Sebenarnya, Anda Tidak Istimewa

Anda penting, bernilai, berharga, dan unik. Dan masih banyak lagi hal lainnya. Siapapun Anda, rayakanlah Anda.

Minggu, 9 Mei 2021 | 09:42 WIB
0
123
Sebenarnya, Anda Tidak Istimewa
sumber foto: Hipwee

Jika Anda membaca ini, Anda mungkin baru saja menyadari bahwa Anda tidak istimewa atau luar biasa. Hingga saat ini, Anda mungkin memiliki pola pikir bahwa Anda berbeda dengan kita semua. Itu mungkin dalam arti bahwa Anda mengira Anda ditakdirkan untuk hal-hal besar. Atau mungkin Anda percaya bahwa tidak ada orang lain yang merasakan hal yang sama seperti Anda, dan belum tentu perasaan positif juga.

Tetapi, sebenarnya, Anda adalah orang yang cukup normal dan menjalani kehidupan yang cukup normal. Ya, Anda memiliki bakat Anda. Dan, ya, Anda memiliki masalah Anda. Tetapi Anda sadar bahwa setiap orang memiliki bakat dan setiap orang memiliki masalah. Beberapa dari bakat itu sama dengan bakat Anda. Beberapa dari masalah itu sama dengan masalah Anda. Jadi sekarang bagaimana?

Menyadari bahwa Anda tidak istimewa bisa menjadi perjalanan yang sulit pada awalnya. Tiba-tiba Anda mungkin merasa takut, seolah Anda tidak penting. Anda hanyalah salah satu dari milyaran orang di planet ini dan dunia tidak akan berhenti berputar hanya karena sesuatu yang Anda lakukan atau tidak lakukan.

Benar, tetapi di sinilah perubahan bahasa yang halus dapat membantu.

Bergeser dari yang istimewa

Jika Anda tidak istimewa, apakah Anda?

Ini mungkin pertanyaan yang sangat penting dalam keadaan Anda saat ini karena selama yang Anda ingat, Anda telah diberi label 'istimewa' oleh orang lain dan/atau diyakini demikian. Dan sementara label tidak pernah bisa akurat atau sepenuhnya ekspresif dari seseorang, Anda mungkin merasa lebih nyaman dengannya.

Jadi, mari kita lihat beberapa hal tentang Anda, dimulai dengan …

Penting

Istilah VIP atau Very Important Person agak bermasalah. Mengapa? Karena setiap orang itu penting. Namun penting, dalam pengertian ini, tidak berarti 'lebih baik dari' yang lain. Bagaimana jika semua orang penting? Arti penting adalah bahwa Anda membuat perbedaan bagi dunia ini apakah Anda pikir Anda melakukannya atau tidak.

Kehadiran Anda membuat perbedaan bagi orang-orang di sekitar Anda. Pekerjaan Anda membuat perbedaan bagi orang yang dilayaninya. Pilihan Anda membuat perbedaan tidak hanya pada hasil hidup Anda, tetapi juga pada keseluruhan kehidupan setiap orang di planet ini.

Dan, ya, jujur saja kepada Anda, beberapa orang mungkin membuat perbedaan yang lebih besar dari yang lain. Mereka mungkin memiliki kekuatan untuk membuat pilihan yang memengaruhi jutaan orang.

Mereka mungkin memiliki kekayaan untuk melakukan banyak hal baik (atau buruk) di dunia ini.

Tetapi itu tidak membuat mereka menjadi lebih atau kurang penting. Sekali lagi, setiap orang penting. Faktanya, setiap orang sama pentingnya.

Berharga

Anda memiliki nilai. Anda adalah makhluk yang berharga. Anda memang penting. Nilai dapat didefinisikan sebagai jumlah manfaat yang diberikan sesuatu. Dan apakah Anda percaya atau tidak, Anda membawa banyak manfaat ke dunia ini.

Ketika Anda membantu seseorang, Anda menguntungkan mereka. Saat Anda mendengarkan masalah seseorang, Anda menguntungkan mereka. Ketika Anda menjadi teman yang baik bagi seseorang, Anda menguntungkan mereka. Ketika Anda merawat dan menunjukkan cinta kepada seorang anak, Anda menguntungkan mereka … lebih dari yang pernah Anda ketahui.

Sekali lagi, Anda tidak istimewa dalam melakukan hal-hal ini, tetapi semuanya memiliki nilai yang luar biasa bagi mereka.

Layak

Setiap orang berhak untuk diperlakukan dengan baik, dengan hormat, dan dengan pertimbangan. Setiap orang menghargai hal-hal ini. Anda layak untuk hal-hal ini.

Tidak peduli kekurangan apa yang Anda miliki. Tidak peduli kebajikan apa yang Anda miliki. Yang penting adalah Anda adalah manusia yang hidup dan bernapas.

Anda tidak istimewa dalam hal itu, tetapi itu membuat Anda layak mendapatkan perlakuan yang adil dan jujur.

Unik

Kita semua adalah manusia yang terbang mengelilingi matahari di planet yang kita sebut rumah ini. Namun, kita semua berbeda satu sama lain. Terkadang perbedaan ini kecil, sementara di lain waktu bisa terlihat cukup besar. Tidak ada dua orang yang persis sama.

Namun unik sangat berbeda dengan istimewa dalam satu hal yang penting: unik tidak menempatkan siapa pun di atas alas, sedangkan istimewa tidak.

Tidak ada yang unik atau berbeda yang memiliki implikasi tentang siapa yang lebih baik. Seperti yang diklaim bahwa semua kepingan salju itu unik, tidak ada kepingan salju yang lebih baik dari yang lainnya.

Ini adalah realisasi yang hebat karena memberi diri sendiri label 'khusus' bisa sangat mengisolasi. Jika Anda menganggap diri Anda istimewa, Anda menciptakan batas antara Anda dan orang lain. Istimewa menunjukkan 'keanehan' - pemisahan dari yang lain.

Siapa yang mau itu? Unik adalah istilah yang jauh lebih baik untuk digunakan.

Manfaat dunia tanpa 'istimewa'

Mungkin Anda merasa sedikit sedih karena tidak istimewa. Tetapi semoga Anda menyadari bahwa Anda adalah semua yang disebutkan di atas.

Hal lain yang mungkin membuat Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri adalah daftar hal-hal baik yang muncul karena tidak menganggap diri Anda atau orang lain istimewa.

1. Itu merendahkan

Ketika Anda memahami bahwa Anda tidak istimewa dalam hidup ini, Anda dapat melihat orang lain dengan mata yang lebih welas asih.

Anda tahu bahwa mereka mungkin juga bergumul dengan satu atau lain hal - kebanyakan orang, terlepas dari posisi atau kekayaan mereka.

Tiba-tiba perjuangan orang lain menjadi penting karena Anda bisa menjadi mereka atau sebaliknya. Dan kerendahan hati yang baik dapat menghasilkan keajaiban bagi hubungan interpersonal Anda.

Alih-alih memilih orang lain dan menilai mereka berdasarkan apa yang Anda lihat di permukaan, Anda dapat melihat melampaui semua itu ke keberadaan mereka di dalam. Anda tidak perlu bersaing dengan mereka atau mencoba menjadi mereka, Anda dapat menerima mereka apa adanya, bahkan ketika Anda tidak berhadapan langsung dengan mereka.

2. Ini mengurangi tekanan pada Anda

Ketika Anda merasa Anda istimewa, Anda secara otomatis menempatkan diri Anda di bawah tekanan penuh untuk mewujudkan keistimewaan itu.

Anda percaya Anda harus membuat perbedaan besar di dunia, Anda harus sukses dalam apa pun yang Anda kuasai, Anda harus menunjukkan kepada semua orang betapa istimewanya Anda.

Tetapi Anda menyadari bahwa Anda tidak istimewa. Jadi apa artinya itu bagimu?

Artinya, Anda tidak harus selalu sempurna. Itu berarti bahwa apa pun yang Anda capai berharga dengan sendirinya. Artinya, ekspektasi orang lain terhadap Anda tidak penting.

Anda dapat menjalani hidup dengan cara yang paling masuk akal bagi Anda. Dan jika itu berarti menjalani apa yang kebanyakan orang sebut sebagai kehidupan biasa, biarlah.

Tidak ada yang salah dengan hal biasa jika Anda ingat bahwa tidak ada yang benar-benar luar biasa dari siapa pun.

3. Itu berarti Anda tidak menyembah orang lain

Ketika Anda percaya bahwa ada status 'khusus' yang disediakan hanya untuk yang terbaik dari umat manusia, Anda menciptakan alasan imajiner untuk melihat orang lain lebih baik dari Anda. Tiba-tiba, bos superstar Anda yang tinggal di rumah mewah dan mengendarai mobil mewah berada di atas Anda.

Atau Anda melihat penampilan orang lain dan menganggap mereka sangat cantik sehingga mereka memberi lebih banyak kepada dunia melalui penampilan mereka daripada yang Anda bisa dengan cara lain.Tetapi tahukah Anda, mereka masih duduk di toilet untuk melakukan bisnis mereka dan menyeka bagian belakang mereka sendiri setelah selesai.

Mereka masih makan, minum, dan bernapas seperti kita semua. Mereka tidak memiliki kualitas yang membedakan mereka dari kita yang fana rendahan.

Anda tidak istimewa, tetapi begitu pula orang lain. Jadi mengapa memperlakukan mereka seperti itu? Perlakukan semua orang dengan rasa hormat dan pertimbangan yang sama. Itu saja yang perlu Anda ingat.

Catatan terakhir tentang menjadi rata-rata …

Oke, jadi 'istimewa' bukanlah hal yang orang-orang lakukan. Tetapi bagaimana dengan rata-rata? Apakah Anda pikir Anda rata-rata? Dibawah rata-rata? Diatas rata-rata?

Sekali lagi, ini adalah label yang sangat tidak lengkap yang mungkin Anda berikan pada diri sendiri atau orang lain. Rata-rata dalam hal apa? Seperti apa rupa orang biasa? Apa yang tercakup dalam kehidupan rata-rata?

Mungkin rata-rata siswa mendapatkan nilai rata-rata yang tepat untuk setiap mata pelajaran, tetapi siapa yang Anda tahu pernah melakukannya? Tidak, setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing.

Dan itu tidak terbatas pada sekolah. Sepanjang hidup, akan ada hal-hal yang Anda kuasai, dan hal-hal yang mungkin Anda sukai. Itulah definisi rata-rata di sana.

Jadi, Anda tidak hanya tidak istimewa, Anda juga tidak rata-rata. Anda hanyalah orang yang melakukan beberapa hal dengan baik, hal-hal lain dengan buruk, dan banyak hal tidak sama sekali.

Anda penting, bernilai, berharga, dan unik. Dan masih banyak lagi hal lainnya. Siapapun Anda, rayakanlah Anda.

***
Solo, Minggu, 9 Mei 2021. 9:09 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko