Budaya Organisasi [3] Pentingnya Budaya Organisasi

Sabtu, 5 Juni 2021 | 17:17 WIB
0
28
Budaya Organisasi [3] Pentingnya Budaya Organisasi
ilustr: Presagia

Sebuah platform umum di mana individu bekerja bersama untuk mendapatkan keuntungan serta mata pencaharian untuk diri mereka sendiri disebut organisasi. Tempat di mana individu mewujudkan impian menjadi besar disebut organisasi. Setiap organisasi memiliki gaya kerja yang unik yang sering berkontribusi pada budayanya. Keyakinan, ideologi, prinsip, dan nilai suatu organisasi membentuk budayanya. Budaya tempat kerja mengendalikan cara karyawan berperilaku di antara mereka sendiri maupun dengan orang-orang di luar organisasi.

  • Budaya menentukan cara karyawan berinteraksi di tempat kerja mereka. Budaya yang sehat mendorong karyawan untuk tetap termotivasi dan loyal terhadap manajemen.
  • Budaya tempat kerja juga sangat membantu dalam mempromosikan persaingan yang sehat di tempat kerja. Karyawan mencoba tingkat terbaik mereka untuk tampil lebih baik daripada rekan kerja mereka dan mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari atasan. Ini adalah budaya tempat kerja yang sebenarnya memotivasi karyawan untuk melakukan.
  • Setiap organisasi harus memiliki pedoman bagi karyawan untuk bekerja sesuai. Budaya organisasi mewakili kebijakan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya yang memandu karyawan dan memberi mereka arahan di tempat kerja. Setiap individu jelas tentang peran dan tanggung jawabnya dalam organisasi dan tahu bagaimana menyelesaikan tugas sebelum tenggat waktu.
  • Tidak ada dua organisasi yang dapat memiliki budaya kerja yang sama. Ini adalah budaya organisasi yang membuatnya berbeda dari yang lain. Budaya kerja sangat membantu dalam menciptakan citra merek organisasi. Budaya kerja memberikan identitas bagi organisasi. Dengan kata lain, suatu organisasi dikenal dengan budayanya.
  • Budaya organisasi membawa semua karyawan pada platform yang sama. Karyawan harus diperlakukan sama dan tidak ada yang merasa diabaikan atau ditinggalkan di tempat kerja. Sangat penting bagi karyawan untuk menyesuaikan diri dengan baik dalam budaya organisasi agar mereka dapat memberikan level terbaik mereka.
  • Budaya kerja menyatukan karyawan yang berasal dari latar belakang yang berbeda, keluarga dan memiliki sikap dan mentalitas yang bervariasi. Budaya memberi karyawan rasa persatuan di tempat kerja.

Organisasi tertentu mengikuti budaya di mana semua karyawan terlepas dari sebutan mereka harus masuk ke kantor tepat waktu. Budaya seperti itu mendorong karyawan untuk tepat waktu yang pada akhirnya menguntungkan mereka dalam jangka panjang. Ini adalah budaya organisasi yang membuat individu menjadi profesional yang sukses.

  • Setiap karyawan jelas dengan peran dan tanggung jawabnya dan berusaha keras untuk menyelesaikan tugas dalam kerangka waktu yang diinginkan sesuai pedoman yang ditetapkan. Implementasi kebijakan tidak pernah menjadi masalah dalam organisasi di mana orang mengikuti budaya yang ditetapkan. Karyawan baru juga berusaha sebaik mungkin untuk memahami budaya kerja dan menjadikan organisasi tempat yang lebih baik untuk bekerja.
  • Budaya kerja mendorong hubungan yang sehat di antara karyawan. Tidak ada yang memperlakukan pekerjaan sebagai beban dan membentuk dirinya sesuai dengan budaya.
  • Ini adalah budaya organisasi yang mengekstraksi yang terbaik dari setiap anggota tim. Dalam budaya di mana manajemen sangat khusus tentang sistem pelaporan, karyawan betapapun sibuknya mereka akan mengirimkan laporan mereka pada akhir hari. Tidak ada yang harus memaksa siapa pun untuk bekerja. Budaya mengembangkan kebiasaan pada individu yang membuat mereka sukses di tempat kerja.

***
Solo, Sabtu, 5 Juni 2021. 4:44 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko