Manfaat Daun kelor Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi

Daun Kelor memiliki kandungan yang bernama quercetin yang beperan dalam menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi.

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:11 WIB
0
106
Manfaat Daun kelor Efektif Menurunkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi
Dosen Spesialis Medikal Bedah

Daun kelor semenjak dahulu sudah menjadi tradisi nenek moyang untuk pengobatan. Salah satunya adalah untuk pengobatan segala penyakit dari Diabetes, jantung, kolesterol dll.

Seiring berjalannya zaman ternyata hal tersebut sesuai dengan penelitian yang telah dilakukan peneliti zaman sekarang. Manfaat daun kelor ternyata sangat luar biasa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Selama ini daun kelor diidentikan dengan masalah ghaib dan mistis. Tapi kenyataannya Daun kelor memiliki fakta ilmiah yang baik untuk kesehatan. Manfata daun Kelor antara lain: Merawat rambut dan kulit, menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan manfaat terbaru yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi Daun kelor adalah bisa menurunkan Tekanan Darah.

Menurut Penelitian dari Destini tahun 2021 dengan judul “Rebusan Daun kelor berpengaruh terhadap Tekanan darah pada Penderita Hipertensi” menunjukkan bahwa dari Penelitian sampel sebanyak 25 orang penderita Hipertensi pada bulan Januari 2021 didapatkan hasil penelitian dengan Uji Wilcoxon dengan nilai p = 0,000 < 0,05  artinya  bahwa ada  pengaruh  rebusan  daun  kelor  terhadap  penurunan  tekanan  darah setelah dilakukan intervensi Pemberian Rebusan Daun Kelor pada penderita Hipertensi.

Daun Kelor memiliki kandungan yang bernama quercetin yang beperan dalam menurunkan tekanan darah pada penderita Hipertensi. Di dalam daun kelor juga banyak mengandung kalium dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi penderita Hipertensi.

Selain itu manfaat Daun Kelor juga bagus dikonsumsi untuk orang Sehat karena bisa tetap mengontrol tekanan darah supaya tidak terjadi peningkatan tekanan darah yang berlebih. Hal ini tentunya dikonsumsi sesuai dosis yang sudah ditetapkan.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa Manfaat Daun Kelor sangat bagus untuk kesehatan. Hanya saja untuk cara mengkonsumsinya harus sesuai dosis dan tidak boleh berlebihan. Dikarenakan apabila mengkonsumsi Daun kelor secara berlebihan akan menimbulkan efek samping bagi tubuh itu sendiri. Salah satunya bagi penderita Diabetes yang juga menerima terapi Insulin apabila dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya Hipoglikemia.

Sedangkan pada penderita Hipertensi apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat kimia farmakologis ACE inhibitor bisa menyebabkan penurunan tekanan darah yang drastis dan terjadi Hipotensi. Untuk itu pentingnya juga berkonsultasi dengan Dokter, Ucap Prima Trisna Aji kepada wartawan media Online.