Ngobrol-ngobrol Tentang Covid-19

Virus Corona memang tidak hanya menular lewat cairan bersin atau batuk. Tetapi, cairan bersin dan batuk yang keluar dari mulut dan hidung orang yang positif covid-19 akan melayang di udara.

Rabu, 8 Juli 2020 | 08:32 WIB
0
520
Ngobrol-ngobrol Tentang Covid-19
Sidharta Salim (Foto: konsula.com)

Subuh pagi tadi pak dokter Sidharta Salim kirimi saya sebuah berita berbahasa Inggris tentang pernyataan seorang pakar yang menyatakan covid-19 bisa menyebar lewat udara (Covid-19 likely airborne) dan menginfeksi orang.

Menurut dokter Sidharta Salim yang berpraktek di rumah sakit Mitra Keluarga Kemayoran sebagai dokter spesialis penyakit dalam, virus Corona memang tidak hanya menular lewat cairan bersin atau batuk. Tetapi, cairan bersin dan batuk yang keluar dari mulut dan hidung orang yang positif covid-19 akan melayang di udara dan bisa menginfeksi orang lain.

Sehingga, pakai masker saja tidak cukup. Menjaga jarak minimum satu meter pun tidak cukup. Bahkan tidak cukup pakai pelindung wajah (Face Shield) yang bisa melindungi mata, hidung dan mulut dari paparan virus.

"Face shield bisa menghindarkan infeksi lewat droplet, tapi tidak bisa mencegah infeksi lewat aerosol.
penderita covid bila batuk atau bersin tidak saja mengirim virus lewat droplet yang setelah sekian detik jatuh ke lantai, tapi juga virus dalam bentuk aerosol yang bisa melayang jauh dan lama dalam udara, maka penting untuk selalu memakai masker, juga diruang tertutup, apalagi WC." ujar dokter Sidharta menutup obrolan.

Demikian obrolan pagi ini bersama Sahabat dr. Sidharta Salim, Sp. PD.

Semoga bermanfaat.

#BadaiPastiBerlalu

***