Bagaimana Kepribadian Anda Memengaruhi Apa yang Anda Fantasikan?

Orang dengan penghindaran keterikatan mengejar jarak emosional dan kemandirian dalam hubungan dekat.

Kamis, 12 Agustus 2021 | 15:36 WIB
0
126
Bagaimana Kepribadian Anda Memengaruhi Apa yang Anda Fantasikan?
ilustr: Psychology Today

Ciri-ciri yang paling mungkin mewarnai fantasi seksual Anda.

Poin Penting

  • Untuk memahami peran yang dimainkan oleh fantasi dalam kehidupan orang, pertimbangkan karakteristik dari fantasizer.
  • Beberapa fantasi tampak berbeda di permukaan, tetapi memiliki arti yang sama.
  • Fantasi yang sama mungkin memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Jika Anda benar-benar ingin memahami peran yang dimainkan oleh fantasi dalam kehidupan orang, Anda harus mempertimbangkan tidak hanya konteksnya tetapi juga karakteristik orang yang mengalaminya. Pertimbangkan dua fantasi berikut:

• “Saya bertemu orang asing di sebuah pub. Kami mabuk dan berakhir di kamar motel terdekatnya. Tanpa banyak bicara, aku menanggalkan pakaianku dan kemudian melepas gaunnya. Kami memiliki seks yang liar dan kebinatangan. Aku berbaring di sana, telanjang selama beberapa menit. Saya tidak bisa membayangkan diri saya bangun di tempat tidur ini di pagi hari, jadi saya memanggil taksi dan pergi.”

• “Saya menonton episode 'Game of Thrones' di kamar hotel saya, dan seorang pembantu rumah tangga yang seksi memasuki kamar saya, mulai membersihkannya dengan membelakangi saya. Tanpa menoleh, dia bertanya padaku dengan menggoda: 'Apakah kamu ingin aku menjagamu juga?' Aku mengambil isyarat, bangkit dari sofa, meraihnya, dan melemparkannya ke tempat tidur. Aku mengikatnya ke tiang ranjang dan kami berhubungan seks. Lalu, aku melepaskannya dari belenggunya, memberi isyarat ke arah pintu, dan melanjutkan menonton ‘Game of Thrones.’”

Beberapa fantasi tampak berbeda di permukaan, tetapi mereka memiliki arti yang sama. Dalam contoh di atas, orang yang sama melaporkan kedua fantasi tersebut, yang mencerminkan kecenderungannya untuk menjaga jarak dalam hubungannya. Dalam kedua fantasi, Anda membaca tentang skenario yang melibatkan seks tanpa emosi dengan orang asing. Fokusnya adalah tindakan seksual yang terisolasi. Tidak ada deskripsi konteks relasional. Tidak ada masa lalu, tidak ada masa depan. Fantasier mengobjektifikasi dan merendahkan pasangannya, mengabaikan keinginan mereka seolah-olah mereka tidak ada atau tidak penting. Dengan cara ini, apa yang dianggap oleh banyak orang sebagai tindakan paling intim terlihat sebagai teknis dan dingin. Fantasier menginginkan pelepasan seksual dan kehilangan semua minat pada pasangannya segera setelah dia mendapatkan apa yang diinginkannya.

Hal yang sama mungkin adalah bahwa fantasi yang sama memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda, tergantung pada siapa yang berfantasi dan apa yang memotivasi orang tersebut. Fantasi penyerahan umum berikut menggambarkan hal ini:

• “Dia menutup mataku, dan mengikatku dengan tali ke tempat tidur, membuatku benar-benar tak berdaya. Dia benar-benar bertanggung jawab dan menjadikan saya budak dari keinginannya.”

Bagi mereka yang menderita kecemasan kinerja, fantasi ini mungkin mencerminkan keinginan untuk kehilangan kendali dan dibebaskan dari tekanan untuk melakukan selama aktivitas seksual. Pada saat yang sama, bagi mereka yang cenderung melekat dalam hubungan terdekat mereka, fantasi ini mungkin menunjukkan kebutuhan untuk dijaga oleh seseorang yang "lebih kuat dan lebih bijaksana."

Mengetahui ciri-ciri kepribadian mana yang sejalan dengan tema fantasi tertentu membantu menjelaskan makna fantasi, menjelaskan mengapa orang sering berfantasi tentang tema tertentu sementara jarang berfantasi tentang orang lain.

Ciri-ciri kepribadian memengaruhi cara kita berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kita, dan karenanya dapat memengaruhi interaksi imajiner kita juga. Orang dengan ciri kepribadian tertentu memang lebih cenderung berfantasi tentang tema yang sesuai dengan kebutuhan yang datang dengan kepribadian mereka dan cenderung tidak berfantasi tentang tema yang tidak memenuhi kebutuhan ini. Misalnya, orang neurotik memiliki kecenderungan untuk mudah mengalami perasaan negatif seperti kecemasan dan kemarahan.

Oleh karena itu mereka menggunakan fantasi mereka sebagai sumber pelipur lara, berfantasi tentang tema roman yang memungkinkan mereka untuk bersantai. Karena mereka bereaksi terhadap stres lebih negatif daripada kebanyakan orang, mereka juga cenderung tidak mengejar fantasi petualangan seks yang melibatkan pesta pora atau mencoba hal-hal baru. Rupanya, ketidakpastian yang melekat dalam eksperimen lebih membuat stres daripada menyenangkan bagi mereka.

Orang-orang yang menyenangkan, sebagai perbandingan, fokus untuk mengekspresikan kepedulian mereka terhadap orang lain. Bahkan dalam fantasi mereka, mereka memastikan bahwa hubungan seksual itu konsensual dan bahwa pasangan mereka menikmati diri mereka sendiri. Untuk alasan ini, mereka cenderung tidak berfantasi tentang skenario seperti seks tanpa emosi, di mana mereka tidak dapat memastikan bahwa pasangan mereka senang dengan aktivitas tersebut. Tidak seperti orang yang menyenangkan, mereka yang memiliki kecenderungan psikopat terlibat dalam fantasi seksual tentang tema impersonal dan sadomasokistik yang mencerminkan sifat oportunistik dan antisosial mereka.

Gaya Keterikatan dan Fantasi Seksual

Sifat lain yang sangat relevan dengan dunia fantasi seksual adalah sejauh mana orang merasa tidak aman dalam hubungan dekat mereka. Perasaan tidak aman tentang dicintai dapat dipicu oleh kekhawatiran tentang pengabaian (memiliki gaya keterikatan yang sangat cemas) atau oleh ketidaknyamanan dengan kedekatan emosional (memiliki gaya keterikatan yang sangat menghindari). Terlepas dari sumbernya, rasa tidak aman menentukan tingkat keintiman dan saling ketergantungan yang diinginkan dengan pasangan romantis. Jadi, rasa tidak aman ini cenderung membentuk apa yang diinginkan orang dari hubungan seksual dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan mereka.

Orang dengan kecemasan keterikatan khawatir bahwa pasangan mereka akan meninggalkan mereka dan dengan demikian membutuhkan banyak kepastian bahwa mereka dicintai. Untuk mengurangi kecemasan mereka, mereka sering menggunakan seks sebagai jalur untuk mencari kedekatan dengan pasangan. Untuk alasan yang sama, mereka berpikir tentang seks lebih sering daripada yang lain. Tetapi apa sebenarnya yang mereka pikirkan? Seperti yang dapat Anda harapkan, mereka berfantasi tentang romansa, yang membantu mereka merasa diyakinkan tentang diinginkan. Mereka juga cenderung mengalami fantasi penyerahan di mana mereka pasif dan tidak berdaya. Dalam fantasi ini, orang lain tidak dapat menahan diri untuk tidak menyusul mereka, membuat mereka merasa sangat diinginkan.

Skenario berikut mengilustrasikan fantasi khas orang yang terikat dengan cemas:

• “Saya pulang dari gym. John tersenyum padaku, berkata, 'Ini adalah wanita terseksi di dunia!' Tanpa basa-basi lagi, dia mengangkatku, melemparkanku ke tempat tidur, dan mengikatku ke tiang ranjang. Saya merasa benar-benar kerasukan dan tidak berdaya melawan kekuatannya. Kami memiliki seks yang menakjubkan. Dia memberi tahu saya bahwa saya adalah cinta dalam hidupnya dan kami tertidur dalam pelukan satu sama lain.”

Dalam fantasi ini, fantasizer ingin merasakan kekuatan pasangannya atas dirinya, yang secara paradoks menunjukkan kekuatannya sendiri atas dirinya. Si fantasizer merasa cukup aman untuk membiarkan dirinya kehilangan kendali dan sepenuhnya berada di tangannya. Pada saat yang sama, dia merasa sangat diinginkan oleh pasangannya yang tidak bisa mengendalikan dorongannya, menyerah pada pesonanya. Sedemikian rupa, fantasi ini memenuhi kebutuhan terdalam orang-orang yang terikat dengan cemas untuk ditampung dan dipelihara oleh pengasuh yang kuat, memuja, dan penuh kasih yang dengannya mereka dapat mengalami penggabungan terakhir.

Orang dengan penghindaran keterikatan mengejar jarak emosional dan kemandirian dalam hubungan dekat. Pendirian terpisah ini tumpah ke dalam kehidupan fantasi mereka, di mana mereka mengalami jarak antarpribadi, agresivitas, dan tema penaklukan yang meningkatkan harga diri mereka. Seperti yang dapat Anda lihat dalam ilustrasi fantasi di bawah, fantasi semacam itu tidak memiliki keintiman emosional dan sering kali berkisar pada perasaan, "Saya menguasai dunia dan dapat melakukan apa pun yang saya inginkan."

• “Saya duduk di samping kolam dikelilingi oleh sekelompok pria. Saya mengendalikan mereka semua, dan mereka mendengarkan instruksi saya. Saya memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan dan dengan siapa. Dua pria dan seorang gadis memanjakan saya, memberi saya beberapa pijatan tangan. Ini mengilhami saya untuk membiarkan diri saya mencapai klimaks sebanyak mungkin dan memutuskan mana dari orang-orang ini yang akan diizinkan untuk mencapai klimaks dan mana yang tidak.”

***
Solo, Kamis, 12 Agustus 2021. 2:57 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko