Bagaimana Sih Tips Melakukan Modifikasi Mobil Dengan Tepat? Simak Ulasannya

Minggu, 22 September 2024 | 10:00 WIB
0
8
Bagaimana Sih Tips Melakukan Modifikasi Mobil Dengan Tepat? Simak Ulasannya
Modifikasi Mobil

Modifikasi Mobil bukan lagi hal yang baru bagi para pecinta otomotif, terutama mereka yang gemar melakukan modifikasi pada kendaraan kesayangannya. Untuk mewujudkan hal tersebut, sebagian pecinta modifikasi bahkan tak segan-segan membeli mobil bekas untuk dimodifikasi secara khusus.

Sebenarnya, jika Anda ingin memodifikasi mobil, maka Anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Pemilik mobil dapat melakukan modifikasi pada bagian-bagian tertentu yang diinginkan, misalnya modifikasi pada pelek, interior, mesin, dan lain-lain.

Beberapa Tips Melakukan Modifikasi Mobil

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan modifikasi beberapa slot mobil yang terbaik.

Tentukan Tema Dan Konsep

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memodifikasi mobil yaitu menentukan tema dan konsep yang menarik. Hal ini penting untuk diterapkan agar memastikan bahwa tema dan konsep yang Anda buat itu sudah mencapai hasil yang maksimal. Tema dan konsep ini tidak hanya meliputi eksterior saja, tetapi juga interior, seperti pemilihan jok, lingkar kemudi, dashboard, dan lain-lain.

Hitung Biayanya

Jika sudah menentukan poin-poin di atas, maka hitunglah estimasi biaya yang akan dibutuhkan untuk modifikasi ini. Sebelum Anda memulai untuk memodifikasi, maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu rincian harga dan alat-alatnya. Bila perlu, lakukan survei atau cari informasi online yang paling akurat, agar estimasi biaya ini akurat untuk digunakan. Sediakan anggaran yang sesuai dan juga siapkan sejumlah dana tambahan, apabila sewaktu-waktu biaya yang dikeluarkan meleset.

Pilih Bengkel Yang Tepat

Pilihlah bengkel modifikasi yang tepat dan profesional. Lakukan riset khusus untuk mencari informasi yang akurat terkait bengkel yang akan digunakan, sehingga hasil yang didapatkan juga sesuai dengan harapan. Jangan lupa untuk berkonsultasi secara detail, terutama terkait biaya agar nantinya modifikasi yang dilakukan bebas kendala.

Awali Dari Bagian Mesin

Mesin merupakan titik fokus utama saat melakukan modifikasi, jadi jangan abaikan hal ini. Anda bisa berkonsultasi dengan pemilik bengkel mengenai masalah mesin mobil Anda. Namun, jika tidak ingin melakukan perubahan pada mesin, maka mintalah mereka untuk mengecek kondisi mesin, agar nantinya hal ini tidak mengganggu proses modifikasi.

Eksterior

Jika mesin sudah jadi, lanjutkan dengan memodifikasi bagian eksterior mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari memasang stiker, mengganti ban dan velg, membuat body kit, dan lainnya.

Interior

Modifikasi interior bisa menjadi fokus selanjutnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memfokuskan pada berbagai komponen yang terdapat pada interior mobil, seperti: lingkar kemudi, jok, dashboard, karpet, dan lainnya. Anda bisa memilih konsep interior yang menarik agar tampilannya bagus.

Aksesoris Lainnya

Jangan lupa untuk menambahkan berbagai aksesori tambahan lainnya pada hasil modifikasi. Namun, tetap tambahkan aksesori tersebut sesuai dengan budget yang telah diperhitungkan sebelumnya, termasuk tema dan konsep yang telah dipilih sejak awal.

Jenis-Jenis Aliran Modifikasi Mobil

Pada umumnya, pemilik mobil akan memilih konsep tertentu yang dianggap menarik untuk digunakan pada kendaraan kesayangannya. Idealnya, modifikasi mobil memang dilakukan dengan tujuan agar tampilan mobil menjadi lebih menarik.

Namun, hal tersebut juga harus dilakukan tanpa mengganggu performa dari mobil itu sendiri. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memilih jenis atau konsep modifikasi yang tepat sejak awal. Berikut ini adalah beberapa jenis atau gaya modifikasi mobil yang dikenal dalam dunia otomotif.

Sleeper Car

Modifikasi jenis ini biasanya akan memberikan tampilan bodi dan interior mobil yang tidak akan mengubah dari bawaan pabrik. Pada umumnya, ternyata bengkel modifikasi sering melakukan banyak perubahan pada mesin mobil. Modifikasi yang dilakukan biasanya ditujukan agar performa kendaraan roda empat tersebut jauh lebih baik dari sebelumnya.

Meski sudah dimodifikasi terkadang mesin mobil tersebut tidak jauh berbeda dari mobil produksi lainnya. Namun, sentuhan modifikasi yang satu ini akan membuat performa mesin menjadi lebih garang dan sangat berbeda dengan tampilannya. Jenis modifikasi seperti inilah yang saat ini populer dikalangan anak muda.

Stance

Jenis modifikasi mobil selanjutnya adalah Stance. Modifikasi mobil ini membuat posisi dan tampilan akan terlihat lebih rendah daripada sebelumnya. Bengkel modifikasi akan melakukan ubahan yang berfokus pada area kolong mobil, yakni shock, pelek, dan ban. Penggunaan suspensi udara pada mobil akan membuat kendaraan tetap nyaman dan tetap mampu menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilaluinya.

Street Racing

Jenis modifikasi mobil ini identik dengan anak muda. Street racing menjadi tren bagi anak muda yang menyukai kecepatan saat mengendarai mobil kesayangannya. Modifikasi mobil ini disukai oleh anak muda karena memiliki tampilan yang sporty dan sangat menarik.

Pemilik bengkel biasanya akan memodifikasi seperti jenis mobil balap. Namun, meski begitu, mobil-mobil ini biasanya tetap nyaman dan tetap bisa digunakan untuk rutinitas sehari-hari. Ada banyak jenis mobil yang biasa dimodifikasi oleh Street Racing, seperti mobil MPV dan SUV. 

VIP

Sesuai dengan namanya, jenis modifikasi ini memang banyak digunakan pada mobil-mobil mewah. Modifikasi VIP umumnya bertujuan untuk memberikan tampilan yang lebih mewah pada bagian interior maupun eksterior mobil yang pada dasarnya sudah mewah. 

Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti mengganti jok menjadi lebih mewah, memasang TV berukuran besar, membuat mini bar yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara. Pada umumnya modifikasi VIP akan menggunakan velg berukuran besar dan warna krom yang menarik dengan profil ban yang tipis agar tampilannya semakin mencolok.

JDM

Jenis modifikasi yang satu ini juga cukup populer di kalangan pecinta otomotif. JDM merupakan gaya modifikasi yang banyak digemari oleh anak muda. Gaya ini terinspirasi dari sejumlah film balap populer asal Negeri Sakura tersebut.

JDM sendiri memiliki ciri khas yang unik, yakni menggunakan berbagai komponen, aksesoris, dan suku cadang yang langsung diimpor dari Jepang. Tampilan bodi mobil biasanya akan dibuat sederhana dengan pilihan warna yang clean dan tambahan stiker khas Jepang untuk melengkapinya.

Hot Rod

Jenis modifikasi ini umumnya dilakukan pada mobil-mobil klasik. Hot Rod akan menonjolkan area blok mesin mobil yang terletak di bagian atas kap kabin, di mana pelek mobil dibuat krom dengan perpaduan ban berukuran besar dan dibuat out of bodynya.

Demikian ulasan tentang Bagaimana Sih Tips Melakukan Modifikasi Mobil Dengan Tepat. Semoga bermanfaat.