Manusia Bernilai

Pembuktian harus ditunjukan dengan sikap kita. Ibarat makanan kalau berkualitas pasti butuh sertifikasi dan ujian dari penikmat kuliner.

Senin, 30 September 2019 | 22:26 WIB
0
76
Manusia Bernilai
Ilustrasi manusia (Foto: hitech.com)

Setiap manusia hadir di dunia selalu ada nilainya. Nilai yang dimaksud adalah nilai kemanusiaan. Menjadi manusia sesungguhnya dengan sadarnya. Inilah yang harus dipertahankan sampai akhir hayat.

Nilai kejujuran, keberanian, kebaikan dan kemanfaatan. Manusia pasti suka dengan nilai tersebut, tapi realitanya selalu akan bertentangan semua kepentingan. Inilah ujian bagi manusia bernilai. Siap menghadapi atau luntur nilai karena keadaan.

Nilai yang dipegang akan menjadi ujian apakah sesuai atau hanya pencitraan belaka. Kadang ujian juga hadir dari orang yang terdekat, kadang nilai itu dilanggar oleh mereka. Bagaimana sikap kita? Apakah akan diam saja atau tetap dengan nilai yang kita pegang.

Hidup ini adalah pembuktian, apakah kita mampu bertahan dengan nilai kita. Atau kalah dengan keadaan. Pembuktian harus ditunjukan dengan sikap kita. Ibarat makanan kalau berkualitas pasti butuh sertifikasi dan ujian dari penikmat kuliner.

Manusia memang harus bernilai. Tapi juga harus siap dengan ujian mempertahankan nilai.

***