Kepemimpinan [79] Mengembalikan Kepercayaan dan Keyakinan pada Institusi

Yang kita butuhkan pemimpin yang dapat memulai dengan artikulasi visi dari atas ke bawah dan menindaklanjuti misi dari bawah ke atas yang merangkul semua orang dengan cara inklusif.

Minggu, 17 November 2019 | 10:04 WIB
0
319
Kepemimpinan [79] Mengembalikan Kepercayaan dan Keyakinan pada Institusi
ilustr: simonejenifer.blogspot.com

Hilangnya Kepercayaan serta Bangkitnya Para Populis

Kepercayaan publik dan kepercayaan terhadap institusi selalu rendah. Dimulai dengan Krisis Keuangan Global 2008 di Amerika Serikat dan kemudian Krisis Utang Sovereign di Eropa pada 2009, termasuk suara Brexit di Inggris, dan pemilihan Presiden Trump serta berbagai pemimpin populis di seluruh dunia, para pemilih di mana pun ingin mengakhiri status quo dan percaya pada pemimpin dan lembaga mereka.

Dengan kata lain, begitu krisis ini melanda, rata-rata orang di jalanan mulai kehilangan kepercayaan dan kepercayaan pada bankir, pemerintah, regulator, bisnis, dan pemimpin karena mereka merasa bahwa para pemimpin lebih tertarik untuk melayani diri mereka sendiri daripada para pemilih dan karenanya, mereka mulai condong ke arah populis yang menawarkan jalan keluar, betapapun rumit dan lemahnya itu.

Untuk mengambil contoh, Voting Brexit secara luas dilihat sebagai suara menentang pendirian seperti halnya pemilihan Presiden Trump. Lebih dekat rumah, Perdana Menteri India, Narendra Modi, naik ke tampuk kekuasaan di belakang janji kampanyenya dari Acche Din, atau Good Times, sekitar sudut setelah beberapa dekade dari apa yang dianggap pemilih salah dan meluas ketidakpuasan dengan status quo.

Kebutuhan akan Narasi Baru, Bukan Janji yang Patah dan Pemimpin yang Gagal

Karena itu, ini adalah kasus lain bahwa para pemimpin ini tidak dapat memberikan banyak setelah euforia awal dan seperti ditunjukkan oleh survei oleh publikasi terkenal, iman, dan kepercayaan orang-orang di lembaga menurun dan menurun dari hari ke hari.

Dengan demikian, ada kebutuhan untuk narasi baru dan cerita baru dari para pemimpin, apakah mereka memimpin korporasi dan bisnis atau apakah mereka memimpin negara. Memang, sebagian besar ahli sepakat bahwa orang-orang tidak mempercayai bisnis baik terutama setelah beberapa skandal yang mengguncang sektor korporasi dalam beberapa tahun terakhir.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah bahwa korporasi yang dihormati dan bereputasi baik pun menjadi mangsa perilaku tidak etis dan dipertanyakan seperti yang dapat dilihat dalam cara bisnis seperti Grup TATA dan Infosys harus berurusan dengan serangkaian pertengkaran publik yang berkaitan dengan tata kelola perusahaan.

Memang, ketika calon profesional dan yang bekerja juga melihat bahwa para pemimpin mereka membengkokkan aturan untuk keuntungan pribadi, mereka tergoda untuk melakukan hal yang sama yang mengarah ke siklus setan perilaku yang mengikis kepercayaan dan keyakinan pada institusi. Seperti kata pepatah, seperti Raja, Begitu juga Rakyat, dan karenanya, ada tanggung jawab dari para pemimpin untuk memutarbalikkan narasi baru dan membuat orang percaya pada institusi lagi.

Kekeliruan Percaya pada Pemimpin Mesianik

Pada saat yang sama, ketika kita berbicara tentang narasi baru dan arah baru, kita tidak berarti bahwa sosok Mesianik harus muncul dan memimpin orang menuju penebusan. Memang, seperti ditunjukkan oleh contoh-contoh para pemimpin yang dikutip sebelumnya, begitu para pemilih mempercayakan para pemimpin semacam itu dengan semua harapan dan aspirasi mereka, mereka membebani mereka dengan harapan-harapan yang tidak realistis yang hanya dapat meningkatkan tekanan pada para pemimpin semacam itu dengan hasil yang seringkali tidak sesuai dengan harapan.

Jadi, sementara kita tentu saja tidak membutuhkan pemimpin Mesianik, kita pasti membutuhkan pemimpin yang setidaknya bisa berjalan dalam pembicaraan dan menjadi murung dalam eksekusi mereka. Dengan kata lain, apa yang perlu dilakukan oleh para pemimpin untuk memulihkan kepercayaan pada lembaga adalah bahwa mereka harus mengartikulasikan Visi dan mengaktualisasikan Misi sehingga tindakan mereka sesuai dengan retorika mereka dan perilaku mereka selaras dengan kata-kata mereka.

Beberapa Pemimpin Kontemporer yang Mencoba Perubahan

Misalnya, beberapa pemimpin muda dan Generasi X (mereka yang berusia akhir 30-an dan 40-an sekarang) seperti Emmanuel Macron dari Prancis dan Justin Trudeau dari Kanada melakukan hal ini ketika mereka menjanjikan warga mereka hari esok yang lebih baik dan kemudian melaksanakan janji-janji seperti itu. secara realistis dan terikat waktu.

Memang, sebagian besar ahli kontemporer percaya bahwa generasi baru pemimpin yang muncul di seluruh dunia lebih praktis dan transaksional dalam pendekatan mereka dan pada saat yang sama, juga dikenal karena visi yang terdengar tinggi dan retorika yang mengalir.

Dengan demikian, pendapat mereka adalah bahwa para pemimpin ini harus diberi kesempatan untuk mengembalikan legitimasi institusi dan untuk memperbaiki kepercayaan dan kepercayaan yang rusak pada institusi. Memang, begitu orang kehilangan kepercayaan pada demokrasi dan kapitalisme, akan ada anarki sebagai sistem yang berdasarkan aturan dan sistem berpikiran liberal yang telah ada sejak akhir Perang Dunia Kedua runtuh yang mengarah ke kekacauan di mana-mana.

Inilah yang terjadi di beberapa negara Barat dan Asia di mana orang-orang muak dengan status quo dan apa yang mereka anggap sebagai lembaga yang tidak melayani kepentingan mereka, dan hanya kepentingan elit, turun ke jalan dan terlibat dalam kekerasan dan kekerasan. perilaku destruktif yang pada akhirnya mengancam kelangsungan hidup seluruh sistem itu sendiri.

Jalan ke Depan

Oleh karena itu, yang kita butuhkan adalah para pemimpin yang dapat memulai dengan artikulasi visi dari atas ke bawah dan kemudian menindaklanjutinya dengan misi dari bawah ke atas yang merangkul semua orang dengan cara yang inklusif. Untuk waktu yang lama, lembaga telah melayani kepentingan 1% Top saja dan ini menyebabkan banyak tekanan dan tekanan pada sistem seperti yang dapat dilihat dari diskusi sejauh ini.

Sementara beberapa saran dalam artikel ini mungkin tampak tidak realistis dan terlalu ideal, pembaca pasti akan setuju dengan deskripsi kami tentang apa yang terjadi ketika saran tersebut tidak diterapkan serta contoh-contoh pemimpin yang mengaktualisasikan perubahan yang bersangkutan.

***
Solo, Minggu, 17 November 2019. 9:39 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko