Psikologi [11] Sekolah Psikologi Gestalt

Teori Gestalt juga tidak lepas dari berbagai kritik. Teori ini telah dikritik karena terlalu individualistis, yang dapat mendorong perilaku egois pada individu.

Kamis, 15 Agustus 2019 | 19:06 WIB
0
1436
Psikologi [11] Sekolah Psikologi Gestalt
ilustr: Verywell Mind

Sekolah pemikiran Gestalt memandang perilaku dan pikiran manusia sebagai keseluruhan yang lengkap. Istilah Gestalt berarti totalitas, Struktur, Gambar atau Persatuan. Sekolah pemikiran Gestalt mulai didirikan pada awal abad ke-20 di Jerman dalam karya terkenal "The Attributes of Form" oleh filsuf Australia Christian von Ehrenfels.

Psikologi Gestalt didasarkan pada prinsip bahwa "Keseluruhan berbeda dari jumlah bagian-bagiannya". Studi ini memiliki kontribusi besar dalam menjelaskan proses persepsi dan sensasi yang kompleks, dengan penekanan besar pada fakta bahwa pikiran manusia memahami objek atau memahami dunia di sekitarnya dengan melihat segala sesuatu secara totalitas atau dari perspektif holistik.

Sejarah Psikologi Gestalt

Psikologi Gestalt berasal dari karya-karya Max Wertheimer yang merupakan respons terhadap pendekatan strukturalisme yang dikemukakan oleh Wilhelm Wundt. Para psikolog gestalt menganalisis pola perilaku dan pikiran dalam totalitas. Wundt, di sisi lain, mempertimbangkan parameter psikologis di beberapa bagian. Mari kita menganalisis kontribusi utama para psikolog Gestalt ini secara satu per satu:

Max Wertheimer: Dia adalah salah satu dari tiga anggota pendiri sekolah pemikiran Gestalt dan terkenal dengan konsep fenomena phi-nya, yang melibatkan pengamatan gambar diam dalam suksesi cepat yang menciptakan ilusi tentang gerakan.

Kurt Koffka: Sebagai salah satu anggota pendiri utama psikologi Gestalt, ia meneliti berbagai topik yang berkaitan dengan bidang psikologi dengan fokus pada persepsi, ketidakmampuan belajar dan pendengaran.

Wolfgang Kohler: Sebagai salah satu anggota pendiri sekolah pemikiran Gestalt, dialah yang menjelaskan teori Gestalt secara singkat dengan menggambarkan bahwa "Keseluruhan berbeda dari jumlah bagian-bagiannya". Dia dikenal karena penelitiannya tentang pemecahan masalah.

Karakteristik Teori Gestalt

  1. Pendekatan Holistik: Untuk menganalisis kesehatan mental, psikolog Gestalt mengadopsi pendekatan holistik, alih-alih menganalisis berbagai dimensi secara terpisah.
  2. Mempersepsi realitas dan menyusun informasi berdasarkan pengalaman masa lalu: Kami mempersepsikan realitas secara berbeda dan mempersepsikan informasi secara berbeda dengan berada di bawah pengaruh pengalaman kami sebelumnya. Kita dapat menyesuaikan proses atau persepsi mental kita saat dan ketika situasi baru muncul.
  3. Menentang aliran pemikiran yang paling umum: psikolog Gestalt menentang aliran behaviourisme dan teori psikoanalitik yang dominan saat itu. Behaviourisme dipandang cukup terfokus dengan memberikan penekanan yang tidak semestinya pada stimulus dan tanggapan. Menurut mereka, mazhab perilaku berpikir mengabaikan pentingnya proses mental atau kecerdasan manusia. Mereka sama-sama mengkritik teori psikoanalitik karena terlalu pasif dan memberikan arti yang tidak semestinya pada keadaan pikiran bawah sadar untuk mempengaruhi perilaku manusia.
  4. Fokus pada persepsi: Fokus utama psikolog Gestalt adalah pada menjelaskan hukum persepsi. Menurut mereka, dengan bantuan persepsi kita dapat memperoleh pengetahuan duniawi, belajar berinteraksi dan membangun koneksi dengan orang lain.

Hukum Gestalt dari Organisasi Perseptual

Para psikolog Gestalt telah berusaha menjelaskan berbagai hukum persepsi seperti hukum Pragnanz, Kesamaan, Kedekatan, Penutupan, dan Kontinuitas. Keyakinan mereka bahwa keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian telah menghasilkan penemuan berbagai proses atau fenomena yang terjadi selama persepsi.

  1. Hukum Kesamaan menekankan pada fakta bahwa benda-benda yang tampak serupa biasanya dikelompokkan bersama dan dipersepsikan secara holistik. Pengelompokan ini dapat dilakukan pada rangsangan pendengaran dan visual.
  2. Hukum Kedekatan menekankan pada fakta bahwa benda-benda yang mempertahankan kedekatan fisik atau berdekatan satu sama lain biasanya dianggap sebagai anggota kelompok yang sama.
  3. Hukum Pragnanz mengatakan bahwa kita cenderung mempersepsikan objek-objek dalam bentuk yang sesederhana mungkin ketika otak kita merespon dengan baik terhadap harmoni, bukannya perbedaan atau kompleksitas.
  4. Hukum Penutupan menyoroti bahwa kita cenderung menutup kontur terbuka untuk memberikan makna pada interpretasi kita dalam bentuk holistik. Pikiran kita cenderung mengisi informasi yang hilang untuk menciptakan bentuk yang bermakna atau memahami lingkungan.
  5. Hukum Kesinambungan dalam Psikologi mengacu pada kecenderungan pikiran manusia untuk melihat benda-benda yang mempertahankan keseragaman yang seragam atau terlibat dalam garis lurus atau lengkung untuk membentuk jalur yang mulus.

Psikologi Gestalt sama menekankan pada fakta bahwa persepsi tidak semua tentang bagaimana kita menafsirkan peristiwa duniawi dengan melihat kenyataan, tetapi apa yang sebenarnya kita rasakan berada di bawah pengaruh harapan dan motivasi kita.

Aplikasi Teori Gestalt

  1. Penelitian proses psikologis kunci seperti persepsi dan perhatian: Pemikir Gestalt memiliki kontribusi luar biasa dalam menjelaskan proses psikologis mendasar seperti persepsi dan perhatian. Temuan mereka telah meletakkan dasar itu untuk penelitian lebih lanjut dan penemuan di bidang ini untuk pemikir lain. Misalnya, pekerjaan penelitian dan kemajuan yang dibuat dalam bidang ini, telah membantu para peneliti dan orang-orang dari berbagai disiplin ilmu dalam melaksanakan berbagai program secara lebih efisien dan menangani berbagai masalah persepsi dengan bantuan terapi.
  2. Penyelesaian Masalah: Psikolog Gestalt bersikeras pada pemikiran yang produktif untuk mencapai wawasan yang lebih baru atau mencapai momen eureka. Berpikir produktif menurut Wertheimer berarti menggunakan wawasan kreatif atau mengatur kembali masalah secara kreatif untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut. Pemikiran reproduksi di sisi lain, bergantung pada pendekatan mekanis dalam menerapkan pengetahuan yang diperoleh sebelumnya di saat ini untuk mengatasi masalah. Pemikiran produktif adalah pendekatan proaktif dan pemikiran reproduksi dianggap reaktif atau mekanis.
  3. Penerapan Psikologi Gestalt dalam Pendidikan: Psikolog Gestalt memandang siswa lebih dari sekadar entitas pencatat data dan menekankan pada fakta bahwa mereka harus belajar untuk menemukan solusi kreatif sendiri untuk menghadapi berbagai kesulitan. Secara praktis, pendekatan Gestalt dapat diintegrasikan dalam bidang pendidikan untuk wawasan dan solusi penelitian yang lebih dalam.
  4. Teori Komunikasi dan Gestalt: Pendekatan Gestalt dapat bermanfaat bagi mereka yang terlibat dalam bidang komunikasi kreatif seperti seniman, pembicara, humas, desainer, dll. Dengan menerapkan hukum perseptual, mereka dapat menarik perhatian audiens dan mampu untuk mengkomunikasikan pesan yang diinginkan secara efektif dengan menarik indera atau persepsi audiens utama.

Kekuatan dan Keterbatasan Pendekatan Gestalt

Salah satu kekuatan terbesar dari pendekatan ini adalah penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan kesederhanaan gagasannya. Teori ini memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana kita menafsirkan dan memahami realitas atau memahami dunia di sekitar kita dalam terang persepsi.

Selain itu, saran mereka tentang pemecahan masalah kreatif dan pemikiran produktif dan masukan yang dibagikan oleh mereka dalam terapi Gestalt yang berkaitan dengan mempromosikan pertumbuhan pribadi adalah penambahan nilai yang benar.

Namun, teori Gestalt juga tidak lepas dari berbagai kritik. Teori ini telah dikritik karena terlalu individualistis, yang dapat mendorong perilaku egois pada individu. Mereka memberi lebih penting untuk memahami diri sendiri terlebih dahulu sebelum memahami orang lain. Kedua, beberapa kritikus menganggap hukum organisasi perseptual sebagai tidak ilmiah, ambigu dan samar-samar tidak memiliki relevansi praktis.

***
Solo, Kamis, 15 Agustus 2019. 6:50 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea