Olahraga yang Bisa Anda Lakukan Ketika Sakit

Jumat, 27 Mei 2022 | 17:04 WIB
0
12
Olahraga yang Bisa Anda Lakukan Ketika Sakit
Image: Freepik

Berolahraga ketika sakit lebih baik perhatikan dulu kondisi kesehatan Anda sebelum berolahraga. 

 

Banyak orang yang ragu memilih olahraga ringan. Mereka bingung apakah itu aman atau tidak. Intensitas ringan itu cukup penting untuk membantu proses pemulihan dengan sangat baik, sebenarnya.

Namun, tidak semua jenis penyakit bisa diobati dengan Olahraga. Perhatikan aturan leher untuk melihat keamanannya. Jika ada gejala penyakitnya di depan leher, maka aman untuk mencoba berbagai macam olahraga ringan.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ringan untuk Anda yang sedang Sakit

Misalnya, kepala ringan sakit, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. Namun, jika gejalanya di sekitar leher, seperti sakit tenggorokan, muntah, batuk, diare, atau demam kedinginan, berhati-hatilah untuk tidak melakukannya. Total istirahat diperlukan untuk Anda.

Olahraga Ringan untuk Orang Sakit
Sebelum melakukan aktivitas ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi fisik Anda agar gejala penyakit Anda tidak semakin parah. Berikut ini adalah contoh latihan sederhana yang dapat Anda lakukan dengan aman.

1. Tari 

Menari juga ternyata termasuk aman. Cukup cobalah zumba untuk meredakan stres. Karena menari zumba resikonya rendah. Asalkan dapat membuat tubuh berkeringat, ini sudah lebih dari cukup untuk meningkatkan sistem imun.

Yang pasti jangan memberi beban tubuh terlalu banyak, khususnya pada otot. Anda harus memperhatikan gerakan selama berolahraga dan jangan memaksakan diri. Hal ini agar kegiatan di atas tetap aman dilakukan meski sakit.

2. Berjalan Kaki 

Olahraga ini aman untuk Anda yang mengalami penyakit ringan, seperti flu. Berjalan kaki ini bisa dilakukan kurang dari 30 menit Olahraga ini efektif menstimulasi tubuh dalam mengambil nafas dan melebarkan saluran pernafasan.

3. Jogging 

Jenis olahraga ringan lainnya yang aman adalah joging. Ini aman saat flu ringan supaya tubuhnya membaik saat sakit. Namun perhatikan intensitasnya, jarak jogging, dan kecepatannya agar kondisi tubuh tetap membaik.

Baca juga: Cara Menangani dan Penyebab Nyeri Pada Bahu

Itu dialah beberapa olahraga yang bisa dilakukan di rumah jika Anda mengalami penyakit ringan. Semoga artikel ini bermanfaat.