Di dalam Pikiran Orang Sukses

Hubungan, terapeutik atau sehari-hari, bergantung pada gerakan; ketika satu orang bergerak, orang lain juga bergerak.

Jumat, 18 Juni 2021 | 19:22 WIB
0
101
Di dalam Pikiran Orang Sukses
illustr: Shutterstock

Bagaimana jika Anda bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang salah?

Mengajukan pertanyaan yang tepat adalah inti dari psikoterapi.

Tidak peduli aliran pemikiran apa yang menginformasikan perawatannya: Dokter seharusnya mengajukan pertanyaan yang baik dan sulit, dan mendorong orang yang mereka coba bantu untuk melakukannya juga. Di luar pengaturan klinis, pertanyaan yang tepat adalah dasar dari apa yang membuat segala sesuatunya bekerja.

Mengajukan pertanyaan yang tepat, pada waktu yang tepat, mengurangi stres, dan memungkinkan kita untuk fokus pada apa yang penting dalam hidup kita. Ini adalah bagian dari penangkal pemikiran berlebihan, yang muncul karena pengulangan, baik dalam pertanyaan atau perilaku, adalah bagian dari penyangkalan dan penghindaran yang kita semua lakukan. Mengajukan pertanyaan yang tepat menembus tembok yang kita bangun.

Sampai Anda mengembangkan kesadaran diri yang mendekati, menambah, dan menggantikan cara orang lain melihat Anda, Anda akan ditentukan oleh cara orang lain melihat Anda.

Dari kesadaran diri muncul kemampuan untuk menyadari orang lain; ini bukan hanya tentang orang-orang luar biasa, yang disebut outlier, tetapi juga tentang orang-orang sukses yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan, bekerja lebih keras dan lebih fokus daripada yang lain, bangga dengan pekerjaan mereka, dan peduli dengan orang-orang yang bekerja dengan mereka. Orang-orang ini bertanya pada diri sendiri pertanyaan bagus untuk melewati hari. Apa saja pertanyaan-pertanyaan itu?

Tujuannya kemudian adalah narasi diri. Apa ceritamu sejauh ini? Apa yang ada di depan? Apa yang terjadi selanjutnya didasarkan pada apa yang telah terjadi sejauh ini.

Apa pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan pada diri sendiri untuk berhenti menjadi karakter dalam cerita orang lain?

Orang lain akan mendefinisikan Anda, memaksakan narasi mereka pada Anda, memberi tahu Anda siapa Anda sebagai pribadi, dan memberi tahu Anda seberapa jauh Anda bisa melangkah, kecuali dan sampai Anda mendefinisikan diri Anda sendiri; kemudian, dengan definisi diri itu, Anda dapat memberi tahu orang lain bagaimana Anda berharap diperlakukan. Jazzmeia Horn, vokalis jazz yang hebat, mengatakan kepada saya:

“Nenek saya dulu berkata, 'Kamu harus mengajari orang bagaimana memperlakukanmu.'”

Siapa yang menekan tombol Anda dan mengapa?

Bagaimana Anda bereaksi, dan kepada siapa Anda bereaksi, lebih berkaitan dengan Anda daripada provokatornya. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi kurang reaktif? Kita semua tahu orang-orang yang kemarahan atau haknya menentukan mereka, yang seringkali tidak mungkin untuk diajak bekerja sama. Bagaimana kita bisa belajar untuk mundur dan mencapai tujuan kita tidak peduli siapa yang ada di tim kita?

Tugas kesadaran diri adalah fase awal dan berfungsi sebagai pengenalan atau landasan yang diperlukan untuk realisasi diri di dunia.

Kita tidak sendirian, bahkan dalam pikiran kita; kita mengontekstualisasikan identitas kita: keluarga, pekerjaan, dan hubungan saat ini mendefinisikan kita. Kontekstualisasi dimulai pada masa bayi, dan berlanjut melalui sekolah, pekerjaan, hubungan orang dewasa dan, secara struktural, melalui kerangka ekonomi masyarakat dan negara kita. Identitas kita adalah bagian dari hubungan yang kita jalani.

Pertanyaan yang tepat sering kali menciptakan kesadaran bersama; begitu Anda bertanya pada diri sendiri sesuatu yang mengubah Anda, situasi atau orang yang Anda hadapi memiliki potensi untuk memikirkan kembali banyak hal juga. Akibatnya, apa yang macet menjadi terlepas. Seorang terapis berubah dengan mengajukan pertanyaan kepada orang yang datang kepadanya untuk meminta bantuan. Hubungan, terapeutik atau sehari-hari, bergantung pada gerakan; ketika satu orang bergerak, orang lain juga bergerak.

Apakah Anda ingin menjadi bagian dari perubahan yang terjadi?

***
Solo, Jumat, 18 Juni 2021. 6:50 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko