Kepemimpinan [39] Teori 'Leader-Member Exchange' (LMX)

Karena favoritisme yang diterima oleh anggota kelompok dari pemimpin mereka, mereka didapati melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik dan mengembangkan sikap positif.

Kamis, 18 Juli 2019 | 09:56 WIB
0
705
Kepemimpinan [39] Teori 'Leader-Member Exchange' (LMX)
ilustr: AGLS 1300 Texas Tech

Pengamatan informal terhadap perilaku kepemimpinan menunjukkan bahwa tindakan pemimpin tidak sama terhadap semua bawahan. Pentingnya perbedaan potensial dalam hal ini dibawa ke fokus yang tajam oleh model Graen's leader-member exchange, juga dikenal sebagai teori hubungan angka dua vertikal. Teori ini memandang kepemimpinan sebagai terdiri dari sejumlah hubungan diad yang menghubungkan pemimpin dengan pengikut. Kualitas hubungan tercermin dari tingkat saling percaya, kesetiaan, dukungan, rasa hormat, dan kewajiban.

Menurut teori tersebut, para pemimpin membentuk berbagai jenis hubungan dengan berbagai kelompok bawahan. Satu kelompok, disebut sebagai in-group, disukai oleh pemimpin. Anggota dalam kelompok menerima lebih banyak perhatian dari pemimpin dan memiliki lebih banyak akses ke sumber daya organisasi. Sebaliknya, bawahan lain termasuk dalam kelompok keluar. Orang-orang ini tidak disukai oleh pemimpin. Dengan demikian, mereka menerima lebih sedikit sumber daya bernilai dari para pemimpin mereka.

Pemimpin membedakan antara anggota dalam kelompok dan kelompok luar berdasarkan kesamaan yang dirasakan sehubungan dengan karakteristik pribadi, seperti usia, jenis kelamin, atau kepribadian. Seorang pengikut juga dapat diberikan status dalam kelompok jika pemimpin percaya bahwa orang tersebut sangat kompeten dalam melakukan pekerjaannya. Hubungan antara pemimpin dan pengikut mengikuti dua tahap:

  1. Pengambilan Peran: Ketika seorang anggota baru bergabung dengan organisasi, pemimpin menilai bakat dan kemampuan anggota dan menawarkan mereka kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka.
  2. Pembuatan Peran: Negosiasi informal dan tidak terstruktur mengenai faktor-faktor yang terkait dengan pekerjaan terjadi antara pemimpin dan anggota. Seorang anggota yang mirip dengan pemimpin lebih cenderung berhasil. Pengkhianatan oleh anggota pada tahap ini dapat mengakibatkan dia terdegradasi ke grup

Skala LMX 7 menilai sejauh mana para pemimpin dan pengikut saling menghormati kemampuan satu sama lain, merasakan rasa saling percaya yang mendalam, dan memiliki rasa kewajiban yang kuat satu sama lain. Secara keseluruhan, dimensi-dimensi ini menentukan sejauh mana pengikut akan menjadi bagian dari kelompok dalam atau kelompok keluar dari pemimpin.

Pengikut dalam kelompok cenderung berfungsi sebagai asisten atau penasihat dan memiliki pertukaran pribadi yang lebih baik dengan pemimpin daripada pengikut luar. Pertukaran ini biasanya melibatkan penekanan seorang pemimpin pada penugasan ke tugas-tugas yang menarik, pendelegasian tanggung jawab penting, berbagi informasi, dan partisipasi dalam keputusan pemimpin, serta manfaat khusus, seperti dukungan dan dukungan pribadi dan jadwal kerja yang menguntungkan.

Kekuatan Teori LMX

Teori LMX adalah teori kepemimpinan yang luar biasa karena tidak seperti teori-teori lain, teori ini berkonsentrasi dan berbicara tentang hubungan spesifik antara pemimpin dan setiap bawahan.

Teori LMX adalah teori penjelasan yang kuat.

Teori LMX memusatkan perhatian kita pada pentingnya komunikasi dalam kepemimpinan. Komunikasi adalah media di mana para pemimpin dan bawahan mengembangkan, menumbuhkan, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan. Ketika komunikasi ini disertai dengan fitur-fitur seperti rasa saling percaya, rasa hormat dan pengabdian, itu mengarah pada kepemimpinan yang efektif.

Teori LMX sangat valid dan praktis dalam pendekatannya.

Kritik terhadap Teori LMX

Teori LMX gagal menjelaskan rincian tentang bagaimana pertukaran berkualitas tinggi dibuat.

Teori LMX keberatan dengan alasan keadilan karena beberapa pengikut menerima perhatian khusus dari para pemimpin di tempat kerja dan pengikut lainnya tidak.

Implikasi

Menurut banyak penelitian yang dilakukan di bidang ini, telah ditemukan bahwa para pemimpin benar-benar mendukung anggota kelompok dan dapat meningkatkan peringkat mereka pada kinerja yang buruk juga. Jenis perawatan ini tidak diberikan kepada anggota kelompok luar.

Karena favoritisme yang diterima oleh anggota kelompok dari pemimpin mereka, mereka didapati melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik dan mengembangkan sikap positif terhadap pekerjaan mereka dibandingkan dengan anggota kelompok luar.

Kepuasan kerja anggota kelompok tinggi dan mereka bekerja secara efektif di pekerjaan mereka. Mereka cenderung menerima lebih banyak bimbingan dari atasan mereka yang membantu mereka dalam karier mereka. Karena alasan ini, tingkat putus sekolah yang rendah, kenaikan gaji, dan tingkat promosi dikaitkan dengan anggota dalam grup dibandingkan dengan anggota luar.

***
Solo, Kamis, 18 Juli 2019. 9:36 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko