Mutasi Varian Epsilon Berkontribusi pada Penghindaran Kekebalan COVID

Ilmuwan percaya bahwa mengungkap mekanisme penghindaran kekebalan, seperti mekanisme yang baru ditemukan ini berdasarkan modifikasi peptida sinyal, sama pentingnya dengan pengawasan varian melalui pengurutan RNA.

Sabtu, 17 Juli 2021 | 12:32 WIB
0
112
Mutasi Varian Epsilon Berkontribusi pada Penghindaran Kekebalan COVID
illustr: The Week

Tiga mutasi pada protein lonjakan virus corona Epsilon meredam potensi penetralan antibodi yang diinduksi oleh vaksin saat ini atau infeksi COVID di masa lalu.

Mutasi memberikan varian coronavirus yang menjadi perhatian sarana untuk benar-benar menghindari antibodi monoklonal spesifik yang digunakan di klinik dan mengurangi efektivitas antibodi dari plasma orang yang divaksinasi.

Untuk lebih memahami strategi pelarian kekebalan yang tepat yang bekerja di sini, para ilmuwan memvisualisasikan mesin infeksi varian ini untuk melihat apa yang berbeda dari konfigurasi asli virus corona pandemi, dan apa implikasi dari perubahan ini.

Proyek internasional ini dipimpin oleh lab David Veesler di Departemen Biokimia di Universitas Washington di Seattle dan oleh Luca Piccoli dan Davide Corti dari Vir Biotechnology.

Selama beberapa tahun, laboratorium Veesler dan kolaboratornya telah mengeksplorasi konformasi molekuler dan mekanisme infeksi virus corona mirip SARS. Mereka juga memeriksa bagaimana antibodi berusaha memblokir mekanisme infeksi, dan bagaimana varian muncul dengan penghindaran baru.

Data terbaru mereka menunjukkan bahwa varian Epsilon "bergantung pada strategi pelarian netralisasi tidak langsung dan tidak biasa," menurut para peneliti.

Temuan mereka diterbitkan sebagai makalah Rilis Pertama di Science.

Analisis jam molekuler menghitung waktu kemunculan pendahulu varian Epsilon hingga Mei 2020 di California. Pada musim panas 2020, ia telah menyimpang ke dalam garis keturunan B.1.427/B.1.429. Kasus COVID dari variannya meningkat dengan cepat, dan variannya segera menyebar luas di Amerika Serikat. Sekarang telah dilaporkan di setidaknya 34 negara lain.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang karakteristik varian Epsilon, para peneliti menguji ketahanan plasma varian Epsilon dari orang yang terpapar virus, serta orang yang divaksinasi. Potensi penetralan plasma terhadap varian Epsilon yang menjadi perhatian berkurang sekitar 2 hingga 3,5 kali lipat.

Seperti SARS-CoV-2 asli, varian ini menginfeksi sel target melalui glikoprotein lonjakannya - struktur yang memahkotai permukaan virus. Para peneliti menemukan bahwa mutasi Epsilon bertanggung jawab untuk penataan ulang di area kritis dari glikoprotein lonjakan; studi kriomikroskopi elektron menunjukkan perubahan struktural di area ini.

Memvisualisasikan mutasi ini membantu menjelaskan mengapa antibodi mengalami kesulitan mengikat spike glikoprotein.

Salah satu dari tiga mutasi pada varian Epsilon memengaruhi domain pengikatan reseptor pada glikoprotein spike. Mutasi ini mengurangi aktivitas penetralan 14 dari 34 antibodi penetral yang spesifik untuk domain tersebut, termasuk antibodi stadium klinis.

Dua lainnya dari tiga mutasi dalam varian memengaruhi domain N-terminal pada glikoprotein lonjakan. Para peneliti menggunakan spektrometri massa dan analisis struktural untuk menemukan bahwa bagian dari domain terminal-N virus corona dirombak oleh mutasi ini.

Situs pembelahan peptida sinyal digeser di supersite antigenik NTD, dan ikatan disulfida baru terbentuk. Hal ini mengakibatkan hilangnya netralisasi total oleh 10 dari 10 antibodi yang diuji khusus untuk domain terminal-N dalam glikoprotein lonjakan.

Ilmuwan percaya bahwa mengungkap mekanisme penghindaran kekebalan, seperti mekanisme yang baru ditemukan ini berdasarkan modifikasi peptida sinyal, sama pentingnya dengan pengawasan varian melalui pengurutan RNA. Bersama-sama, mereka mencatat, upaya semacam itu dapat membantu berhasil melawan pandemi yang sedang berlangsung.

(Materials provided by University of Washington School of Medicine/UW Medicine)

***
Solo, Sabtu, 17 Juli 2021. 12:02 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko