Tanda-Tanda Bahwa Anak Anda Mungkin Membutuhkan Terapis

Anak Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi tantangan perkembangan normal atau sedang menghadapi sesuatu yang lebih serius, mencari bantuan dapat membuat hidup Anda lebih mudah.

Selasa, 16 November 2021 | 10:29 WIB
0
72
Tanda-Tanda Bahwa Anak Anda Mungkin Membutuhkan Terapis
ilustr: Claveland Clinic

Mempelajari Strategi Baru Menghadapi Tantangan Tumbuh Dewasa

Semua anak memiliki emosi yang naik turun: Periode kemurungan, masalah dengan teman, penurunan prestasi akademik. Tetapi selama pandemi coronavirus, perasaan isolasi karantina, belum lagi pembelajaran jarak jauh versus tatap muka yang terus berubah mungkin membuat anak Anda semakin berjuang dengan emosi yang sulit.

Bagaimana Anda tahu jika anak Anda sedang berjuang dengan sesuatu yang lebih serius? Dan kapan Anda harus mencari bantuan profesional?

Psikolog anak Kristen Eastman, PsyD mempertimbangkan kapan saatnya bagi anak Anda untuk menemui terapis.

Beberapa Perjuangan Itu Normal

Dr Eastman mengatakan ketika anak-anak berkembang, beberapa perjuangan diharapkan.

"Beberapa kemurungan, kecemasan, kesulitan sosial dan sekolah diharapkan saat anak-anak tumbuh dewasa," kata Eastman. "Saya menyebutnya gundukan di jalan." Dia mengatakan penting untuk diingat bahwa benjolan ini biasanya bersifat sementara dan dapat memberikan peluang bagi anak Anda untuk membangun keterampilan baru untuk ditambahkan ke kotak peralatan mereka.

“Pandemi adalah salah satu rintangan di jalan – meskipun sangat besar – tetapi dapat dan akan diatasi,” kata Dr. Eastman.

Momen yang Bisa Diajarkan: Membangun Ketahanan Selama Pandemi

Dr. Eastman mengatakan walaupun pandemi telah memberikan tantangan bagi banyak anak dan keluarga, bagaimana kita menanggapi tantangan ini lebih penting daripada masalah itu sendiri.

Dia mengatakan sekarang adalah waktu bagi orang tua untuk mendengarkan dan memvalidasi pengalaman anak mereka. “Dalam kebanyakan kasus, jika Anda menawarkan dukungan, kepekaan, dan kesabaran, anak Anda dapat mengetahuinya.”

Dr Eastman mengatakan validasi adalah kunci apakah itu selama pandemi atau tidak. “Anda akan terkejut seberapa jauh memvalidasi pengalaman anak Anda dapat membantu mereka merasa didengarkan,” katanya. “Kemudian mereka lebih menerima untuk berbicara tentang bagaimana melewatinya.”

Tetapi selama pandemi, ketidakpastian bisa menjadi banyak bagi beberapa keluarga.

“Dampak dari perubahan yang sering terjadi seperti beralih dari karantina ke pembelajaran jarak jauh, kemudian pembelajaran langsung, dan bolak-balik di antara mereka semua menghasilkan variabel yang tidak dapat diprediksi di luar kendali kita, yang sulit bagi banyak keluarga.” Dia mengatakan batasan yang terkait dengan jarak sosial bisa jadi sulit bagi anak-anak juga.

“Banyak anak merasa cukup terisolasi, dan membutuhkan usaha ekstra dan kreativitas untuk tetap terhubung,” katanya. “Banyak anak mengalami kecemasan selama masa-masa ini dan, dalam beberapa kasus, depresi sebagai akibat dari semua ini.”

Dr Eastman mengatakan hal-hal bisa sangat sulit bagi anak-anak yang mengalami transisi yang signifikan selama waktu ini, seperti mulai sekolah untuk pertama kalinya atau lulus sekolah tanpa penyesuaian atau penutupan yang tepat untuk tonggak ini.

Wajar jika orang tua ingin segera terjun dan mencoba memecahkan masalah, tetapi anak-anak hanya perlu tahu bahwa mereka didengar dan dipahami. Dia menyarankan menggunakan frasa yang memvalidasi seperti, "Aku melihat ini sangat sulit bagimu," atau "Aku perhatikan kamu telah berjuang akhir-akhir ini."

Tetapi Dr. Eastman memperingatkan untuk memperhatikan bagaimana Anda mendekati anak-anak Anda selama waktu ini juga. “Terkadang kecemasan orang tua sendiri tentang COVID-19 dapat meningkatkan kecemasan anak mereka.”

Sisi Positifnya

Terlepas dari hal negatif tentang pandemi, Dr. Eastman suka fokus pada beberapa hal positif. Dia mengatakan ada peluang tak terduga untuk pertumbuhan dan kreativitas selama ini.

“Anak-anak yang sebelumnya terlalu malu untuk melakukan panggilan telepon sekarang terampil melakukan panggilan Zoom dan FaceTime. Ini sulit pada awalnya, tetapi melalui latihan dan eksposur yang berkelanjutan, keterampilan baru telah dibangun yang akan bertahan seumur hidup, ” dia menawarkan.

Positif lain yang datang dari periode waktu ini dia mencatat adalah keluarga telah dipaksa untuk memperlambat kehidupan mereka yang sibuk. “Pandemi telah memungkinkan keluarga untuk menemukan kembali waktu mereka bersama, seringkali menghasilkan peningkatan waktu berkualitas, hobi baru, dan penghargaan yang tulus untuk kehidupan yang lebih sederhana,” katanya.

Dr. Eastman juga mencatat kreativitas baru yang berasal dari periode ini sebagai hal yang positif.

“Anak-anak dan keluarga harus kreatif agar tetap sibuk dan tetap terhubung,” katanya. “Hal-hal seperti yoga Zoom, malam permainan keluarga virtual, dan kencan bermain virtual membutuhkan pemikiran di luar kebiasaan untuk tetap terlibat dengan orang-orang dan aktivitas yang penting,” katanya. “Pengalaman ini membangun ketahanan yang akan membantu anak Anda dengan baik ketika menghadapi tantangan lain di masa depan.”

Kapan Harus Mencari Bantuan?

Terkadang, apa yang tampak seperti kesulitan masa kanak-kanak yang normal terkadang bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih serius. Dan dengan virus corona menggagalkan banyak kegiatan normal sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler, kesulitan penyesuaian mungkin lebih umum terjadi pada anak-anak.

Dr. Eastman mengatakan Anda harus khawatir jika anak Anda:

  • Memiliki masalah dalam berbagai bidang kehidupan, seperti hubungan keluarga, prestasi akademik, kegiatan rekreasi dan persahabatan.
  • Membuat komentar seperti “Aku berharap aku tidak ada di sini,” atau “Tidak ada yang akan peduli jika aku melarikan diri.”
  • Memiliki perilaku yang berulang dan merusak diri sendiri seperti menjambak rambut atau menguliti.
  • Mulai merasa buruk tentang diri mereka sendiri, kurang percaya diri atau kurang efektif.
  • Menarik diri dari keluarga, teman, atau aktivitas yang biasa mereka nikmati.
  • Memiliki perubahan yang signifikan dalam kebiasaan tidur atau nafsu makan.
  • Menunjukkan kekhawatiran yang berlebihan tentang masa depan.
  • Terlibat dalam perilaku negatif lebih sering.
  • Membicarakan atau terlibat dalam segala jenis tindakan menyakiti diri sendiri.
  • Berbicara secara eksplisit tentang bunuh diri.
  • Mengungkapkan keputusasaan.

Dr Eastman juga merekomendasikan agar orang tua memercayai naluri mereka. “Anda yang paling mengenal anak Anda. Jika ada sesuatu yang terasa tidak benar, percayalah pada insting itu. Lebih baik pergi dan memeriksa sesuatu jika Anda tidak yakin. ”

Bagaimana Cara Menjangkaunya?

Jangan takut untuk membicarakan topik tersebut dengan anak Anda, kata Dr. Eastman.

“Seringkali jika Anda hanya mengatakan kepada anak Anda, 'Apakah ini terasa seperti sesuatu yang perlu kita bantu?', mereka akan berkata, 'Ya, benar,'” catatnya.

Orang tua sering terkejut dengan keinginan anak-anak mereka untuk mendapatkan bantuan ekstra. Bantuan itu sedekat dokter anak Anda, atau dukungan virtual dapat menjadi pilihan yang tersedia saat ini membuat akses lebih mudah bagi keluarga.

“Dokter anak seringkali sangat baik dalam membantu orang tua membedakan apa yang normal dan tidak, dan dapat memberikan kepastian,” kata Dr. Eastman. Jika perlu, dokter anak Anda dapat merujuk Anda ke konselor yang cocok untuk anak Anda dan merekomendasikan sumber lain.

Orang tua terkadang berasumsi bahwa perawatan kesehatan mental berarti pengobatan atau rawat inap untuk anak mereka. “Tetapi bahkan ketika masalahnya tidak parah, beberapa dukungan ekstra dapat membantu anak Anda dan bahkan Anda sebagai orang tua mempelajari keterampilan mengatasi yang baru dan strategi yang berbeda untuk menangani masalah,” kata Dr. Eastman. “Kita perlu menghilangkan stigma terhadap gagasan perawatan kesehatan mental.”

Apakah anak Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi tantangan perkembangan normal atau sedang menghadapi sesuatu yang lebih serius, mencari bantuan dapat membuat hidup Anda lebih mudah dan lebih bahagia.

(Materials provided by health.clevelandclinic.org)

***
Solo, Selasa, 16 November 2021. 9:55 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko