Lakukanlah Hal-Hal Ini agar Anda Bahagia

Sabtu, 30 November 2019 | 14:03 WIB
0
277
Lakukanlah Hal-Hal Ini agar Anda Bahagia
ilustr: Grazia Daily

Kebahagiaan sesungguhnya adalah sebuah kesadaran puas dan gembira yang berdasar pada keadaan anda sendiri yang berarti anda harus senantiasa bersyukur.

Rasa bahagia tidak terikat pada pengalaman-pengalaman tertentu. Bahagia merupakan pilihan anda sendiri. Apa pun yang anda lakukan bisa membahagiakan atau tidak tergantung pilihan dari dalam batin anda sendiri.

Namun demikian mungkin tak ada salahnya untuk memahami dan mencoba melakukan hal-hal berikut ini agar anda sungguh mengalami kebahagiaan anda.

Jujurlah Pada Diri Sendiri

Katakan yang sebenarnya pada diri anda sendiri. Jujurlah pada diri anda mengenai apa pun yang menurut anda benar, hal apa yang keliru berdasar pendapat anda serta aspek apa dalam hidup yang perlu anda ubah. Perlu juga untuk mengakui kesalahan-kesalahan yang pernah anda lakukan. Karena pada akhirnya anda tidak akan pernah bisa menggantungkan harapan pada siapa pun kecuali pada diri anda sendiri. Dengan melakukan ini, anda akan lebih memahami langkah apa yang perlu anda jalani untuk membuat hidup anda lebih baik.

Jadilah Diri Anda Sendiri

Sering berusaha menjadi orang lain adalah sia-sia dan kesalahan besar. Anda mempunyai kepribadian yang unik yang bisa anda kembangkan. Galilah keunikan dalam diri anda, keluarkan dan jangan pernah takut akan komentar orang. Siapa pun yang berhak ada di hidup anda adalah mereka yang mau menerima semua kebaikan dan keburukan anda.

Hargailah Diri Anda

Bukan hanya keberhasilan saja yang perlu dihargai. Kesalahan atau kegagalan juga perlu. Jangan mengutuk diri karena kesalahan yang anda buat. Maafkan diri anda dan terimalah bahwa anda punya sisi lemah yang menyebabkan anda berbuat salah.

Membuat kesalahan pasti mengajarkan anda sesuatu. Tanpa berbuat salah anda tidak akan pernah tahu rasanya terpuruk dan harus berusaha bangkit lagi. Hargai usaha yang sudah anda lakukan untuk bangkit dari kesalahan itu. Yakinlah bahwa kesalahan yang pernah anda buat adalah pintu masuk ke gerbang kesuksesan anda kelak.

Hargailah yang Saat Ini Terjadi

Sebaiknya anda lupakan apa yang pernah terjadi, jangan cemaskan hal apa yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Anda sesungguhnya memang hidup saat ini. Hal-hal yang ada di saat inilah yang penting untuk anda jalani dan anda syukuri. Cobalah untuk selalu hidup di saat ini dan hentikan berpikir mengenai masa lalu dan masa depan.

Bersikaplah Lembut Pada Diri Sendiri

Coba anda ingat, seberapa sering anda memarahi diri sendiri? Apakah anda sering memaksa diri anda melebihi batas kemampuan? Berhentilah mulai sekarang. Bersikap lembutlah. Kasih sayang yang anda curahkan pada diri anda tidak akan membuat anda terlihat lemah, namun justru akan membahagiakan perasaan anda. Siapa yang akan menjaga diri anda jika bukan anda  sendiri?

Utamakan Kebahagiaan Anda Sendiri

Membahagiakan diri sendiri bukan berarti anda berubah menjadi pribadi egois yang tidak peduli kebahagiaan orang lain. Ketahuilah, sebenarnya anda bisa membahagiakan diri anda sekaligus membahagiakan orang lain. Diri anda itu penting. Mulai saat ini, cobalah untuk melakukan hal-hal yang membuat anda bahagia. Mulailah merawat tubuh dan perasaan anda. Saat anda sudah merasa bahagia, akan lebih mudah anda bisa membahagiakan orang lain.

Syukuri Apa yang Anda Miliki

Rasa tidak bahagia seringkali muncul dari ketidakpuasan atas apa yang sudah anda miliki. Terkadang, kita memang menjadikan pencapaian orang lain sebagai tolok ukur kebahagiaan kita. Apabila hal ini yang anda lakukan, anda tidak akan pernah berhenti mengejar apa yang dimiliki orang lain. Tidak pernah merasa cukup dengan apa yang ada di genggaman anda.

Meskipun memang rumah anda saat ini masih lebih sederhana dari rumah teman anda, meskipun bentuk badan anda masih belum sesempurna kawan anda, bersyukurlah. Luangkan waktu anda setiap pagi untuk mengingat apa yang sudah anda dapatkan, dan ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk memilikinya.

Ciptakan Kebahagiaan Anda Sendiri

Perasaan bahagia tidak akan datang tiba-tiba. Anda juga tidak mungkin menggantungkan diri pada orang lain untuk bisa merasa bahagia. Tentukan kebahagian anda, dan lakukan. Apabila anda masih bingung, cobalah cari kegiatan yang paling anda senangi dan lihat sisi baik dari kegiatan itu. Kebahagiaan biasanya datang saat kita memutuskan untuk menjalaninya.

Beri Kesempatan untuk Mimpi dan Gagasan Anda

Apakah anda punya mimpi yang belum bisa terwujud? Mulailah untuk mencoba memberikan diri anda kesempatan mewujudkan impian itu.  Anda tidak akan pernah tahu apakah anda akan berhasil atau tidak, tetapi paling tidak anda sudah mencoba. Bila anda sukses, mimpi anda terwujud. Bila tidak, anda sudah belajar sesuatu.

Lakukan Sesuatu Setiap Hari untuk Pencapaian Mimpi Anda

Melakukan sesuatu disini artinya sungguh-sungguh mendedikasikan waktu anda untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak orang memiliki mimpi yang fantastis, namun hanya sedikit dari mereka yang benar-benar meluangkan waktu untuk mencapainya. Semakin keras anda bekerja, keberuntungan akan lebih mudah menyapa anda dalam upaya mewujudkan impian itu.

Yakinkan Diri Anda untuk Langkah Selanjutnya

Yakinkan diri anda sendiri bahwa anda siap menghadapi tantangan yang akan muncul di hadapan anda. Anda mesti siap mengambil langkah nyata untuk membuat kehidupan anda lebih baik. Anda siap menerima tantangan yang bisa membuat anda berkembang dalam hidup.

Bergaul dengan Orang yang Tepat

Pastikan anda menggunakan waktu dalam hari-hari anda dengan orang yang benar-benar mendukung anda. Mereka yang menyemangati anda untuk mencapai mimpi, mereka yang mendorong anda bangkit dari keterpurukan, dan yang terpenting adalah mereka yang menerima dan mencintai anda apa adanya. Orang-orang yang tidak akan menilai tindakan anda tanpa tahu maksud yang mendasarinya.

Jangan Menghindari Masalah

Suatu masalah akan tetap menjadi masalah, kecuali anda mengambil langkah untuk mencari penyelesaiannya. Perlu anda sadari bahwa masalah yang anda hadapi tidak mendefinisikan siapa diri anda.

Namun, respon anda terhadap masalah itulah yang membentuk citra diri anda. Setiap menghadapi masalah, langsung lakukan apa yang bisa anda lakukan saat itu juga. Setiap langkah, sekecil apapun, dapat membantu anda untuk keluar dari masalah yang anda hadapi.

Lihatlah Hal-Hal baik dari Setiap Masalah

Ketika merasa terpuruk, tariklah nafas panjang dan cobalah melihat hal-hal baik dari masalah yang anda hadapi. Sisi terang dari masalah yang membuat anda yakin bahwa masih ada harapan dari setiap kejatuhan. Andea mesti yakin bahwa keterpurukan ini akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih tangguh. Seraya terus bersyukur atas hal-hal baik yang sudah terjadi pada hidup anda selama ini.

Lawanlah Diri Anda yang Dulu

Mungkin anda bisa belajar dari kesalahan dan pencapaian orang lain, tetapi bukan itu yang penting. Dalam dunia nyata, anda tidak sedang berjuang melawan orang lain. Anda sesungguhnya berperang melawan diri anda sendiri. Cobalah mengalahkan versi diri anda yang pernah ada. Pasang target untuk memecahkan rekor pribadi dan lihatlah seberapa jauh diri anda bisa berkembang.

Maafkan Orang Lain dan Diri Anda

Setiap orang pernah tersakiti, baik karena perlakuan orang lain atau karena hal yang mereka lakukan sendiri. Cobalah untuk mulai memaafkan kesalahan itu. Memaafkan bukan berarti serta merta melupakan apa yang pernah terjadi. Memilih untuk memaafkan justru membuat kita menghilangkan rasa sakit yang menghantui dan memberi kesempatan untuk melanjutkan hidup.

Mulailah Hubungan yang Baru

Demi kebaikan anda sendiri, masukilah berbagai pergaulan atau hubungan yang baru . Ciptakan lingkaran pertemanan dan hubungan personal baru dengan orang-orang positif yang anda kagumi. Ambil hal-hal baik dari mereka untuk perkembangan anda.

Berilah Kesempatan Pertemanan Baru

Tanpa terkesan jahat, beberapa hubungan pertemanan memang tidak bisa bertahan selamanya. Orang mengubah prioritas mereka, dan dalam beberapa kasus pertemanan anda dengan orang itu harus hilang dari kehidupan anda dan teman anda.

Tetapi saat ada hubungan pertemanan yang berakhir, anda selalu punya kesempatan untuk memulai pertemanan yang baru. Lebarkan zona nyaman anda, cobalah mengenal orang-orang baru yang mungkin saja dapat merubah hidup anda.

Berbahagialah atas Keberhasilan Orang Lain

Cobalah untuk melihat apa yang anda sukai dari orang lain dan sampaikan kepada mereka. Katakan selamat untuk setiap keberhasilan yang mereka capai. Berikan dukungan jika orang lain membutuhkannya. Apa yang anda lakukan akan setara dengan apa yang akan anda dapat nantinya. Jadi sebenarnya anda sedang berbahagia untuk diri anda sendiri, bukan?

Dengarkan Suara Hati Anda

Berikan kesempatan pada intuisi untuk menuntun langkah hidup anda. Bila perlu, diskusikan hal itu dengan orang terdekat anda. Ikuti suara hati anda dan lihatlah kemana ia bisa membawa anda.

Terbukalah terhadap Perasaan Anda

Apabila anda tersakiti, berilah kesempatan pada diri anda untuk mengambil jarak dan menyembuhkan rasa sakit itu. Namun yang lebih penting, cobalah untuk terbuka kepada orang lain atas perasaan anda.

Mulailah dengan orang yang paling dekat dengan anda. Biarkan mereka mendengar dan memberi anda saran, ijinkan mereka memberi anda dukungan. Mengungkapkan perasaan bisa membuat anda merasa lebih baik.

Biarkan Diri Anda Beristirahat

Kenali kapan stres bisa mendera anda. Kenali tanda-tandanya serta berikan diri anda kesempatan untuk beristirahat. Ambil nafas panjang, beri kesempatan pada dirii anda sendiri untuk tenang. Memberikan diri sendiri waktu istirahat di tengah puncak kesibukan justru bisa meningkatkan produktivitas anda.

Berbahagialah akan Hal-Hal Kecil

Daripada menunggu kebahagiaan datang dari hal-hal besar seperti kelulusan, promosi kerja atau pernikahan, cobalah mulai menciptakan kebahagiaan akan hal-hal kecil.

Berbahagialah untuk perjalanan anda yang bebas macet ke kantor pagi ini, ungkapkan syukur atas kehangatan rekan-rekan kerja di awal hari, serta tersenyumlah saat anda pulang dengan lelah tetapi merasa berguna untuk pasangan anda yang menanti di rumah. Mensyukuri hal-hal kecil semacam ini dapat membawa dampak besar bagi kehidupan anda.

Terimalah Hal-Hal yang Tidak Sempurna

Terus menerus menuntut kesempurnaan bisa membuat anda melupakan hal-hal baik yang terjadi. Belajarlah menerima hal-hal di sekitar anda yang masih jauh dari sempurna.

Terkadang, lebih baik menerima dan mensyukuri apa yang ada dibandingkan terus mencoba menciptakan kondisi yang menurut anda paling ideal. Bukan berarti anda jadi apatis, namun anda justru akan tumbuh menjadi pribadi yang mensyukuri apa pun. Betapapun tidak sempurnanya hal itu.

Ambillah Tanggung Jawab Penuh atas Hidu Anda

Sesungguhnyalah anda yang bertanggung jawab atas setiap keputusan, keberhasilan dan kegagalan dalam hidup anda. Apabila anda tidak mengambil tanggung jawab ini dari sekarang, orang lain akan mengambilnya. Kemudian identitas anda akan terus berada dibawah bayang-bayangnya. Hidup terlalu singkat untuk sekadar menjadi bayangan orang lain.

Rawatlah Hubungan Terpenting dalam Hidup Anda

Ingatlah, anda tidak akan mampu menjadi segala-galanya bagi setiap orang. Tetapi anda bisa menjadi dunia bagi beberapa orang. Tentukan orang-orang terpenting dalam hidup anda, dan jagalah hubungan itu dengan baik. Katakan betapa anda bersyukur memiliki mereka dan tunjukkan kesungguhan anda dengan selalu memperlakukan mereka sebagai orang nomor satu di hidup anda.

Bantulah Orang Lain

Pekalah terhadap kebutuhan orang lain. Sediakan tangan dan luangkan waktu untuk membantu orang-orang di sekitar anda. Jangan keberatan memberikan saran apabila anda tahu jalan yang lebih baik bagi permasalahan yang dihadapi orang lain. Semua kebaikan itu pada akhirnya akan kembali kepada diri anda sendiri.

Fokuslah terhadap Hal-hal yang Bisa Anda Kendalikan

Jangan membuang energi untuk mengkhawatirkan hal-hal yang berada diluar kendali anda. Anda tidak bisa terus-terusan mengatur segala sesuatu, namun anda selalu bisa merubah sesuatu. Tatkala ada hal-hal yang tidak bisa anda selesaikan dengan tangan anda, yakinlah selalu ada cara untuk mengubahnya.

Yakinlah bahwa Semua Hal akan Indah pada Waktunya

Pikiran anda harus yakin lebih dahulu bahwa ia bisa melakukan sesuatu sebelum hal itu benar-benar terwujud. Cara untuk mengalahkan pikiran negatif adalah dengan membangun kekuatan positif dalam diri anda kemudian benar-benar berusaha untuk mempercayainya. Gantikan semua pikiran negatif dengan keyakinan positif. Yakinlah bahwa semua akan indah pada waktunya, jika tidak, maka itu memang belum waktunya.

Yakinlah selalu bahwa Diri Anda adalah Pribadi yang Berkecukupan

Meskipun banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan anda, ingatlah selalu betapa nyamannya hidup anda saat ini. Anda tidak tidur dengan perut lapar, anda masih bisa meminum air bersih, anda tidak perlu takut menginjak ranjau darat dan mungkin anda tidak harus bekerja bersimbah keringat untuk menghasilkan uang. Berjuta orang diluar sana rela bertukar tempat untuk memiliki kehidupan nyaman anda.

Nah, itulah sekadar sharing tentang hal-hal yang bisa anda lakukan agar anda berbahagia. Semoga bermanfaat dan jangan sampai lupa bahagia.

***
Solo, Sabtu, 30 November 2019. 1:56 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko