Dukung Merdeka Belajar, Stafsus Presiden Resmikan Gedung Pusat Inkubasi Bisnis Pertama di Aceh

Harapan besarnya adalah Pusat Inkubasi Bisnis ini dapat menjangkau bukan hanya wilayah Indonesia, namun hingga wilayah Asia Tenggara.

Kamis, 18 Februari 2021 | 02:11 WIB
0
221
Dukung Merdeka Belajar, Stafsus Presiden Resmikan Gedung Pusat Inkubasi Bisnis Pertama di Aceh
Billy Mambrasar

Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, bersama dengan Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA, meresmikan gedung Pusat Inkubasi Bisnis Universitas Teuku Umar, yang berlokasi di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (17/02/2021).

“Seperti diketahui, dibawah Pemerintahan Presiden Jokowidodo, untuk periode kedua ini, fokus pembangunan adalah pada pengembangan Sumber Daya Manusia. Untuk itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mendorong filosofi “Merdeka Belajar”, dimana salah satu yang dikerjakan untuk mendorong Indonesia maju, adalah dengan menciptakan wirausahawan, yang akan menggerakan sektor Ekonomi, dan salah satuny adalah dengan mendorong lebih banyak lagi pusat inkubasi bisnis seperti milik Universitas Teuku Umar ini”, Ungkap Billy Mambrasar, yang berasal dari Papua ini.

Seperti yang telah diketahui, bahwa Stafsus Milenial ini pada tahun lalu mengadakan rapat dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Nadiem Makarim dan menyepakati program “Bawa Perubahan” atau “Baper”.

Salah satu yang dikerjakan dalam program Baper ini, adalah penciptaan ekosistem kewirausahaan, dengan membuat pusat inkubasi bisnis di berbagai wilayah terluar, dan salah satunya adalah Meulaboh, Provinsi Aceh.

Menanggapi usulan Billy Mambrasar tersebut, Nadiem Makarim sempat menyebutkan rasa bangga dan dinilai inovatif atas ide yang telah diusulkan, dan menyatakan mendukung Penuh giat ini.

Dalam program Baper tersebut, Billy telah menerangkan model konsep pendidikan secara digital, tentunya dengan pemanfaatan internet untuk meningkatkan literasi anak bangsa, mengurangi buta huruf, mengembangkan kemampuan bahasa inggris dan yang terpenting menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini bagi pelajar di wilayah terluar, tertinggal dan terdepan.

Setahun bekerja keras bersama dengan tim dari Universitas Teuku Umar, lahirlah sebuah konsep pengembangan ekosistem kewirausahaan yang beroperasi dengan cukup lancar, menghasilkan ratusan wirausahawan dari kalangan Mahasiswa Aceh Barat, yang sebagian besar merambah sektor komoditas dan pertanian.

Tahun 2021 ini, Billy Mambrasar kembali ke Meulaboh, Aceh Barat, untuk memantau secara langsung perkembangan program Baper tersebut, dan bersama-sama dengan Rektor UTU, meluncurkan Pusat Inkubasi Bisnis satu-satunya, di Universitas Negeri Paling Barat Indonesia ini.
“Peran yang dimainkan oleh Mas Billy, adalah sebagai pengarah, dan juga mentor untuk anak-anak didik kami dalam Inkubasi ini”, Terang Rektor UT, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA dalam rilis yang diterima.

Staf Khusus Presiden, Billy Mambrasar berharap, agar dirinya dapat melakukan pendekatan secara langsung dengan pemerintah pusat, sehingga dapat membangun bangunan fisik dari Pusat Inkubasi Bisnis ini tentunya dengan adanya dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas).

“Harapan besarnya adalah Pusat Inkubasi Bisnis ini dapat menjangkau bukan hanya wilayah Indonesia, namun hingga wilayah Asia Tenggara,” tutup Billy Mambrasar.

***