Kepemimpinan [66] Perlu Mengembangkan Jaringan Berpikir dan Akal Ketujuh untuk Sukses

Lebih baik bagi pemikir jaringan untuk juga mengembangkan Mindfulness sehingga mereka tidak dihancurkan oleh proses berpikir berlebihan yang dapat menghambat pengambilan keputusan.

Jumat, 27 September 2019 | 23:54 WIB
0
419
Kepemimpinan [66] Perlu Mengembangkan Jaringan Berpikir dan Akal Ketujuh untuk Sukses
ilustr: VGCA

Era Jaringan

Kita hidup di Zaman Jaringan. Jaringan ada di mana-mana dan di mana saja dan konektivitas real-time dan komunikasi seluler berarti bahwa kita tidak bisa tanpa mengembangkan kemampuan untuk berpikir dalam hal pemikiran jaringan.

Memang, mengingat fakta bahwa kita hidup di dunia yang terglobalisasi di mana peristiwa-peristiwa di satu bagian dunia secara instan ditransmisikan dan disiarkan ke semua orang dan di mana pun berarti bahwa seseorang harus memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menavigasi medan ini di mana jaringan global menguasai dunia kita.

Akal Ketujuh

Beberapa penulis telah menyebut ini kemampuan untuk berpikir dalam pengertian Ketujuh. Ketujuh di mana selain dapat intuisi dan merasakan tren yang muncul, orang juga perlu mengembangkan indra jaringan di mana pendekatan top-down dan bottom-up bukanlah pendekatan biner yang berarti bahwa itu adalah bukan kasus bahwa keduanya dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau salah satunya adalah paradigma dominan.

Dengan kata lain, di era sebelumnya, pemikiran hierarkis top-down adalah norma, para pemimpin, dan profesional yang digunakan untuk berpikir dalam hal hierarki tersebut. Dengan munculnya sektor layanan dan munculnya internet, ini segera memberi jalan kepada kombinasi pemikiran top-down dan bottom-up yang diperlukan untuk sukses.

Namun, keterampilan berpikir jaringan tidak dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas sendirian atau bahkan, kombinasi keduanya karena atribut kemunculan dan pemikiran sistem berarti bahwa salah satu atau kedua pendekatan tidak berfungsi lagi.

Sebaliknya, apa norma di sini adalah mempelajari jaringan menggunakan pemikiran sistem dan sampai pada keputusan yang tidak linier dalam proses berpikir.

Dengan kata lain, pemikiran jaringan berarti bahwa setiap peristiwa atau kejadian atau bahkan tren atau sinyal tidak cocok dengan hasil garis lurus di mana mudah untuk memprediksi apa yang terjadi dengan menggunakan proses pemikiran linier.

Kasus Donald Trump dan Brexit sebagai Kegagalan Berpikir Linier

Misalnya, ambil kasus pemilu baru-baru ini di Amerika Serikat yang menyebabkan Donald Trump menjadi Presiden. Sebagian besar lembaga survei salah karena mereka menggunakan ekstrapolasi linier dan pemikiran garis lurus dari jajak pendapat dan survei yang memperkirakan kemenangan bagi Hillary Clinton.

Namun, yang terjadi adalah bahwa penggunaan luas Media Sosial seperti Twitter dan Facebook berarti bahwa mereka yang berpikir tentang pemikiran jaringan di mana dapat memprediksi hasil yang benar sedangkan mereka yang terjebak dengan pemikiran tradisional salah.

Memang, bahkan suara Brexit di mana mayoritas orang Inggris memilih untuk meninggalkan Uni Eropa juga tidak diprediksi oleh banyak orang yang berpikir dalam hal model linier.

Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa tahap konektivitas global saat ini dan komunikasi instan telah melahirkan suatu sistem di mana gangguan dalam satu node jaringan ditransmisikan ke node lain, dan seluruh jaringan terganggu mengarah ke hasil yang tidak dapat diprediksi atau diantisipasi secara linear. mode berpikir.

Apa artinya ini adalah bahwa untuk menjadi sukses di abad ke-21, orang perlu mengembangkan pemikiran jaringan di mana kemampuan holistik untuk melihat tren dari sinyal dan hasil dari interaksi berbagai node adalah kunci keberhasilan.

Mengembangkan Jaringan Berpikir

Jika anda seorang mahasiswa yang bercita-cita untuk menjadi seorang profesional teknis atau manajerial, akan lebih baik jika anda memperkenalkan diri dengan sistem yang berpikir di mana anda memiliki kemampuan untuk menyimpulkan hasil dari peristiwa dan dampak dari peristiwa tersebut di satu bagian atau simpul dari jaringan di bagian lain serta seluruh jaringan.

Anda dapat melakukan ini dengan melatih diri anda untuk menggambarkan seluruh dunia sebagai jaringan dan membayangkan setiap simpul dihubungkan dengan yang lain melalui koneksi yang bersifat global dan lokal.

Memang, sementara kita menganggap dunia sebagai jaringan yang luas, peristiwa lokal murni tidak dapat diabaikan juga karena bagaimanapun juga, efek jaringan ditentukan oleh persimpangan global dan lokal.

Seseorang Tidak Dapat Mengabaikan Acara Lokal dan Karena itu, Seseorang harus Mengembangkan Berpikir Glokal

Dengan demikian, sangat penting bagi para profesional dan pemimpin bisnis untuk mengantisipasi baik global maupun lokal dengan berpikir dalam istilah Glocal di mana orang dapat mengantisipasi dampak dari peristiwa global dan pada saat yang sama, berakar di lokal.

Sebagai contoh, jika kerusuhan atau gempa bumi atau bahkan peristiwa iklim ekstrem terjadi, orang memerlukan kombinasi pemikiran global dan lokal di mana seseorang harus menyampaikan dan mengirimkan dampak ke bagian lain dari jaringan yang dapat bersifat global sementara merespons secara murni istilah lokal untuk acara yang dapat mengganggu bisnis Anda atau bahkan kehidupan pribadi.

Hal ini terutama terjadi dengan para pemimpin bisnis di India yang beroperasi secara global tetapi pada saat yang sama menerapkan pemikiran jaringan untuk murni peristiwa lokal sehingga memastikan bahwa mereka merespons secara Glokal.

Kembangkan Ketenangan Seperti Zen

Terakhir, siapa pun yang menggunakan pemikiran jaringan sadar bahwa tidak mungkin untuk menilai dan mengukur hasil dari setiap keputusan atau peristiwa dan karenanya, lebih baik untuk juga mengembangkan pola pikir seperti Zen di mana kemampuan untuk tetap tenang dan terkomposisi dalam menghadapi peristiwa yang berubah dengan cepat di mana setiap "pembaruan langsung" baru harus ditanggapi tanpa kehilangan ketenangan hati seseorang.

Dengan kata lain, lebih baik bagi pemikir jaringan untuk juga mengembangkan Mindfulness sehingga mereka tidak dihancurkan oleh proses berpikir berlebihan yang dapat menghambat dan menghambat serta mengganggu pengambilan keputusan yang tenang.

***
Solo, Jumat, 27 September 2019. 11:16 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko