Kepribadian [2] Pentingnya Pengembangan Kepribadian

Pengembangan kepribadian juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang.

Sabtu, 1 Februari 2020 | 12:02 WIB
0
719
Kepribadian [2] Pentingnya Pengembangan Kepribadian
ilustr: www.inc.com

Kepribadian individu mengacu pada penampilan, karakteristik, sikap, pola pikir, dan perilaku dengan orang lain.

Mari kita bahas pentingnya pengembangan kepribadian.

Pengembangan kepribadian mempersiapkan seorang individu dan membantunya membuat tanda miliknya sendiri. Individu perlu memiliki gayanya sendiri untuk diikuti orang lain. Jangan meniru orang lain secara membabi buta. Kita perlu memberi contoh bagi orang-orang di sekitar. Pengembangan kepribadian tidak hanya membuat kita terlihat baik dan rapi tetapi juga membantu kita menghadapi dunia dengan senyuman.

Pengembangan kepribadian sangat membantu dalam mengurangi stres dan konflik. Ini mendorong individu untuk melihat sisi kehidupan yang lebih cerah. Menghadapi bahkan situasi terburuk dengan senyum. Percayalah, memancarkan senyuman triliun dolar kita tidak hanya akan melelehkan setengah dari masalah kita, tetapi juga menguapkan stres dan kekhawatiran kita. Tidak ada gunanya menyinggung masalah dan masalah kecil.

Pengembangan kepribadian membantu kita mengembangkan sikap positif dalam hidup. Seorang individu dengan sikap negatif menemukan masalah dalam setiap situasi. Daripada menjiplak dan mengkritik orang di sekitar, menganalisis seluruh situasi dan mencoba mencari solusi yang tepat untuk hal yang sama. Ingat, jika ada masalah, harus ada solusinya juga. Jangan pernah kehilangan ketenangan. Itu akan membuat situasinya lebih buruk.

Sangat penting bagi individu untuk berperilaku baik dengan orang-orang di sekitarnya. Bersikap sopan dengan orang lain tidak hanya akan membuat kita populer di antara orang lain, tetapi juga membuat kita dihargai dan bangga. Kita tidak bisa menuntut rasa hormat dengan bersikap kasar kepada orang-orang di sekitar.

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting dalam mengembangkan tidak hanya diri luar kita tetapi juga diri kita sendiri.

Manusia adalah makhluk sosial. Orang membutuhkan orang di sekitar. Seorang individu perlu memiliki kekuatan magnet yang menarik orang ke arahnya. Kita harus memiliki karisma kita. Pengembangan kepribadian membantu kita mendapatkan pengakuan dan penerimaan dari masyarakat serta orang-orang di sekitar.

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting tidak hanya dalam kehidupan profesional seseorang tetapi juga kehidupan pribadi. Itu membuat individu disiplin, tepat waktu dan aset untuk organisasinya. Seorang individu yang disiplin mendapati kesulitan untuk bertahan hidup dalam jangka panjang. Pengembangan kepribadian mengajarkan kita untuk tidak hanya menghormati Bos dan rekan kerja kita, tetapi juga anggota keluarga, teman, tetangga, kerabat, dan sebagainya. Jangan pernah mengolok-olok siapa pun di tempat kerja. Hindari mengkritik dan mengolok-olok rekan kerja kita.

Seseorang seharusnya tidak pernah membawa sikap atau dendam pribadinya untuk bekerja. Kantor bukanlah tempat di mana kita bisa bersikap kasar kepada orang lain hanya karena kita bertengkar dengan teman kita tadi malam. Sesi pengembangan kepribadian membantu kita membedakan antara kehidupan pribadi dan profesional kita. Sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan untuk menjalani kehidupan yang damai dan bebas stres.

Pengembangan kepribadian membantu seorang individu untuk menanamkan kualitas-kualitas positif seperti ketepatan waktu, sikap fleksibel, kemauan untuk belajar, sifat ramah, keinginan untuk membantu orang lain dan sebagainya. Jangan pernah ragu untuk berbagi informasi dengan orang lain. Selalu mencapai kantor tepat waktu.

Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk bekerja hingga larut malam. Sering terlambat tidak hanya meningkatkan tingkat stres kita tetapi juga merusak kehidupan pribadi kita. Duduk sampai larut malam di kantor menunjukkan bahwa seseorang sangat miskin dalam keterampilan manajemen waktu.

Pengembangan kepribadian membantu kita mengembangkan kepribadian yang mengesankan dan membuat kita berdiri terpisah dari yang lain. Pengembangan kepribadian juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang.

Individu harus menguasai seni mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka dengan cara yang paling diinginkan. Pengembangan kepribadian membuat kita menjadi individu yang percaya diri yang dihargai dan dihormati di mana pun berada.

***
Solo, Sabtu, 1 Februari 2020. 11:50 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko