & survei yang diberikan di bawah ini:

  1. Tahap survei di mana daftar periksa kompetensi kepemimpinan disusun.
  2. Menilai kekuatan pribadi dan bidang-bidang yang membutuhkan perbaikan dengan menganalisis survei yang diisi secara pribadi terhadap berbagai parameter.
  3. Bekerja di bidang pengembangan dan memantau kemajuan atau pertumbuhan di bidang tersebut dengan melakukan studi sekali lagi setelah beberapa bulan.

Manfaat Teknik Daftar Periksa

  1. Daftar periksa berguna dalam identifikasi, penyortiran, dan pencatatan kompetensi utama yang diperlukan untuk menangani jenis pekerjaan tertentu.
  2. Teknik daftar periksa survei memberikan informasi berharga tentang bagaimana seorang profesional telah berevolusi sebagai pemimpin dan dalam merencanakan rencana pengembangan masa depan bagi para pemimpin.
  3. Metode ini memberikan penilaian yang akurat tentang tingkat pengetahuan dan kompetensi pemimpin yang ada.

Umpan Balik 360 Derajat sebagai Teknik Penilaian Kepemimpinan

Teknik ini menawarkan pandangan yang komprehensif tentang bagaimana Anda dianggap sebagai pemimpin oleh orang lain dan meningkatkan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan seseorang sebagai seorang pemimpin. Untuk melakukan umpan balik 360 derajat, langkah-langkah berikut harus diikuti:

  1. Penyelesaian Survei Rahasia: Sebuah survei rahasia yang terdiri dari berbagai pertanyaan diselesaikan oleh rekan-rekan, atasan dan juga otoritas pelaporan untuk mengumpulkan umpan balik tentang seorang pemimpin pada berbagai kompetensi kepemimpinan.
  2. Penilaian dan Umpan Balik: Anggota yang terlibat dalam survei diminta untuk menilai keterampilan dan memberikan umpan balik dalam format tertulis.
  3. Hasil dianalisis dan dibandingkan dengan subjek akhirnya.

Seorang pemimpin merancang format survei umpan balik 360 derajatnya sendiri. Beberapa kompetensi kepemimpinan umum yang harus dimasukkan dalam survei 360 derajat adalah:

  1. Kejujuran, kualitas motivasi tinggi, pendekatan langsung dan kompetensi.
  2. Pemimpin yang inspirasional adalah visioner, memiliki rasa etika dan prinsip yang kuat, berani dan realistis dalam perspektif mereka.
  3. Pemimpin memiliki rasa integritas yang tinggi, stabilitas emosi, kredibilitas, menjaga kesetaraan, bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan dapat diandalkan.
  4. Pemimpin yang inspirasional dikenal karena kemampuannya yang menantang, mendorong dan melibatkan.

Survei umpan balik 360 derajat dapat dirancang dan dikembangkan sesuai dengan persyaratan organisasi.

Pada akhirnya, kita dapat menyimpulkan bahwa kesadaran diri membantu dalam mengubah dan mewujudkan reformasi dalam perilaku individu. Penilaian diri membantu meningkatkan kesadaran diri dan dalam mengembangkan pemimpin yang kompeten dan menjanjikan. Berbagai teknik penilaian diri memberikan umpan balik dan masukan penting pada kekuatan dan kualitas kunci seorang pemimpin. Selain itu, ini bertindak sebagai panduan jalan dalam menentukan strategi masa depan dan bidang pengembangan seorang pemimpin dengan visi.

***
Solo, Rabu, 30 Oktober 2019. 3:39 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko