Kekuatan Luar Biasa dari Orang yang Diabaikan Secara Emosional

Jadi Anda tetap mandiri, tetapi Anda kehilangan rasa takut untuk bergantung pada seseorang saat Anda membutuhkannya.

Kamis, 21 April 2022 | 07:48 WIB
2
199
Kekuatan Luar Biasa dari Orang yang Diabaikan Secara Emosional
image: Medium

Tumbuh dengan pengabaian emosional membuat Anda lebih kuat dalam 5 cara yang mengejutkan.

Poin-Poin Penting

  • Ada sisi terang dari tumbuh dewasa yang diabaikan secara emosional.
  • Anak-anak yang tumbuh dengan cara ini juga belajar beberapa cara luar biasa untuk menjaga diri mereka sendiri secara emosional.
  • Belas kasih, kemurahan hati, dan fleksibilitas adalah di antara kekuatan yang dihargai oleh individu-individu ini dalam diri mereka sendiri.

Dengan kepala terangkat tinggi tetapi semangat mereka lebih rendah dari yang seharusnya, mereka berjalan di antara kita.

"Saya tidak butuh bantuan apa pun," kata mereka sambil tersenyum.

"Tetapi apa yang Anda butuhkan?" mereka bertanya kepada orang lain dengan minat yang tulus.

Dicintai dan dihormati oleh orang-orang yang mengenal mereka, mereka berjuang untuk mencintai dan menghormati diri mereka sendiri.

Ini adalah orang-orang dari pengabaian emosional masa kanak-kanak.

Apa itu pengabaian emosional masa kanak-kanak? Ini adalah kekuatan yang sederhana namun kuat dalam kehidupan seorang anak. Itu membutuhkan tumbuh dalam rumah tangga di mana perasaan Anda tidak penting.

Biasanya, saya menulis tentang tantangan khusus yang diabaikan secara emosional, seperti menyalahkan diri sendiri, kemarahan yang diarahkan pada diri sendiri, dan belas kasih yang rendah. Itu karena saya ingin membantu orang-orang ini mengatasinya.

Tetapi sejujurnya, yang diabaikan secara emosional adalah beberapa orang dewasa terkuat yang pernah saya temui. Ya, sulit dipercaya, tetapi ada sisi baiknya dari tumbuh dewasa yang diabaikan secara emosional.

5 Kekuatan Luar Biasa dari Orang yang Diabaikan Secara Emosional

Mandiri

Tumbuh dewasa, Anda tahu, meskipun mungkin tidak pernah dikatakan dengan lantang, bahwa Anda pada dasarnya sendirian. Masalah dengan guru? Anda memecahkannya. Konflik dengan teman? Anda sudah mengetahuinya sendiri. Masa kecil Anda adalah tempat pelatihan untuk kemandirian. Sekarang, sebagai orang dewasa, Anda mungkin lebih suka melakukan sesuatu sendiri. Karena Anda sangat kompeten, hal terbaiknya adalah Anda bisa.

Penuh Kasih

Sebagai seorang anak, perasaan Anda terlalu sering diabaikan. Tetapi itu mungkin tidak menghentikan Anda dari perasaan untuk orang lain. Penelitian telah menunjukkan bahwa bahkan bayi kecil pun merasakan empati. Saya telah memperhatikan bahwa banyak orang yang diabaikan secara emosional di masa kanak-kanak memiliki penurunan akses ke perasaan mereka sendiri, tetapi kepekaan ekstra terhadap perasaan orang lain. Belas kasih adalah kekuatan yang kuat, menyembuhkan, dan mengikat. Dan Anda memilikinya.

Memberi

Setelah menerima kelangkaan pengakuan dan validasi emosional di masa kanak-kanak, Anda belajar untuk tidak meminta sesuatu. Bagian dari menjadi mandiri dan berbelas kasih adalah Anda lebih sadar akan kebutuhan orang lain daripada kebutuhan Anda sendiri. Jadi sekarang sebagai orang dewasa, Anda tidak meminta banyak, tetapi Anda memberi banyak.

Fleksibel

Sebagai seorang anak, Anda mungkin tidak sering berkonsultasi. Alih-alih ditanya apa yang Anda inginkan atau butuhkan, Anda tidak punya pilihan selain menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapi. Jadi sekarang, sudah dewasa, Anda tidak menuntut, memaksa, atau mengendalikan. Sebaliknya, Anda sebaliknya. Anda bisa mengikuti arus jauh lebih baik daripada kebanyakan orang. Dan Anda juga.

Yang Menyenangkan

Orang-orang dengan pengabaian emosional masa kanak-kanak cenderung menjadi orang yang paling disukai di dunia ini. Penyayang, memberi, dan tidak mementingkan diri sendiri, Anda mungkin orang yang dicari teman Anda saat mereka membutuhkan bantuan, nasihat, atau dukungan. Anda berada di sana untuk keluarga dan teman Anda, dan bahkan mungkin orang asing juga. Orang lain tahu bahwa mereka dapat mengandalkan Anda. Apakah Anda pernah bingung mengapa orang menyukai Anda? Itu karena Anda memiliki lima kualitas yang sangat disukai ini.

Banyak orang yang diabaikan secara emosional diam-diam menyadari kekuatan besar mereka, dan menghargainya dalam diri mereka sendiri.

Aku tidak butuh bantuan

Aku tidak butuh apa-apa

Aku mampu mengatasinya

Aku akan mengurusnya

Aku akan baik-baik saja dengan apa pun yang Anda putuskan

Aku kuat

mereka bilang.

Jika ini benar tentang Anda, gagasan untuk mengubah diri sendiri bisa jadi menakutkan. Anda tidak ingin merasa tergantung pada siapa pun, termasuk terapis, teman, atau pasangan. Anda takut terlihat membutuhkan, lemah, atau tidak berdaya. Anda memiliki ketakutan besar untuk menjadi egois.

Tetapi inilah keindahan dari pengabaian emosional masa kanak-kanak: Kekuatan Anda begitu bertahan sehingga Anda dapat membuatnya lebih baik dengan menyeimbangkannya.

Jadi Anda tetap mandiri, tetapi Anda kehilangan rasa takut untuk bergantung pada seseorang saat Anda membutuhkannya. Anda tetap kompeten seperti biasanya, tetapi Anda boleh meminta bantuan saat Anda membutuhkannya. Anda tetap fleksibel dan dapat mengikuti arus, tetapi Anda juga sadar dan memperhatikan kebutuhan Anda sendiri.

Anda masih bisa menangani banyak hal. Anda tetap kuat seperti dulu. Lebih seimbang dan lebih terbuka, Anda tetap dicintai dan dihormati oleh semua orang yang mengenal Anda. Dan hal yang hebat adalah sekarang Anda juga mencintai dan menghargai diri sendiri.

***
Solo, Kamis, 21 April 2022. 7:40 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko