6 Tip untuk Meringankan Kehidupan Pasca-COVID

Saat suasana memanas, berhenti sejenak sebelum berbicara dan coba amati apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Jumat, 26 Maret 2021 | 14:40 WIB
0
141
6 Tip untuk Meringankan Kehidupan Pasca-COVID
ilustr: urbanNext

Kecemasan adalah hal yang normal, bahkan ketika kita bersemangat untuk menjalani kembali kehidupan biasa kita.

  • Transisi ke aktivitas "normal" pasca vaksinasi COVID dapat menimbulkan kecemasan dan stres yang tidak terduga.
  • Lakukan perlahan saat Anda kembali ke rutinitas lama Anda, dan ingatlah bahwa tidak ada cara yang benar untuk merasakannya.
  • Luangkan waktu untuk perawatan diri selama periode perubahan ini.

Musim semi tampaknya menjadi masa transisi bagi sejumlah besar orang di Amerika Serikat, karena jutaan orang dewasa divaksinasi COVID setiap hari, dan jutaan siswa kembali ke ruang kelas tatap muka untuk pertama kalinya dalam setahun. Bagi banyak orang, dengan vaksinasi (dan syarat menunggu untuk memberikan perlindungannya) muncul kemungkinan baru dan tanda-tanda harapan. Dari pertemuan hingga rencana perjalanan, ada banyak antisipasi untuk kembalinya kegiatan yang telah ditinggalkan orang selama berbulan-bulan.

Tetapi dengan harapan itu sering kali muncul harapan bahwa segala sesuatu harus terasa bahagia dan nyaman; bahwa emosi positif harus melebihi emosi negatif; dan bahwa kembali ke kehidupan "normal" akan menjadi transisi yang sederhana dan mulus yang penuh kegembiraan dan kemudahan. Pola pikir ini, bagaimanapun, bukan hanya tidak realistis, tetapi sebenarnya membuat transisi menjadi lebih sulit. Ini menetapkan ekspektasi yang terlalu kaku tentang seperti apa pengembalian itu seharusnya, baik secara perilaku maupun emosional.

Ketika gangguan berlangsung selama satu tahun penuh, tidak peduli betapa tidak nyamannya gangguan itu, itu menjadi bentuk "normal" dalam dan dari dirinya sendiri. Selama berbulan-bulan ini, kita terbiasa dengan versi kehidupan yang terkunci (lockdown) hanya melalui pengkondisian perilaku saja.

Ironisnya, ini juga berarti bahwa kembali ke normal — tidak peduli seberapa besar kita menginginkannya — kemudian menjadi gangguan.

Banyak klien yang terkejut dengan jumlah kecemasan yang muncul saat mereka akhirnya melakukan hal-hal yang mereka impikan. Mereka mungkin mengalami serangan panik yang tidak terduga setelah pergi ke restoran yang ramai, mengalami kesulitan tidur baru ketika memikirkan carpool sport anak-anak mereka mulai lagi, atau hanya khawatir tentang kemungkinan harus menyesuaikan diri dengan pakaian profesional lama mereka.

Tentu saja, sangat penting untuk tetap mengikuti ilmu pengetahuan dan menilai tingkat risiko Anda secara realistis, bahkan jika Anda telah divaksinasi dan menunggu waktu yang diperlukan.

Mempersiapkan diri secara psikologis untuk kembali normal tidak berarti aman bagi semua orang untuk melakukannya. Dan tolong jangan menyerah pada pola pikir bahwa hanya karena dunia tampak terbuka, segala sesuatunya tiba-tiba harus jauh lebih aman daripada sebelumnya.

Tetapi jika secara medis aman bagi Anda untuk melanjutkan aktivitas baru, ingatlah, kecemasan selama transisi itu wajar. Dan bisa dibilang, transisi kembali ke kehidupan "biasa" sama besarnya dengan transisi awal yang membatasi semua kehidupan kita sejak awal. Kita tidak hanya keluar dari praktik ketika datang ke berbagai jenis interaksi sosial sehari-hari, tetapi kita telah menghabiskan satu tahun untuk menyadari risiko yang dibawa aktivitas tersebut.

Jadi, saat Anda bergerak maju, pikiran dan tubuh Anda kemungkinan akan mengalami stres, dan itu tidak masalah. Inilah yang perlu diingat untuk mengurangi efeknya.

1. Perhatikan kecepatan Anda.

Tidak peduli seberapa bersemangat Anda, akan sangat membantu untuk memudahkan diri Anda dalam aktivitas baru dan memberikan penyangga di antaranya. Secara fisik dan psikologis, Anda mungkin lebih lelah daripada yang Anda harapkan dengan jenis rangsangan yang telah Anda tinggalkan selama 12 bulan. Jangan melakukan beberapa hal baru sekaligus, dan jangan mengemas jadwal Anda penuh jika Anda sudah terbiasa dengan kurangnya struktur.

Bangun waktu untuk memproses dan menyesuaikan setelah setiap batasan baru yang Anda lewati, dan jujurlah pada diri sendiri tentang apakah Anda melakukannya terlalu cepat. Bahkan beberapa ekstrovert yang tidak tahu apa-apa mungkin akan terkejut dengan betapa lelahnya mereka bahkan setelah melakukan aktivitas sosial yang singkat.

2. Singkirkan "keharusan" yang berhubungan dengan perasaan.

Banyak orang mulai merasa cemas tentang seperti apa kehidupan "seharusnya" mereka. Mungkin mereka sudah divaksinasi tetapi masih merasa belum siap untuk kembali ke kantor. Mungkin setelah berbicara tentang betapa mereka merindukan teman-teman mereka, mereka sekarang tidak merasa terlalu bersemangat untuk berkumpul dengan mereka secara langsung. Mungkin mereka sangat gembira dengan gagasan liburan pasca vaksinasi pertama itu — dan sekarang rasanya seperti gagal dan mereka berharap mereka tidak menghabiskan begitu banyak uang untuk itu.

Sulit untuk memprediksi bagaimana perasaan Anda, tetapi tidak ada reaksi benar atau salah. Jangan menambah tekanan Anda sendiri dengan percaya bahwa Anda "harus" merasakan hal tertentu.

3. Berkomunikasi dengan jelas.

Meskipun sangat membantu untuk mengomunikasikan batasan dengan jelas selama setahun terakhir, ketika sering ada perbedaan pendapat tentang apa yang mewakili risiko yang dapat diterima, akan terus bermanfaat bagi Anda untuk mengingat konsep yang sama tersebut di masa depan. Jangan takut untuk mengatakan tidak pada hal-hal yang Anda belum nyaman; jangan terlalu mempersonalisasikan perbedaan pendapat tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak; dan mendengarkan serta berbicara dengan hormat ketika berhubungan dengan negosiasi dengan teman dan keluarga tentang apa yang masuk akal untuk pertemuan, perayaan, dan perjalanan.

Saat suasana memanas, berhenti sejenak sebelum berbicara dan coba amati apa yang terjadi pada tubuh Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk melawan beberapa kegelisahan Anda dan menenangkan diri Anda sebelum meningkatkannya lebih jauh.

4. Tingkatkan perawatan diri Anda.

Sangat mudah untuk berasumsi bahwa saat Anda memberi ruang untuk pengalaman yang lebih menyenangkan dan mengasyikkan dalam hidup Anda dan merangkak keluar dari apa yang mungkin terasa seperti monoton, bahwa pikiran dan tubuh Anda akan secara otomatis menjaga diri mereka sendiri, dan Anda tidak perlu banyak tidur, waktu istirahat, makan sehat, atau perhatian pada kesehatan mental Anda. Sebenarnya, yang paling mungkin terjadi adalah kebalikannya — gangguan apa pun terhadap apa yang biasa Anda lakukan dapat berdampak buruk pada tubuh dan pikiran, bahkan jika itu gangguan yang disambut baik. Prioritaskan semua teknik perawatan diri yang sama yang penting selama tekanan awal terkunci.

5. Sambut perasaan Anda, sebagai pengamat.

Sama seperti mengamati sensasi tubuh Anda dapat membantu untuk tidak meningkatkan konflik yang tidak perlu, mengamati perasaan Anda juga sangat membantu. Bersikaplah penuh kasih tetapi realistis dengan diri Anda sendiri tentang apa yang Anda rasakan ketika Anda mulai beralih ke gaya hidup yang dulu Anda miliki. Takut? Kesalahan? Kebencian? Kegembiraan? Rasa kehilangan? Kekecewaan? Semua pengalaman emosional ini telah diidentifikasi sebagai reaksi — dan reaksi itu 100 persen manusiawi dan 100 persen OK. Semakin Anda dapat mengadopsi teknik perhatian untuk bersikap lembut dan ingin tahu tentang pengalaman emosional Anda — tidak menilai diri sendiri atau terbungkus di dalamnya — semakin sedikit hal itu akan membebani Anda dengan perasaan negatif tentang perasaan, seperti rasa malu, yang hanya menambah kesusahan anda.

6. Ingatlah bahwa ini adalah proses.

Betapa menyenangkannya untuk berfantasi tentang hal "pertama" yang akan kita lakukan di dunia pasca-COVID, atau sebutkan lima prioritas utama kita ketika hidup kembali normal, kenyataannya adalah, garis antara sebelum / selama / setelah itu sama sekali tidak jelas. Kembalinya sesuatu yang menyerupai kehidupan sebelum COVID kemungkinan akan memakan waktu jauh, jauh lebih lama daripada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berubah dari normal menjadi terkunci pada awal pandemi. Ini adalah proses bertahap, dengan pencapaian yang berbeda, tingkat risiko yang berbeda, dan garis waktu yang berbeda untuk aktivitas yang berbeda dengan orang yang berbeda. Yang terpenting, bersabarlah dengan diri Anda sendiri, dan orang lain. Semakin kita dapat merangkul transisi ini sebagai jalan untuk terus bergerak maju, daripada sebagai tombol yang harus dibalik, semakin siap kita untuk menghadapi rintangan di sepanjang jalan.

***
Solo, Jumat, 26 Maret 2021. 2:13 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko