Psikologi [7] Perspektif Humanistik Psikologi

Hubungan yang bertumpu pada pilar atau kepercayaan dan kebersamaan, membantu membangun tempat kerja yang lancar dan efisien.

Rabu, 7 Agustus 2019 | 18:59 WIB
0
474
Psikologi [7] Perspektif Humanistik Psikologi
ilustr: study.com

Humanistik Psikologi melihat individu dari perspektif holistik dan memberikan banyak tekanan pada konsep-konsep seperti aktualisasi diri, kehendak bebas dan self-efficacy. Alih-alih berfokus pada keterbatasan individu, tujuan mazhab pemikiran ini adalah untuk memfasilitasi orang menyadari potensi mereka sepenuhnya dan meningkatkan kehidupan mereka.

Juga disebut sebagai Humanisme, aliran pemikiran ini muncul sekitar tahun 1950-an, sebagai reaksi terhadap teori behaviourisme dan psikoanalisis yang lazim pada saat itu. Fokus psikoanalisis adalah menganalisis pola-pola tak sadar yang memengaruhi perilaku, sedangkan behaviorisme menganalisis proses pengkondisian yang mengatur perilaku.

Perspektif humanistik menganggap psikoanalisis dan behaviorisme sebagai fokus yang sangat sempit dan pesimis karena penekanannya pada emosi tragis atau pikiran negatif. Perspektif humanistik telah memberikan dimensi yang sama sekali baru untuk studi perilaku manusia yang cukup komprehensif dan holistik.

Fokus Utama Perspektif Humanistik

Pendekatan humanistik menekankan pada potensi individu dan banyak kepentingan telah diberikan pada aktualisasi diri dan pertumbuhan. Premis dasar di mana teori ini dibentuk adalah bahwa semua manusia adalah diri batiniah itu baik, tetapi masalah sosial dan mental membuat mereka benar-benar menyimpang dari diri sejati mereka.

Penekanan utama lain dari teori ini adalah bahwa manusia menggunakan kehendak bebas mereka untuk mengejar aspirasi mereka dan mencapai tujuan jangka panjang mereka. Manusia dipengaruhi oleh motivasi untuk tumbuh dan menyadari potensi mereka sepenuhnya. Orang mencari cara baru untuk mencapai pertumbuhan, mempelajari alternatif baru untuk mengejar ambisi mereka dan mencapai kesuksesan dalam hidup, mengalami aktualisasi diri dan pertumbuhan secara psikologis.

Latar Belakang Sejarah Perspektif Humanistik

Psikologi Humanistik selama tahap awal dipengaruhi oleh pemikiran ahli teori seperti Maslow dan C. Rogers. Pemikir lain yang juga berkontribusi besar pada aliran pemikiran ini adalah Erich Fromm dan Rollo May.

Abraham Maslow pada tahun 1943, menerbitkan Teori Motivasi Manusia dalam Tinjauan Psikologis, di mana ia menyebutkan tentang "Hierarki Kebutuhan". Selama 1950-an kemudian, Abraham Maslow bersama dengan sekelompok pemikir psikolog mencapai pada konsensus tentang perlunya organisasi profesional yang berfokus pada pendekatan humanistik. Pendekatan humanistik untuk psikologi berfokus pada tema-tema seperti aktualisasi diri, individualitas, kreativitas dan banyak lagi tema terkait.

Carl Rogers pada tahun 1951 menerbitkan Terapi yang Berpusat pada Klien, di mana fokusnya adalah pada humanisme dan pendekatan yang berfokus pada klien dalam terapi. Asosiasi Amerika untuk Psikologi Humanistik secara resmi didirikan pada tahun 1962 dan pada tahun 1971 psikologi humanistik diakui sebagai divisi APA.

Menurut Abraham Maslow, dalam salah satu karyanya yang diterbitkan "Menuju Psikologi Menjadi" yang diterbitkan pada tahun 1962, psikologi humanistik dipandang sebagai kekuatan ketiga setelah kekuatan pertama yang behaviourisme dan kekuatan kedua yang merupakan analisis psiko menurutnya.
 
Perspektif dan Manajemen Humanistik
 
Di era otomatisasi, inovasi teknologi, metode lean dalam produksi, penyempitan hierarki organisasi dan tim virtual / kontrak menggantikan tenaga kerja permanen, manajer lebih peduli tentang bagaimana mereka akan memotivasi tim dan memfasilitasi mereka untuk merealisasikan potensi lengkap mereka. Perspektif humanistik berusaha untuk mengatasi masalah yang berpusat pada karyawan dan merekomendasikan solusi untuk merawat karyawan dan mengembangkan tim berkinerja tinggi.
 
Perspektif humanistik menganggap bahwa interaksi yang efektif dan hubungan manusia adalah pilar utama untuk kesuksesan organisasi. Menurut Daft, perspektif Humanistik dalam konteks manajemen memberikan yang paling penting untuk memperkuat hubungan, memahami penyebab perbedaan dalam perilaku manusia, sikap karyawan terhadap tempat kerja mereka dan juga proses kelompok. Menurutnya, tiga komponen penting dari perspektif Humanistik dalam konteks organisasi adalah:

  1. Kinerja pekerjaan karyawan akan meningkat ketika mereka diperlakukan dengan hormat dan bermartabat oleh manajer mereka.
  2. Ahli teori menganalisis hubungan antara motivasi karyawan dan sifat tugas.
  3. Fokus telah diberikan pada menganalisis hubungan yang kompleks dan interaksi dalam pengaturan organisasi.

Perspektif humanistik percaya pada pemberdayaan tim, meningkatkan dan memotivasi tim untuk memberikan keunggulan dalam kinerja dan membangun tim yang kohesif atau lebih bersatu. Melalui teori Needs Hierarchy-nya, Abraham Maslow juga telah mencoba menggambarkan faktor-faktor yang memengaruhi motivasi tugas orang-orang yang berperingkat pada skala terendah hingga tertinggi.
 
Doktrin Maslow mencoba menganalisis hubungan antara motivasi manusia dan kebutuhan yang tidak terpenuhi. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kurangnya motivasi karyawan atau kurangnya produktivitas dapat dikaitkan dengan kebutuhan yang tidak terpenuhi karyawan dan tidak perlu karena masalah efisiensi karyawan. Dengan mengidentifikasi kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi dan membantu mereka untuk mewujudkan kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi, motivasi dan produktivitas karyawan dapat ditingkatkan di tempat kerja.
 
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa karyawan pertama-tama berusaha untuk memenuhi kebutuhan pesanan mereka yang lebih rendah seperti kebutuhan dasar (makanan, pakaian & tempat tinggal) dan kebutuhan keselamatan. Begitu mereka memenuhi kebutuhan tatanan yang lebih rendah, hanya dengan begitu mereka dapat naik hierarki kebutuhan yang pada akhirnya mencapai aktualisasi diri, sehingga mengembangkan tenaga kerja yang sangat termotivasi dan diperlengkapi.
 
Kekuatan dan Keterbatasan Pendekatan Humanistik
 
Salah satu kekuatan pendekatan Humanistik adalah fokusnya pada pemberdayaan karyawan. Pendekatan psikologi ini menekankan pada pemberdayaan tenaga kerja alih-alih mengendalikan. Manajer harus mencoba level mereka sebaik mungkin untuk membangun lingkungan kepercayaan dan kebersamaan, dengan memberdayakan tim dan memberi mereka otonomi untuk bekerja dan mengekspresikan pandangan mereka secara bebas. Hubungan yang bertumpu pada pilar atau kepercayaan dan kebersamaan, membantu membangun tempat kerja yang lancar dan efisien.
 
Salah satu batasan utama dari pendekatan ini adalah, meskipun perspektif ini banyak menekankan pada pemberdayaan karyawan, tetapi pertanyaan tentang tanggung jawab karyawan benar-benar diabaikan. Ini bisa dijelaskan dalam kata-kata Blanchard, Pemberdayaan memberikan kebebasan untuk bekerja dan bertindak, tetapi juga melibatkan unsur akuntabilitas untuk memberikan hasil.

***
Solo, Rabu, 7 Agustus 2019. 6:41 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko