Kepemimpinan [63] Persuasi dan Seni Mengubah Pikiran, Penting untuk Pemimpin Kontemporer

Para pemimpin tidak dapat memiliki pandangan dunia yang kaku dan pada saat yang sama, tidak bisa mengingkari. Selain itu, mereka tidak dapat meninggalkan visi karena kegagalan sementara.

Jumat, 20 September 2019 | 10:18 WIB
0
271
Kepemimpinan [63] Persuasi dan Seni Mengubah Pikiran, Penting untuk Pemimpin Kontemporer
ilustr: McKinsey

Kepemimpinan adalah tentang memiliki visi dan mengkomunikasikannya kepada para pengikut seperti halnya tentang seni dan ilmu mengubah pikiran para pemimpin dan pengikut. Untuk menjelaskan hal ini lebih lanjut, kita perlu melihat lanskap bisnis kontemporer di mana para pemimpin tidak hanya harus dibujuk tetapi juga dapat dibujuk artinya bahwa mereka harus terbuka terhadap beragam pandangan dan pendapat dan tidak "menutup pikiran mereka" terhadap alternatif.

Memang, mengingat tren yang berubah dengan cepat dan perubahan teknologi yang menjadi ciri lanskap bisnis modern, kepemimpinan adalah tentang menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi seperti halnya tentang memiliki visi yang jelas dan jelas dan rasa arah.

Selanjutnya, kepemimpinan juga tentang mengubah pikiran para pengikut. Misalnya, persepsi tentang pemimpin seringkali dibentuk pada awalnya dan dimodifikasi selama periode waktu tertentu. Begitu pengikut merasa bahwa pemimpin tidak dapat memberikan perubahan yang diperlukan dan "membawa pulang barang", mereka mulai memiliki pikiran kedua dan mulai meragukan pemimpin dan kemampuannya.

Dengan demikian, penting bagi para pemimpin bahwa pengikut mereka memandang mereka sebagai orang-orang yang memiliki visi dan tindakan laki-laki dan perempuan yang dapat diandalkan untuk mengaktualisasikan hasil yang sukses. Contoh yang baik dari ini adalah cara di mana CEO baru Infosys, Vishal Sikka telah berhasil mengubah perusahaan menjadi non pendiri pertama yang menduduki posisi teratas dan dengan demikian memastikan bahwa karyawan menganggapnya sebagai pemimpin transformasional daripada seseorang yang hanya mendorong status quo lama yang sama.

Di sisi lain, ia juga memastikan bahwa masa lalu juga tidak dilupakan sepenuhnya yang berarti bahwa ia terbuka untuk persuasi dari orang-orang yang berprestasi di masa lalu dan pada saat yang sama, mampu membujuk tanaman pemimpin masa kini yang sekarang.

Jadi, yang kita miliki adalah pemimpin yang bisa dibujuk yang juga membujuk. Dengan kata lain, kepemimpinan dalam lanskap bisnis kontemporer adalah tentang membujuk orang lain seperti halnya dibujuk.

Memang, contoh yang sama dari Infosys akan cocok di sini karena kepemimpinan di perusahaan selalu tentang mengartikulasikan visi dan kemudian mengaktualisasikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang dibutuhkan.

Dalam semua hal ini, para pemimpin di perusahaan harus berjuang dengan keraguan awal dan menghadapi banyak perlawanan terhadap perubahan. Penghargaan mereka bahwa mereka berhasil dalam seni dan ilmu mengubah pikiran baik dari diri mereka sendiri dan pengikut mereka.

Contoh lain tentang bagaimana para pemimpin harus terbuka untuk persuasi dan persuasif adalah dari pengalaman Google dan Facebook yang keduanya mengalami awal yang tinggi setelah keberhasilan memabukkan dari tahun-tahun pembentukan mereka dan kemudian harus bergulat dengan realitas perlambatan ekonomi.

Di kedua perusahaan itu, pemimpin yang berkuasa mengundang saran dari karyawan mereka tentang cara membuat perusahaan mereka lebih efektif sehingga terbuka terhadap umpan balik dan saran serta dibujuk tentang tindakan alternatif yang tidak dipikirkan oleh mereka (para pemimpin).

Di sisi lain, mereka juga persuasif dalam arti bahwa mereka dapat mengubah pikiran karyawan mereka yang meragukan apakah koreksi kursus akan bekerja untuk kesuksesan perusahaan.

Terlepas dari ini, kepemimpinan adalah proses yang mengharuskan meyakinkan para pengikut untuk "berjalan di atas air" untuk alasan yang dianut para pemimpin.

Memang, seperti contoh dari angkatan bersenjata bersaksi, jenderal yang paling sukses adalah orang-orang yang dapat berperang yakin bahwa pengikut dan tentara mereka benar-benar akan "melemparkan diri ke musuh" jika perlu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Memang, semua contoh ini membuktikan bahwa kepemimpinan dalam konteks modern membutuhkan kesabaran dan pengorbanan karena para pemimpin harus meyakinkan para pengikut untuk memberi mereka waktu dan pada saat yang sama "memimpin dari depan" yang berarti bahwa mereka harus "menjalani bicara ”menghasilkan contoh teladan bagi pengikut mereka.

Teori manajemen dengan jelas mengidentifikasi bahwa pemimpin juga harus individu yang cerdas secara emosional dalam arti bahwa mereka harus mengendalikan dan mengelola emosi mereka dan mampu mengelola emosi orang lain. Memang, para pemimpin berada di bawah tekanan luar biasa untuk menjadi panutan dan karenanya, mereka harus setiap saat, dapat memproyeksikan kepercayaan diri dan memberikan gambaran jaminan.

Pada saat yang sama, mereka juga harus jujur ​​tentang kesalahan apa pun dan harus benar-benar mencerminkan kekecewaan dengan menunjukkan jalan menuju masa depan, bukannya mengalami demoralisasi atau kesedihan karena kemunduran sementara.

Para pemimpin zaman modern juga harus individu yang dapat mengelola pengaruh yang berubah dengan cepat yang ditimbulkan oleh teknologi dan memiliki "pegangan pada masa kini" tanpa "melupakan masa lalu" dan pada saat yang sama, "menjadi fokus ke depan" yang berarti bahwa mereka harus secara bersamaan menyulap pengalaman masa lalu dan harapan, memastikan keberhasilan saat ini, dan membangun kemampuan untuk masa depan.

Ini berarti bahwa mereka harus mengambil pelajaran dari masa lalu, mengelola masa kini, dan mengendalikan masa depan. Ini membutuhkan kemampuan luar biasa yang merupakan salah satu alasan mengapa banyak pemimpin tampaknya gagal dalam konteks tingginya pergantian perusahaan yang masa simpannya secara cepat dipersingkat terutama karena ketidakmampuan untuk mengelola berbagai aspek kepemimpinan yang disebutkan sejauh ini.

Kesimpulannya, para pemimpin tidak dapat memiliki pandangan dunia yang kaku dan pada saat yang sama, tidak bisa mengingkari. Selain itu, mereka tidak dapat meninggalkan visi mereka karena kegagalan sementara dan pada saat yang sama, tertutup untuk beragam pandangan dan pendapat.

***
Solo, Jumat, 20 September 2019. 9:59 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko