Kepribadian [13] Peran Pengembangan Kepribadian dalam Mengurangi Stres dan Konflik

Pengembangan kepribadian tidak hanya mengembangkan dan meningkatkan diri lahiriah kita tetapi juga diri batin. Jangan mencoba membuat masalah yang tidak perlu.

Jumat, 6 Maret 2020 | 08:58 WIB
0
309
Kepribadian [13] Peran Pengembangan Kepribadian dalam Mengurangi Stres dan Konflik
ilustr: Tec de Monterrey

Proses meningkatkan kepribadian seseorang mengacu pada pengembangan kepribadian. Kepribadian yang mengesankan membantu seseorang untuk menandai dirinya sendiri dan juga berbeda dari orang banyak.

Pengembangan kepribadian memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan konflik tidak hanya di tempat kerja tetapi juga di rumah dan kehidupan pribadi kita. Pengembangan kepribadian mengajarkan seseorang untuk tersenyum bahkan pada saat krisis atau keadaan yang tidak diinginkan.

Memamerkan senyuman berharga kita tidak hanya membuat kita terlihat baik tetapi juga membuat kita populer di antara orang lain. Pernyataan negatif, jika disampaikan dengan senyum tidak ada salahnya. Individu yang menghabiskan sebagian besar hari berusaha keras untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi kadang-kadang bahkan lupa untuk tersenyum. Tidak ada organisasi yang membayar kita secara gratis. Setiap manajer mengharapkan anggota timnya untuk memberikan level terbaik mereka.

Orang-orang yang harus bekerja sangat keras untuk mendapatkan roti dan mentega sering berada di bawah tekanan. Mereka jarang menikmati hidup mereka dan akhirnya kehilangan minat pada apa pun yang mereka lakukan. Orang merespons stres secara berbeda. Sesi pengembangan kepribadian membantu individu mengatasi stres dengan cara yang matang. Jangan pernah mengadopsi sikap negatif dalam hidup. Percayalah, itu tidak akan membawamu ke mana-mana. Sama sekali tidak ada gunanya menangisi susu yang tumpah. Ingat "setelah setiap malam gelap datanglah pagi yang cerah."

Jangan pernah meributkan masalah-masalah kecil, lebih baik belajar untuk berjuang di masa sulit dengan keberanian dan senyum. Orang negatif selalu memiliki jawaban negatif untuk setiap pertanyaan. Cobalah untuk melihat sisi-sisi kehidupan yang lebih cerah. Pelatihan pengembangan kepribadian membantu kita melihat kehidupan dari perspektif yang lebih luas. Sikap positif sangat membantu dalam mengurangi stres dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik untuk hidup. Pengembangan kepribadian mempersiapkan seseorang bahkan untuk situasi terburuk dan membantunya menangani situasi buruk secara masuk akal. Setiap masalah punya solusinya. Kita hanya perlu cukup bersabar untuk menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Jangan pernah kehilangan ketenangan karena akan membuat kita dalam masalah yang lebih dalam di kemudian hari.

Jangan menyebarkan desas-desus yang tidak perlu tentang siapa pun, baik itu manajer kita, rekan kerja, atau siapa pun di dalam sistem. Konflik muncul ketika orang saling menikam dan menyebarkan cerita tak berdasar. Seseorang harus belajar untuk mengurus bisnisnya sendiri. Jangan banyak mengganggu kehidupan pribadi orang lain. Bagaimana perasaan kita jika orang lain terlalu tertarik pada kehidupan pribadi kita? Jelas seseorang akan merasa buruk dan jengkel. Hindari mengkritik orang lain. Pengembangan kepribadian memainkan peran penting dalam memperkuat hubungan antar individu. Bersikap sopan kepada semua orang. Hormati rekan kerja kita di tempat kerja. Kita tidak memiliki hak untuk melukai atau mengolok-olok individu terlepas dari pendapatannya, latar belakang keluarga, penunjukan atau level dalam hierarki. Siap membantu orang lain. Dengan cara ini orang-orang akan memuji kita bahkan saat kita tidak ada. Kita perlu menghormati orang lain untuk mendapatkan rasa hormat sebagai imbalan. Jadilah sedikit fleksibel dan berpikiran luas.

Konflik juga muncul ketika individu membawa ego dan dendam pribadi mereka untuk bekerja. Sama sekali tidak ada tempat untuk ego di tempat kerja. Kita tidak bisa bersikap kasar dengan anggota tim kita hanya karena kita bertengkar dengan pacar kita malam sebelumnya.

Belajar menjadi manusia yang baik. Pengembangan kepribadian tidak hanya mengembangkan dan meningkatkan diri lahiriah kita tetapi juga diri batin. Jangan mencoba membuat masalah yang tidak perlu. Kita harus sedikit menyesuaikan diri untuk mengurangi stres dan menghindari konflik.

***
Solo, Jumat, 6 Maret 2020. 8:42 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko