SEBANYAK 690 MAHASISWA IAIN METRO IKUTI PEMBEKALAN KKN

Selasa, 17 Januari 2023 | 18:41 WIB
0
142
SEBANYAK 690 MAHASISWA  IAIN METRO   IKUTI PEMBEKALAN  KKN
Sebanyak 690 Mahasiswa mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Senin-Selasa. Pembekalan yang dilaksanakan dari tanggal 16-17 Januari 2023.

Sebanyak 690 Mahasiswa mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Gedung Serba Guna (GSG) IAIN Senin-Selasa. Pembekalan yang dilaksanakan dari tanggal 16-17 Januari 2023.
Dalam sambutan Ketua Pelaksana, Sainul,SH, MA menuturkan bahwa program pembekalan KKN tahun 2023 ini bertema ”Membangun Keberagaman Budaya dan Moderasi Beragama sesuai Socio-Eco-Techno-Preneurship”. Dengan adanya pembekalan ini nantinya menghadirkan narasumber yang dapat membantu dalam terlaksananya kegiatan KKN. Program kegiatan di dalam KKN nantinya juga akan dibahas dalam pembekalan ini, ada tentang keagamaan, sosial budaya, lingkungan, ekonomi kreatif, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat,’’ paparnya.
Sainul juga menambahkan, bahwa kegiatan pembekalan tersebut dilakukan selama dua hari dari pagi hingga sore hari. ‘’Bila ada mahasiswa yang berhalangan hadir mengikuti pembekalan KKN, nantinya dari panitia memberikan sanksi kepada mahasiswa yang bersangkutan’’, katanya.
‘’Sedangkan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan dilakukan pada tanggal 20 Januari hingga 28 Februari 2023, akan disebar di Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan sebanyak sepuluh kelompok, di Kota Metro dua kecamatan, Kecamatan Metro Selatan dan Kecamatan Metro Utara sebanyak delapan kelompok. Selebihnya di Kabupaten Lampung Timur sebanyak tujuh Kecamatan empat puluh dua kelompok. tambah Sainul selaku Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M).
Ditempat terpisah melalui via telpon, Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjanah, M.Ag.,PIA. menyampaikan bahwa KKN harus relevan dengan visi IAIN Metro : sosio-eko-tekno preneurship, memperhatikan keilmuan yang mahasiswa dapat dibangku kuliah dimplentasikan dan di aktualisasikan di masyarkat, serta kontribusi dalam semangat kebangsaan, moderasi beragama dan lokal wisdom.
Dalam sambutan mewakili Rektor, wakil Rektor Bidang III : Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Mahrus As'ad, M.Ag menjelaskan lebih lanjut apa yang menjadi pokok pesan rektor untuk diindahkan dan menjadi prioritas selama mahasiswa melakukan KKN dan menjadikan dasar dalam menyusun program KKN sesuai fenomena di tempat lokasi KKN yang ditempati. Lebih lanjut ditekankan agar mahasiswa mampu menjaga diri, menjaga nama baik kampus IAIN Metro ditengah masyarakat. Jangan lupa bila Peserta KKN mahasiswa IAIN ini adalah duta kampus untuk menjukkan insan akademis yang baik, sehingga makin banyaknya calon mahasiswa IAIN Metro untuk waktu akan datang.
Kegiatan pembekalan KKN merupakan kegiatan sebelum mahasiswa terjun langsung kepada masyarakat. Gunakanlah waktu yang sebaiknya, materi yang diberikan nantinya dapat membantu anda dalam melaksanakan program KKN’’, paparnya.
Sementara Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Pendidikan dan Pengajaran Prof. Dr. Suhairi, S.Ag, MH. menitik tekankan agar semua unsur yang terkait KKN agar selalu melakukan kordinasi, dan menjaga soliditas kerjasama sehingga persiapan, pelaksanaan dan berakhirnya KKN dapat berlangsung dengan baik. KKN ini adalah bagian kurikulum, maka menjadi syarat menjadi sarjana. Jika tidak lulus bisa tertunda keserjanaannya, makansemua pihak diharapkan profesional dalam tugasnya.
Adapun Narasumbernya sebagai terdiri, dari Kepala Badan Kesbangpol Pemda Kota Metro Drs. Rosita, MM. dan Kesbangpol Pemda Lampung Timur, Drs. Rifian Al Chepy, M.Pd. Materi yang di sampaikan tentang Wawasan Kebangsaan, sedangkan narsumber dari empat orang Camat, yaitu Camat Labuhan Ratu bapak Agustinus Tri Handoko, SE.,MM., Camat Marga Sekampung, Hariyadi, SE, Camat Raman Utara Bapak Sunaryo, SH ketiganya dari Kabupaten Lampung Timur, serta Camat Negeri Besar Kabupaten Way Kanan bapak Drs. Sahdani. Dengan materi yang disampaikan tentang Potensi Daerah menuju Ekonomi Kreatif dan Kearifan Lokal.
Sedangkan narasumber lain diantaranya Bapak Naim Emil Prahana, SH selaku Wartawan senior profesional menyampaikan urgensi Media IT dalam aktualisasi rekam jejak dalam optimalisasi. Setiap orang apalagi mahasiswa dekat dengan IT akan tetapi perlu optimalisasi. Narasumber berikutnya Abdul Rohman Wahid, SH selaku Ketua Genfi Lampung dan Linang Kharisma, SH pegiat Pasar Kreatif pak Tejo menyampaikan materi tentang Pariwisata Desa, dan ekonomi kreatif dan UMKM. Selanjutnya Aldi Permana, S.Pd menyampaikan teknis pelaporan berbasis IT dan Kreator dan layouter, tutur Sainul.
Sainul, kembali mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, khususnya kepada Dr. Aguswan K. Umam dan Hendra Irawan, MH. yang berkonstribusi selaku Ketua dan Sekretaris LPPM dan saat ini rotasi menjabat sebagai Dekan FUAD dan Ketua Jurusan HTN Fak Syariah. Tanpa dukungan dan kerjasamanya yang baik dari kawan semuanya maka semuanya tidak akan mampu dilaksanakan dengan lancar dan baik, papar Sainul.