Dampak Sikap Pemimpin terhadap Krisis Covid-19

Jangan-jangan selama ini para pemimpin kita salah dalam mengacu. Untuk urusan penanganan Covid-19, jangan jadikan Amerika jadi acuan. Apalagi pemimpinnya saat ini.

Minggu, 17 Mei 2020 | 08:50 WIB
0
224
Dampak Sikap Pemimpin terhadap Krisis Covid-19
Donald Trump (Foto: ABCnews.go.com)

Video ini sangat memukau bagi orang yang ingin belajar bagaimana sikap seorang pemimpin dapat berpengaruh terhadap besar kecilnya dampak yang harus ditanggung negara dalam menghadapi virus corona. Kita sudah banyak bicara tentang kisah keberhasilan beberapa negara seperti China, Korea Selatan, German, dan bahkan Vietnam dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Namun, figur pemimpin jarang muncul. Kita tak tahu persis bagaimana kecerdasan pemimpin puncaknya mempengaruhi langkah-langkah kebijakan. Mungkin sedikit informasi kita peroleh tentang apa yang dilakukan Kanselir Jerman Angela Merkel, tapi yang lain sangat kurang.

Video ini menjadi menarik karena memberi catatan rinci tentang ucapan, sikap, dan langkah-langkah seorang pemimpin di negara sebesar Amerika dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jelas sekali di sini digambarkan, sikap Presiden Trump berdampak luar biasa terhadap terpuruknya negara itu dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Sikap anggap remeh, salah paham tentang keganasan Covid-19, tak jujur dalam mengungkap data, dan bahkan sombong (barangkali) dalam menanggapi krisis ini, jelas telah menjerumuskan Amerika ke dalam krisis terbesar dalam kasus ini. Angka kematian mencapai angka tertinggi di dunia.

Saya tidak tahu apa yang terjadi di Indonesia saat ini. Saya khawatir, untuk kali ini, kita sebagai bangsa banyak melakukan kekeliruan agak mirip dengan Amerika.

Jangan-jangan selama ini para pemimpin kita salah dalam mengacu. Untuk urusan penanganan Covid-19, jangan jadikan Amerika jadi acuan. Apalagi pemimpinnya saat ini.

Semoga Indonesia segera banting stir menjauh dari sikap dan kebijakan-kebijakan model Presiden Amerika saat ini. Semoga kita dapat saling bahu membahu menyelamatkan negeri ini dari krisis berat ini. Jangan anggap remeh, jangan manipulasi data, jangan lelet dan jangan sombong.

Ini juga saran buat masyarakat Indonesia pada umumnya. Jangan gegabah karena krisis kali ini sungguh bukan main-main. Kita perlu dorong sikap kehati-hatian. Tentu ini beda dengan sikap ketakutan, apalagi ketakutan berlebihan.

#iPras2020

***