Berdayakan Tetumbuhan untuk Obat

Jokowi jangan cuma membangun infrastruktur. Tetapi, juga harus membangun kesehatan masyarakat. Apabila manusia Indonesia sehat, negara pun kuat!

Jumat, 10 Juli 2020 | 07:34 WIB
0
188
Berdayakan Tetumbuhan untuk Obat
Foto dokumentasi Prof. Wimpie Pangkahila

Prof.Dr. dr. Wimpie Pangkahila, guru besar Fakultas Kedokteran Udaya Bali dan pakar anti-aging, menyebutkan bahwa selama pandemik covid-19 ini beliau telah membimbing banyak mahasiswa pasca sarjana yang sebagian disertasinya meneliti tentang ada banyak tanaman yang bagus untuk kesehatan.

Namun, tanaman-tanaman itu baru diteliti dan diuji pada hewan. Belum teruji manfaatnya untuk manusia. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Harus ada uji klinik untuk manusia terlebih dahulu sebelum boleh diproduksi untuk digunakan oleh manusia.

Ini artinya banyak tumbuhan yg bagus untuk kesehatan yang telah diuji pada hewan. Tetapi, belum terbukti manfaatnya pada manusia. Masih butuh uji klinik pada manusia.

Jika begitu, saya kira pemerintah perlu bentuk satu badan yang khusus menyelidiki tetumbuhan yg ada di negeri ini. Dan diuji. Jika memang terbukti secara ilmiah bermanfaat buat obat atau kesehatan, maka negeri ini bisa memproduksi banyak herbal yang berkualitas yang mampu menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan.

Bukankah negeri ini kaya akan tanaman? Mengapa tidak diberdayakan? Kelak kita bisa mengekspor. Jangan melulu mengimpor. Bukankah selama ini kita banyak mengimpor obat-obatan herbal dari Cina?

Mari kita sebagai bangsa belajar menjadi kreatif, ulet, dan tidak malas. Serta harus berpikir seluas samudera.

Negeri ini memiliki alam yang kaya akan tetanaman. Negeri ini pun memiliki pakar-pakar keilmuan yang mumpuni.

Kenapa tidak diberdayakan dan didayagunakan dan dimanfaatkan?

Jokowi jangan cuma membangun infrastruktur. Tetapi, juga harus membangun kesehatan masyarakat.
Apabila manusia Indonesia sehat, negara pun kuat!

***