Kesempatan Ketiga bagi Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring

Jumat, 7 Desember 2018 | 06:24 WIB
0
808
Kesempatan Ketiga bagi Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring
Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring (PapuaToday.com)

Mayor Jenderal Yoshua Pandit (YP) Sembiring. Ia panglima Kodam Cendrawasih, saat ini. Bukan kali ini saja marga Sembiring dipercaya memimpin Kodam di ujung Timur Indonesia.

Sebelumnya ada Mayor Jenderal Raja Kami Sembiring, pada 1982-1985. Lalu, Mayor Jenderal Amir Sembiring, pada 1998-1999. Terakhir letnan jenderal sebagai komandan Kodiklatad. Kali ini ada Mayjen YP Sembiring, lulusan Akmil 1986 dari Korps Infanteri.

Lelaki dari Tanah Karo, Sumatra Utara itu sekitar 15 tahun di satuan Yonif Kostrad. Saat kolonel senior pun menjadi inspektur di Kostrad.

Kini, Panglima TNI memerintahkan satuan Yonif 751 Raider Kodam Cendrawasih di Papua untuk menumpas tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Pasukan Raider dibentuk untuk menumpas musuh yang bertempur secara gerilya. Juga menggunakan taktik tempur gerilya (counter guerilla warfare) walau dalam posisi sebagai pasukan pemburu.

Dua Sembiring terdahulu memiliki sikap tegas. Tak ada maaf untuk OPM!

Tentu harapan yang sama untuk YP Sembiring. Saatnya YPS menunjukkan kemampuan di lapangan sebagai panglima perang.

Oktober 2018 lalu, saat saya ke Jayapura, tak sempat bertemu. Saat bersamaan, ia terbang ke Jakarta. Sehingga hanya berkomunikasi via WA.

Tunaikan tugas mulia, Jenderal Sembiring! Semoga berhasil.

***