Kepemimpinan [84] Pelajaran untuk Pemimpin dari Kejatuhan Charles Ghosn dari Renault-Nissan

Saat ini telah melihat banyak kocokan dan kekacauan di dunia perusahaan dan karenanya, kasus Ghosn memiliki beberapa pelajaran bagi para pemimpin bisnis lainnya.

Selasa, 3 Desember 2019 | 20:13 WIB
0
358
Kepemimpinan [84] Pelajaran untuk Pemimpin  dari Kejatuhan Charles Ghosn dari Renault-Nissan
ilustr: CNBC.com

Kejatuhan Charles Ghosn dan Kejatuhan Mendadaknya dari Grace

Selama beberapa waktu yang lalu, media global tak henti-hentinya meliput kejatuhan dari keanggunan salah satu CEO (Chief Executive Officer) yang paling flamboyan dan karismatik di masa sekarang, Charles Ghosn dari Renault-Nissan-Mitsubishi, aliansi tiga arah pembuat mobil yang adalah salah satu konglomerat mobil terkemuka dunia.

Sementara penangkapan awal Ghosn atas tuduhan salah mengartikan pendapatan tahunannya dan menyembunyikan asetnya dari otoritas pajak tampaknya terlalu sepele tuduhan untuk menahannya, apalagi menangkapnya, petunjuk berikutnya tentang usulan penggabungan dua raksasa mobil yang diajukannya, Renault dan Nissan, serta oposisi yang keras terhadap langkah dari Jepang ini telah menimbulkan kekhawatiran apakah kejatuhan Ghosn hanyalah kudeta di ruang rapat yang terselubung.

Memang, fakta bahwa ia belum menyajikan sisi ceritanya mengingat penahanan 20 hari yang diamankan polisi di Jepang sangat berarti baginya yang pada satu titik menikmati status selebritas dan pujian dekat bintang rock di Jepang.

Sebagaimana dibahas dalam artikel ini, kejatuhan dari rahmat Charles Ghosn memiliki beberapa pelajaran penting bagi para pemimpin bisnis dan CEO lainnya di Era Global ini.

Bahaya Menjadi CEO Selebriti dan Pemimpin Flamboyan

Untuk mulai dengan, Ghosn tidak hanya selebaran tinggi, tetapi, juga seseorang yang tidak pernah menyembunyikan ketenarannya dan fasilitas yang menyertainya.

Memang, untuk semua tujuan praktis, ia mengenakan tudung selebriti di lengan bajunya, sehingga untuk berbicara, dan beberapa pakar media berspekulasi bahwa ini mungkin menjadi alasan untuk pemindahan direkayasa karena ia dilihat sebagai seseorang yang "too big for his shoes ”.

Ini adalah pelajaran penting untuk calon pemimpin dan calon pemimpin bisnis yang karismatik dan flamboyan dan salah satu yang perlu mereka ingat di masa sekarang.

Dengan kata lain, betapapun kepribadian anda dan yang lebih penting, kontribusi untuk perusahaan atau perusahaan anda, lebih baik mengadopsi profil rendah dari waktu ke waktu dan membiarkan orang lain yang berbicara.

Meskipun ini tidak berarti bahwa semua CEO tidak harus menonjolkan diri dan berada di latar belakang, itu berarti bahwa kadang-kadang lebih baik untuk menjauh dari pusat perhatian setidaknya untuk sementara waktu sehingga tidak ada terlalu banyak kecemburuan dan kebencian dari rekan-rekan dan bawahan anda seperti halnya dengan Ghosn, yang digantikan oleh orang nomor dua di organisasi.

Global Davos Men dan Reaksi dari Pemangku Kepentingan Lokal

Pelajaran penting berikutnya bagi CEO adalah bahwa dalam era global, para pemimpin bisnis harus menguasai seni menjadi global dan lokal pada saat yang sama.

Misalnya, Ghosn adalah Citizen Global yang mengangkang Barat dan Timur dengan flamboyan dan kemudahan yang sama meskipun dalam beberapa tahun terakhir, ia menjadi lebih global daripada lokal.

Di antara teori-teori yang melakukan putaran pada saat ini, salah satunya berpendapat bahwa ketika dia berhasil di Timur bertemu aliansi mobil Barat, upayanya untuk membawanya ke tingkat selanjutnya dengan penggabungan langsung antara Renault Prancis dan Nissan Jepang tidak tampak disukai oleh yang terakhir yang menafsirkan ini sebagai upaya untuk mendorong merger ke tenggorokan mereka.

Memang, Ghosn sering disebut sebagai studi kasus dalam kepemimpinan di sekolah bisnis tentang bagaimana CEO Global dapat mengelola tantangan budaya dari bekerja dengan beragam aspek spesifik regional dan negara.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh penahanannya, mungkin ia melebih-lebihkan homogenitas budaya perusahaan dan meremehkan serangan balik dari Jepang pada saat nasionalisme dan proteksionisme kembali lagi.

Dengan kata lain, kejatuhan Ghosn dapat dianggap sebagai tembakan pertama melawan Davos Man dari dalam tembok nasionalisme.

Peraturan Perpajakan dan Perlunya Pengetahuan Peraturan Negara Khusus

Berbicara tentang Ghosn menjadi Manusia Davos Klasik, perlu dicatat bahwa moniker ini sering digunakan untuk menggambarkan Global Jet Set yang berkumpul di Davos setiap tahun untuk Forum Ekonomi Dunia dan yang dikenal sebagai Warga Global, terlepas dari apa kebangsaan mereka. .

Terlepas dari ini, CEO lainnya juga dapat diperingatkan tentang tidak terlalu bergantung pada apa yang disebut auditor independen dan eksternal untuk menandatangani laporan keuangan organisasi dan pengembalian pajak manajemen puncak.

Sebagai gantinya, mereka harus melakukan uji tuntas mereka terkait dengan hukum dan aturan masing-masing negara tempat perusahaan mereka beroperasi sehingga mereka tidak melanggar peraturan perpajakan yang sangat spesifik di sana.

Dengan kata lain, Ghosn, yang dituduh melakukan kejahatan keuangan, dapat menjadi peringatan bagi CEO lain untuk melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tentang cara mematuhi hukum di masing-masing negara. Memang, bukan lagi kasus bahwa kerumunan Davos tidak dapat berbuat salah dan dengan kebangkitan Trump dan populis lainnya, pisau baik dan benar-benar keluar untuk mereka.

Wawasan Penutup

Terakhir, Charles Ghosn tidak pernah menghindar dari menyoroti dan beberapa orang akan mengatakan, mengiklankan keberhasilannya dalam menjalin aliansi tiga arah.

Hal ini mungkin menyebabkan beberapa kekhawatiran serius di antara beberapa pemangku kepentingan yang akan membatu tentang apa yang akan terjadi pada posisi mereka di masa depan.

Dengan demikian, CEO lainnya mungkin belajar bermain selebritis dan "the soil game" sekaligus sehingga mereka tidak berakhir seperti Ghosn.

Untuk menyimpulkan, saat ini telah melihat banyak kocokan dan kekacauan di dunia perusahaan dan karenanya, kasus Ghosn memiliki beberapa pelajaran bagi para pemimpin bisnis lainnya.

***
Solo, Selasa, 3 Desember 2019. 7:58 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko