5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Hewan Peliharaan [2]

Baik untuk kesehatan fisik atau mental anda, manfaat memiliki hewan peliharaan sangat luas dan sukacita dan kebahagiaan yang mereka bawa menular.

Jumat, 7 Juni 2019 | 21:43 WIB
0
463
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Hewan Peliharaan [2]
Whisky (dok. pribadi)

4. Mereka Dapat Membantu Kita Menurunkan Berat Badan dan Menjadi Bugar
 
Ini terutama berlaku untuk anjing, yang sebagian besar membutuhkan berjalan beberapa kali sehari, setiap hari.
 
Memiliki alasan untuk keluar - apakah hujan atau cerah - adalah motivator yang baik untuk menurunkan berat badan ekstra itu dan meningkatkan tingkat kebugaran tersebut.
 
Menurut sebuah studi oleh Institut Kesehatan di Rumah Sakit Memorial Northwest, berjalan anjing kita menuai semua jenis penghargaan, termasuk kehilangan - atau mempertahankan - berat badan. Survei lain, kali ini oleh National Institute of Health, mendukung ini.
 
Di antara lebih dari 2.000 orang dewasa yang terlibat dalam penelitian ini, para pemilik yang bertanggung jawab untuk membawa anjing mereka lebih kecil kemungkinannya mengalami obesitas daripada mereka yang menyerahkan tugasnya kepada orang lain (atau tidak memiliki anjing sama sekali).
 
Sementara anjing yang lebih kecil mungkin hanya perlu berjalan kaki singkat setiap hari, ras yang sedang-ke-yang lebih besar memiliki stamina untuk mendukung kita dalam semua kegiatan aktif kita. Faktanya, ras tertentu - seperti Greyhound, Rhodesian Ridgebacks, dan Doberman Pinschers - paling cocok untuk pemilik yang merupakan pelari lintas alam, pelari marathon, dan triathletes.
 
Bahkan jika kita tidak berada dalam kategori kebugaran itu, interval joging atau lari, hiking, atau bermain fetch di taman adalah semua kegiatan ramah anak anjing yang dapat membantu meningkatkan detak jantung dan tingkat energi kita.
 
Menyetel rutinitas sehari-hari dengan anjing kita akan membantu kita bertanggung jawab untuk keluar, aktif, dan menyelesaikan sasaran kita.
 
Mereka menjadi pelatih kebugaran yang hebat, karena semakin banyak kita berjalan atau berlari bersama anak anjing, semakin banyak yang mereka harapkan dari anda.

5. Mereka Dapat Membantu Kehidupan Sosial Kita
 
Salah satu alasan peliharaan sangat baik bagi anda yang memiliki masalah kesehatan mental adalah karena kita menawarkan rasa persahabatan.
 
Tetapi apakah anda tahu bahwa hewan peliharaan juga dapat membantu kita bertemu orang lain - apakah teman baru, atau bahkan orang penting lainnya?
 
Penelitian oleh Harvard Medical School telah menemukan bahwa hewan peliharaan dapat membantu menciptakan dan memfasilitasi persahabatan antar manusia dan dukungan sosial, yang keduanya baik untuk kesehatan jangka panjang. "Saya tidak bertemu banyak orang ketika saya pindah ke lingkungan baru saya," kata Dr. Elizabeth Frates, asisten profesor kedokteran fisik dan rehabilitasi di Harvard Medical School. “Tetapi itu berubah ketika kami mendapatkan Reesee, goldendoodle kami. Dia membuka pintu ke dunia baru orang. "
 
Tetapi kita tidak boleh tertipu dengan berpikir bahwa itu hanya anjing yang memfasilitasi hubungan sosial ini.
 
Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa jenis hewan peliharaan lain, termasuk kucing, kelinci, dan ular, juga bisa menjadi katalis untuk berteman dan mencari dukungan sosial.
 
Menjadi pemilik hewan peliharaan adalah cara ketiga yang paling umum yang dikatakan oleh responden survei bahwa mereka bertemu orang-orang di lingkungan mereka (di belakang menjadi tetangga; dan menggunakan jalan dan taman setempat).
 
Pemilik hewan peliharaan juga 60% lebih mungkin mengenal orang-orang di lingkungan mereka yang belum mereka kenal sebelumnya daripada mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.
 
Memulai kelompok bermain anjing di lingkungan kita adalah cara yang bagus untuk bertemu orang lain jika kita baru di daerah itu - atau menemukan bahwa mereka yang tinggal di dekat kita telah dipindahkan dan digantikan oleh orang lain. Dr. Frates mengorganisir pertemuan pagi hari untuk 15 wanita dan anjing mereka ketika dia pindah ke tempat baru, dan mengembangkan beberapa persahabatan sejati dan jangka panjang sebagai hasilnya.
 
Menurut Yayasan Kesehatan Mental Inggris, bahkan menyampaikan percakapan atau salam dengan pemilik anjing lain membantu pemilik tetap terhubung secara sosial dan merasa kurang tertarik.

Ini sangat relevan untuk orang tua, yang mendapat manfaat dari persahabatan dan rasa tujuan yang ditawarkan oleh hewan peliharaan, dan sering hidup sendiri.
 
Selain pertemanan, orang-orang juga melaporkan bahwa memiliki hewan peliharaan telah membantu mereka bertemu dengan pasangan baru yang romantis. Itu karena jenis area di mana orang-orang dengan hewan peliharaan bertemu di taman anjing, bertemu, atau bahkan di klinik hewan, memfasilitasi percakapan yang lebih dalam antara orang-orang yang sudah memiliki minat bersama.
 
Berjalan bersama anjing adalah pemecah kebekuan yang hebat, tetapi juga bisa menjadi kencan pertama yang menyenangkan.


 
Terakhir tetapi tidak berarti kurang penting, penelitian juga menunjukkan bahwa hewan peliharaan sangat penting dalam kehidupan sosial anak-anak dengan ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder) dan autisme.
 
Dalam kasus orang dengan autisme, hewan dapat mengurangi perilaku stereotip, mengurangi sensitivitas sensorik, dan meningkatkan keinginan dan kemampuan untuk terhubung secara sosial dengan orang lain. Bagi mereka yang menderita ADHD, hewan peliharaan bisa menjadi pendengar yang hebat, menawarkan cinta tanpa syarat, dan tidak akan mengkritik seorang anak karena memiliki terlalu banyak energi - yang dapat berdampak besar pada kepercayaan diri mereka.
 
Apakah anda sudah memiliki hewan peliharaan, sedang mempertimbangkan untuk mendapatkannya, atau belum pernah memikirkannya sebelumnya - saya pikir anda akan setuju bahwa hewan peliharaan sangat menakjubkan. Baik untuk kesehatan fisik atau mental anda, manfaat memiliki hewan peliharaan sangat luas - dan sukacita dan kebahagiaan yang mereka bawa menular.
 
Apakah anda memiliki hewan peliharaan? Sudahkah mereka membantu anda bertemu orang baru, mengatasi masalah kesehatan mental, atau menurunkan berat badan dan menjadi bugar? Silakan bagikan pengalaman anda dengan kami dan menginspirasi orang lain.

Artikel  sebelumnya: 5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Hewan Peliharaan [1]

(Dikutip dari KEEPINSPIRING.ME)

***
Solo, Jumat, 7 Juni 2019. 9:21 pm
'salam damai penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko