Kepemimpinan [24] Pentingnya Welas Asih dalam Kepemimpinan

Para pemimpin yang penuh kasih sayang berada dalam situasi yang adil dalam menghadapi krisis, mendorong pengikut untuk melakukan tindakan yang lebih baik.

Senin, 17 Juni 2019 | 17:48 WIB
0
286
Kepemimpinan [24] Pentingnya Welas Asih dalam Kepemimpinan
ilustr: Hearts in Healthcare

Telah diteliti bahwa banyak pemimpin menahan diri untuk tidak menunjukkan belas kasih di tempat kerja mereka. Ada beberapa alasan mengapa mereka melakukannya, pembahasannya beberapa di bawah ini:

  • Menunjukkan welas asih berarti persetujuan dengan bawahan. Banyak orang berpikir bahwa menjadi welas asih berarti bahwa kita setuju dengan apa pun yang telah dilakukan oleh bawahan. Ini yang tidak benar. Seseorang selalu bisa berbelas kasih dan secara bersamaan tidak membela kinerja bawahan. Seorang pemimpin yang efektif selalu dapat membuat pernyataan seperti “Saya pikir anda telah mendarat dalam situasi yang sangat sulit karena diri anda sendiri, masih saya rasakan untuk anda. Semoga berhasil."
  • Menjadi penyayang berarti kita tidak dapat meminta pertanggungjawaban orang. Ini adalah pemikiran yang salah. Kita bisa berbelas kasih dan secara bersamaan kita bisa meminta pertanggungjawaban orang lain karena tidak memenuhi harapan tinggi yang ditetapkan pada mereka. Seorang pemimpin yang efektif harus secara ambigu membuat sketsa harapan dari para pengikut dalam hal perilaku, kesimpulan dan efeknya. Penilaian berulang harus dilakukan. Harus dipastikan bahwa para pengikut memahami harapan yang ditetapkan pada mereka.
  • Menjadi pengasih berarti jatuh ke dalam perangkap ulat. Menjadi penuh kasih tidak berarti kita bertanggung jawab atas perasaan orang lain. Kadang-kadang kita hanya perlu mendengarkan secara efektif, menyampaikan kekhawatiran kita kepada orang-orang, dan mungkin membantu mereka dalam menemukan solusi untuk masalah non-kerja. Menjadi welas asih berarti kita tidak hanya mendukung organisasi kita dan pengikut kita tetapi kita juga membantu diri kita sendiri.
  • Kadang-kadang pemimpin menunjukkan belas kasih hanya kepada orang yang tepat dan tidak ada kesalahan. Ini juga tidak benar. Kasih sayang harus ditunjukkan kepada semua orang yang bekerja dengan kita, siap untuk bertindak secara efisien dan yang memandang ke arah kita untuk mendapatkan dukungan ketika mereka mendapat masalah. Sekalipun mereka terjebak dalam situasi yang buruk, seorang pemimpin yang efektif harus berusaha merespons dan menunjukkan belas kasih kepada mereka.
  • Menjadi welas asih dapat mendorong hubungan yang sehat serta dapat memastikan lingkungan kerja yang lebih empatik. Para pemimpin yang penuh kasih selalu menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhan mereka. Mereka menciptakan nada dengan pikiran dan perasaan orang lain. Tetapi masalahnya adalah selama proses pelepasan stres, para pemimpin sendiri masuk ke dalam stres sebagai akibat dari kepemimpinan yang tak terhindarkan. Tetapi para pemimpin yang efektif tahu bagaimana menangani tekanan yang diciptakan di tempat kerja. Faktanya adalah bahwa welas asih pertama-tama harus diciptakan dan ditemukan di dalam, hanya kemudian dapat ditunjukkan kepada orang lain.

Dengan demikian, pemimpin yang efektif harus berbelas kasih. Mereka harus memastikan komunikasi yang jelas dan transparan dengan karyawan dan klien. Mereka harus memberi contoh bagi orang lain. Mereka harus memastikan ekspresi emosi mereka secara tepat dan jujur.

Seorang pemimpin yang efektif dan penuh kasih harus mengingat efek dari kata-kata dan pernyataannya pada orang lain. Dia harus menghadapi emosinya dengan sangat efisien dan optimis. Dia harus meninggalkan kekakuan dan berusaha bersikap fleksibel.

Ini karena berbelas kasih mengarah pada kepositifan dalam organisasi. Ini juga mendorong hubungan yang sehat. Ini meningkatkan tingkat energi orang-orang di dalam organisasi dan memastikan fleksibilitas. Ini mengimbangi reaksi negatif dari pilih kasih dan bias.

Kesimpulannya, pemimpin yang penuh kasih adalah pemimpin yang efektif. Seorang pemimpin yang memiliki sifat welas asih akan selalu optimis. Dia cukup masuk akal, misalnya, dia akan sadar tentang perasaannya sendiri, tentang dampak kata-katanya pada para pengikut dan dia akan fokus pada kebutuhan dan perasaan orang lain. Dia akan sangat responsif dan akan menunjukkan empati kepada orang lain.

Para pemimpin yang penuh kasih sayang berada dalam situasi yang adil dalam menghadapi krisis, mendorong pengikut untuk melakukan tindakan yang lebih baik dan merupakan komunikator yang efektif dan efisien.

***
Solo, Senin, 17 Juni 2019. 5:19 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko