Banjir Sandungan

Hanya satu kalimat saja yakni:"Still humble" Bila merasa diri sukses dan pintar,ya bersyukurlah,tapi tetaplah rendah hati.Contohlah ilmu padi,semakin berisi semakin merunduk.

Kamis, 21 Januari 2021 | 08:09 WIB
1
163
Banjir Sandungan
Ilustrasi mimpi (Foto: kompasiana.com)

Jangan Sampai Menyebabkan Diri Kita Melonjak

Kalau mau berbicara sejujurnya,siapa yang tidak senang mendapatkan puji pujian?  Bahkan diri saya sebagai orang yang dibilang :"sudah sepuh" sejujurnya ,saya lebih senang mendapatkan pujian,ketimbang dimarahin atau diomelin. Bahkan kritikan sehalus jarum penjahit yang berbunyi:"Too good to be true " sempat membuat saya melakukan kontemplasi,untuk merenungkan,apakah ada yang salah dalam tulisan saya?

Nah,banjir sanjungan,secara tanpa sadar berpotensi menyebabkan orang menjadi mabuk  dan lupa diri. Kalau biasanya berjalan dengan hati hati,agar tidak terperosok ,tapi sejak mendapatkan banjir kiriman pujian lewat komentar dan tulisan,membuat saya mabuk. Lubang hidung saya mendadak naik keatas dan saya mulai berjalan dengan kepala mendongak. Akibatnya dapat menyebabkan kaki saya terperosok kedalam lubang dan baru sadar setelah merasakan sakitnya, terperosok .

Karena itu setiap kali saya mendapatkan sanjungan,saya selalu ingatkan diri,agar tetaplah humble. Seperti yang pernah saya tulis:"Diatas langit ,masih ada langit"

Akibat Mabuk Sanjungan Tanpa Sadar Tulisan Kita Bernada Menggurui Orang

Kalau saya ikutan mabuk pujian dan merasa diri orang yang:

paling hebat
paling berpengalaman
paling arif dan bijak
paling tahu bersyukur
paling setia pada isteri
paling berjiwa nasional
paling pemaaf
paling kaya
paling ngetop
dan seterusnya

Maka secara tanpa sadar, baik dalam tulisan saya ,maupun dalam pembicaraan verbal,kata kata yang keluar adalah bersifat menggurui.misalnya:

Hai kalian kalian kaum mileneal.contohlah saya
saya paling kaya pengalaman 
paling berhasil 
kalian apaan tuh 
sayalah contoh cinta paling sejati di dunia akhirat 
paling arif dan bijak sana

Bila saya lakukan hal ini sesekali,mungkin orang maklum.kalau orang sudah tua itu biasalah :"nyinyir" sok paling arif. Tapi kalau sudah keseringan maka orang akan menghindar dari tulisan kita, Tak kalahnya dengan orang menghindari Covid 19.karena muak mendengarkan kotbah dari diri kita yang merasa diri paling hebat sejagat raya.

Nah, untuk menghindari jangan sampai tulisan kita menjadi penyebab  orang mual mual ,maka lakukanlan kontemplasi diri. Bahwa semua sanjungan yang diterima tak lebih hanyalah sebuah ungkapan apresiasi bahwa diri saya adalah sosok orang tua yang patut dihargai. Bukan lantaran sosok paling bijaksana sealam semesta.Tetaplah membumi ,jangan langsung melonjak .Kalau memang diri paling hebat,mengapa nama kita tidak ada dalam sejarah?

Hanya satu kalimat saja yakni:"Still humble"  Bila merasa diri sukses dan pintar,ya bersyukurlah,tapi tetaplah rendah hati.Contohlah ilmu padi,semakin berisi semakin merunduk

Hanya sebuah renungan pagi,untuk saling mengingatkan: "Jangan sombong"

Tjiptadinata Effendi

***