Kepemimpinan [72] Pilar Landasan Pemimpin yang Sukses

Pemimpin yang inspirasional memiliki kualitas dorongan yang luar biasa dan memainkan peran penting dalam mengembangkan pemimpin berkinerja tinggi serta tim

Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:24 WIB
0
279
Kepemimpinan [72] Pilar Landasan Pemimpin yang Sukses
ilustr: attemptNwin

Para pemimpin yang sukses harus memiliki sifat-sifat luar biasa tertentu yang berfungsi sebagai pilar landasan kepemimpinan yang sukses. Para pemimpin yang efektif harus memiliki kemampuan yang memungkinkan, harus dapat berbagi visi bersama, yang seharusnya cekatan dalam menantang sistem/proses yang ada, harus memiliki kualitas yang mendorong dan dapat memodelkan perilaku.

Pemimpin Inspirasional sebagai Pemberdaya: Pemimpin inspirasional sebagai pemberdaya memainkan peran penting dalam menciptakan budaya kolaborasi, memberdayakan tim untuk mendorong kinerja optimal dengan mendorong keterlibatan karyawan dalam pengambilan keputusan dan dalam mengembangkan pemimpin/tim berkinerja tinggi.

1.  Menciptakan Budaya Kolaborasi: Pemimpin yang menginspirasi menciptakan budaya kerja sama dan kolaborasi yang membantu dalam mendapatkan dukungan yang diinginkan dari anggota tim untuk mewujudkan tujuan bersama dan menciptakan rasa tanggung jawab bersama. Budaya kolaborasi difasilitasi dengan menumbuhkan kepercayaan pada orang lain, mendorong interaksi maksimum dan pertukaran ide. Para pemimpin inspirasional lebih fokus pada "kita" sambil menyapa tim dan tugas alih-alih "aku", untuk menumbuhkan perasaan kebersamaan, saling ketergantungan, dan kebersamaan.

2.  Memberdayakan Tim untuk Keunggulan Kinerja: Memberdayakan tim dalam konteks ini berarti memberikan kebebasan kepada orang untuk berpartisipasi dan mengimplementasikan keputusan sehingga mereka memperoleh rasa memiliki dan keterlibatan dalam proses organisasi. Dengan memfasilitasi pelatihan dan pendidikan berkala, memberikan variasi dan tantangan dalam peran, memberikan banyak kesempatan untuk menunjukkan kompetensi mereka di tempat kerja dan dengan terlibat dalam mendengarkan aktif, seorang pemimpin dapat memberdayakan tim.

3.  Mengembangkan Pemimpin/Tim Berkinerja Tinggi: Pemimpin sebagai enabler memang memiliki kemampuan untuk mengubah pengikut menjadi pemimpin dengan menjadikan mereka bertanggung jawab secara individual, memungkinkan mereka untuk melakukan kontrol atas keadaan dan keputusan, memberi mereka dukungan dan kepercayaan yang diperlukan untuk mengambil alih berbagai tanggung jawab.

Berbagi Visi Bersama: Para pemimpin inspirasional harus menjadi ahli dalam mengartikulasikan visi, memobilisasi dukungan yang diperlukan dan keterlibatan tim mereka untuk pencapaian visi tertinggi. Mereka harus dapat menilai peluang dan memvisualisasikan kemungkinan, mengomunikasikan hal yang sama dengan orang lain dan mengumpulkan dukungan mereka dan mampu menyelaraskan tujuan individu dengan visi organisasi.

Seorang pemimpin yang efektif, alih-alih berfokus pada visi pribadi atau aspirasi individu, harus mampu menarik perhatian dan dukungan untuk nilai-nilai umum, prinsip dan tujuan. Pemimpin yang inspirasional memiliki kemampuan luar biasa untuk menghidupkan visi dan mencari dukungan dari semua pemangku kepentingan utama atau anggota tim dengan memberikan arahan strategis dan bimbingan yang diperlukan.

Keterampilan dalam Menantang Sistem dan Proses yang Ada: Para pemimpin yang sukses harus memiliki kemampuan luar biasa untuk mengantisipasi perubahan, menganalisis perkembangan atau perubahan dalam lingkungan eksternal, memanfaatkan peluang dengan mengambil inisiatif proaktif dan terampil dalam bereksperimen atau mengambil risiko.

Seorang pemimpin dapat secara efisien mengantisipasi perubahan dan mengambil langkah-langkah perbaikan proaktif untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan sebelumnya dengan menjadi kreatif, fleksibel, dan menggunakan kompetensinya hingga yang terbaik dan optimal.

Terlepas dari ini, perkembangan di lingkungan eksternal memainkan peran penting dalam penentuan strategi futuristik organisasi. Dalam skenario saat ini, organisasi berfungsi dalam lingkungan global, dan sangat penting untuk tetap mengikuti tantangan yang ditimbulkan oleh faktor eksternal atau perkembangan di lingkungan luar. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa berbagai pemangku kepentingan seperti klien, karyawan, pemasok, dan lain-lain. Semuanya dianggap sama pentingnya oleh para pemimpin.

Para pemimpin yang mengilhami menunjukkan potensi mereka yang sebenarnya selama masa-masa sulit. Seorang pemimpin sejati mengubah kesulitan menjadi peluang dan menunjukkan potensi lengkapnya dengan memungkinkan berbagai hal berfungsi secara efisien.

Selain itu, pemimpin sejati pandai mengambil risiko dan bereksperimen dengan ide dan proses baru. Mereka bertindak sebagai katalis perubahan untuk memperkenalkan reformasi dalam sistem dan proses yang ada. Pemimpin inspirasional adalah pengambil risiko yang efisien dan mereka ahli dalam menantang proses yang ada untuk mengembangkan proses dan gagasan inovatif.

Mendorong Kualitas Seorang Pemimpin: Pemimpin inspirasional memotivasi tim untuk mencapai keunggulan dalam kinerja dengan menghargai dan mengakui kontribusi mereka, berbagi kisah sukses dan prestasi dengan anggota tim dan merayakan pencapaian tujuan bersama.

Mereka memainkan peran fasilitator dan memotivasi tim untuk menunjukkan yang terbaik dari kinerja mereka dengan menumbuhkan kepercayaan, semangat di antara anggota tim untuk melebihi harapan dan memotivasi orang lain untuk mengarahkan fokus dan perhatian mereka untuk memanfaatkan potensi dan kemampuan terbaik mereka dalam mengejar keunggulan organisasi.

Memodelkan Perilaku Pemimpin: Pemimpin yang menginspirasi memang memiliki kemampuan luar biasa dalam mempersonifikasikan dan mewakili nilai-nilai organisasi di depan semua orang dan mendapatkan dukungan dari orang lain dalam memodelkan nilai-nilai umum. Mereka harus mampu mengutip kisah sukses atau contoh hidup dari bagaimana orang lain telah mencapai kesuksesan dengan mendukung nilai-nilai umum dan mengikutinya dalam perilaku sehari-hari mereka.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemimpin inspirasional harus mampu menunjukkan sifat-sifat yang dibahas di atas dalam perilaku mereka dan mampu mendorong tim untuk mencapai keunggulan di tempat kerja dengan membangun kemampuan kolaboratif dan memperkuat kompetensi internal.

Pemimpin inspirasional dapat memvisualisasikan gambaran besar dan menerjemahkan visi menjadi tindakan dengan menyiapkan proses/sistem yang diperlukan, menantang proses yang ada dan memperkenalkan reformasi/perubahan dalam proses yang ada untuk mencapai peningkatan berkelanjutan di tempat kerja dan mendorong keunggulan bisnis.

Mereka adalah trendsetter, bertindak sebagai pelopor perubahan dan memiliki kualitas antisipatif luar biasa yang membantu organisasi dan tim dalam keadaan siap untuk secara proaktif mengatasi tantangan dan bertahan dalam skenario kompetitif.

Pemimpin yang inspirasional memiliki kualitas dorongan yang luar biasa dan memainkan peran penting dalam mengembangkan pemimpin berkinerja tinggi serta tim; mereka mengubah pengikut menjadi pemimpin dan menciptakan atmosfer kepercayaan dan kebersamaan untuk merealisasikan nilai dan tujuan bersama.

***
Solo, Jumat, 25 Oktober 2019. 6:56 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko