Cara Menangani Keluhan dari Distributor Farmasi

Keluhan yang biasanya terjadi karena hanya ada satu penyebab masalah. Jika penyebabnya dihilangkan, masalahnya akan teratasi.

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:52 WIB
0
31
Cara Menangani Keluhan dari Distributor Farmasi
Image: Freepik

Tahukah Anda bahwa menangani keluhan adalah salah satu cara distributor farmasi melayani pelanggannya?


Ya, penanganan pengaduan telah dibahas dalam peraturan pengawasan obat dan makanan untuk semua distributor farmasi. Dalam Pedoman Distribusi Obat yang Baik, Anda akan menemukan informasi tentang cara mendistribusikan obat secara bertanggung jawab.

Keluhan pelanggan merupakan tanda bahwa mereka tidak senang dengan pelayanan distributor.Jika penanganan produk tidak sesuai standar, distributor telah gagal dalam kewajiban layanannya. Pelanggan dapat mengajukan dua jenis keluhan ke CDOB: keluhan tentang produk atau layanan, dan keluhan tentang distributor apotek. Aspek utama yang diulas dalam laporan tersebut adalah pengaduan obat dan pengaduan peredaran.

Baca juga: Cara Penanganan Keluhan oleh Distributor Farmasi Mandira Distra

Cara Distributor Farmasi bekerja 

Pengedar obat memiliki izin untuk mendistribusikan, membeli, dan menyimpan obat dalam jumlah besar. Tentu saja, penyimpanan dibatasi oleh undang-undang dan peraturan yang berlaku. Setelah distribusi, pelanggan terlebih dahulu harus memastikan obatnya benar. Jika terjadi kerusakan pada kemasan atau kapsul karena kurangnya pengamanan, pelanggan wajib melaporkan kejadian tersebut.Keluhan akan dicatat, ditinjau, dan berpotensi diselidiki untuk sumbernya. Setiap keluhan akan didokumentasikan oleh distributor farmasi sebagai data analisis. Setelah laporan diterima, petugas harus memilah dan mengklasifikasikan pengaduan untuk kemudian dianalisis. Hasil analisis diubah menjadi analisis tren untuk ditindaklanjuti.

Analisis tren digunakan untuk mengetahui potensi keterbatasan distributor farmasi. Hasil analisis akan dikirimkan ke pelanggan sebagai bentuk pengawasan. Hasil penanganan setiap pengaduan harus didokumentasikan agar pihak terkait dapat melacak perkembangan pelayanan di setiap kasus.Kecepatan penanganan pengaduan penting bagi pengadu dan pihak-pihak yang terlibat. Biasanya pengobatan yang efektif dapat dilakukan jika sumber masalahnya diketahui. Keluhan yang biasanya terjadi karena hanya ada satu penyebab masalah. Jika penyebabnya dihilangkan, masalahnya akan teratasi.

Baca juga: Cara Menangani dan Penyebab Nyeri Pada Bahu

Nah itu dia penjelasan mengenai distributor farmasi, semoga artikel ini bermanfaat.

***