Negara Asia dan Eropa Favorit Pecatur India

Memasuki tahun keenamnya, turnamen yang akan berlangsung mulai 13-22 Desember 2019 ini selalu dibanjiri oleh para pecatur asal India.

Sabtu, 23 November 2019 | 06:41 WIB
0
229
Negara Asia dan Eropa Favorit Pecatur India
Para pecatur muda India (Foto: Sunway Sitges 2018)

Jika Malaysia menjadi destinasi populer bagi para pecatur Indonesia untuk mengikuti turnamen maka negara-negara di Timur Tengah menjadi tujuan favorit para pecatur India untuk didatangi.

Mengapa demikian? Karena di sana ada Abu Dhabi Masters, Dubai Open, dan Sharjah Masters, di mana hampir 50 persen dari peserta turnamen ini berasal dari India.Tentu ini bukan hal yang aneh karena jarak Timur Tengah dengan India tidak begitu jauh. Hanya diperlukan tiga jam penerbangan.

Bagaimana dengan negara-negara Eropa? Kita memang sering menyaksikan pecatur India bermain di turnamen-turnamen besar seperti Gibraltar Masters di Gibraltar, Aeroflot Open di Rusia ataupun Grenke Chess Classic di Jerman tetapi tidak ada yang bisa menandingi jumlah mereka yang bermain di Timur Tengah.

Sedikit pengecualian untuk Aeroflot Open. Turnamen ini diikuti oleh banyak pecatur muda India karena dibiayai oleh pemerintah dan merupakan bagian dari program tahunan mereka bersama Federasi Catur negara itu.

Terlepas dari hal itu, ada satu tempat di Eropa bernama Sitges yang paling diminati oleh pecatur dari India ini. Sitges adalah kota pesisir yang berjarak sekitar 35 kilometer di barat daya Barcelona, Spanyol.

Terletak di salah satu lokasi paling indah di Eropa, di pantai laut Balearic. Di sinilah dipentaskan turnamen Sunway Sitges Chess Festival.

Memasuki tahun keenamnya, turnamen yang akan berlangsung mulai 13-22 Desember 2019 ini selalu dibanjiri oleh para pecatur asal India.

Tahun ini saja 75 dari 240 peserta yang tergabung dalam grup A berasal dari India. Sebanyak 16 pecatur lagi akan ambil bagian di grub B, sehingga total pecatur India yang berpartisipasi di turnamen ini berjumlah 91 orang!

Mereka yang sudah mendaftarkan diri di grup A antara lain adalah Sasikiran, Sethuraman, Karthikeyan, Nihal Sarin, Praggnanadhaa, D Gukesh, IM Tania Sachdev dan banyak lagi yang lainnya.

Kapan Indonesia bisa seperti mereka ya?

***