Air Mata Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri Yang Berbahaya Bagi Tubuh

Senin, 18 April 2022 | 15:09 WIB
0
31
Air Mata Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri Yang Berbahaya Bagi Tubuh
Wisuda Program Studi Spesialis di BSD Tangerang Jakarta

Solo – Menangis merupakan cara alami manusia untuk mengurangi perasaan sedih dan frustasi yang tidak bisa tersalurkan sehingga memilih untuk mengeluarkan air mata yang keluar dari mata. Menangis merupakan reaksi fisiologis pada manusia yang mempunyai manfaat melindungi mata serta menjaga cairan mata supaya tetap lembab dan tidak kering. Kekurangan cairan pada mata bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti iritasi serta mekanisme pertahanan imun pada mata yang rendah sehingga mudah terjangkit penyakit mata.

Menangis tidak selalu menunjukkan kita menjadi cengeng, lemah dan tidak kuat. Ternyata menangis ketika mengeluarkan air mata banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Menurut penelitian dari Penn Medicine manfaat dari menangis antara lain : Memperbaiki suasana hati, menjaga dan melindungi fungsi mata, membantu membersihkan hidung dan memperkuat hubungan dengan orang lain.

Berdasarkan penelitian dari California Amerika Serikat menemukan bahwa ternyata protein yang teradapat dalam kandungan air mata bisa membunuh bakteri kuman yang berbahaya. Dalam kandungan air mata terkandung zat yang bernama “Lysosymes” yang sangat efektif dalam membunuh bakteri yang berbahaya sekalipun. Fungsi Lysosymes berperan dalam melahap habis dengan memakan habis dinding bakteri yang mencoba menginfeksi pada mata manusia.

Lysoymes sendiri merupakan protein antiseptik yang berfungsi melindungi mata dari bakteri berbahaya dari luar yang mencoba masuk ke pertahanan tubuh mata manusia. Ketika manusia menahan menangis mempunyai efek yang tidak baik bagi tubuh manusia. Efek yang bisa terjadi ketika seseorang menangan menangis akan menyebabkan sistem saraf simpatik mempercepat detak dan kontraksi jantung. Hal ini akan membuat pada pembuluh darah manusia akan besar serta melebar sehingga akan meningkatkan jumlah darah yang dipompakan ke seluruh perederan darah manusia sehingga akan menyebabkan tubuh menjadi tidak rileks serta terjadi peningkatan hormon kortisol. Peningkatan hormon kortisol sendiri secara tidak wajar akan menyebabkan stres dan peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa menangis yang normal sangat bagus untuk pertahanan imune tubuh manusia dikarenakan menangis bisa merangsang memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih baik dan mengurangi nyeri yang timbul pada tubuh dan menurunkan stres. *Red