Arjun Dampingi Adhiban Ke Meltwater Champions

Arjun Erigaisi menjadi GM India ke-54 kala itu, berhasil menyingkirkan GM Nihal Sarin di babak pertama dan GM D Gukes.

Senin, 10 Mei 2021 | 08:00 WIB
0
113
Arjun Dampingi Adhiban Ke Meltwater Champions
Erigaisi Arjun (Foto: Amruta Mokal)

Turnamen Meltwater Champions Chess Tour Indian Qualifiers yang diikuti 16 pecatur India ini secara teknis sudah berakhir. GM Adhiban Baskaran dan GM Erigaisi Arjun memastikan dua tempat di turnamen elit itu setelah menyingkirkan lawan-lawan mereka di babak penyisihan dan semifinal.

Jika berbicara tentang pecatur muda India maka nama-nama yang langsung muncul adalah Praggnanandhaa R, Nihal Sarin, D. Gukesh. Padahal masih ada pecatur muda hebat hebat lainnya yang baru berusia 17 tahun yaitu Erigaisi Arjun.

Arjun meraih gelar GM pada usia 14 tahun 11 bulan dan 13 hari.

Memang dari segi usia, pencapaiannya ini terlihat biasa saja sebab sudah banyak pecatur muda lainnya yang melakukannya.

Namun apa yang membuat anak ini sangat istimewa adalah ia memasuki tahun 2018 tanpa satupun norma IM dimilikinya. Namun hanya dalam waktu delapan bulan kemudian Arjun sudah mengantongi tiga norma IM, tiga norma GM dan rating di atas 2500!

Arjun mendapatkan norma IM pertamanya di IIFLW Mumbai 2018, yang kedua di Aeroflot Open 2018 di Rusia dan yang ketiga di HD Bank di Vietnam, Hanoi, pada bulan Maret.

Bulan Mei Arjun mencetak norma GM pertamanya di Kolkata GM International 2018 sekaligus meraih Elo rating 2500. Arjun kemudian mendapat GM keduanya di sebuah turnamen round robin tertutup di Serbia. Norma GM ketiga dikantungi setelah ia menang di babak terakhir Abu Dhabi Masters 2018. 

Arjun Erigaisi menjadi GM India ke-54 kala itu. Sungguh pencapaian yang luar biasa. Jadi tidak heran jika ia kemudian menyingkirkan GM Nihal Sarin di babak pertama dan GM D Gukesh pada babak semifinal Indian Qualifiers ini. Sementara Praggnanandhaa sudah duluan disingkirkan Adhiban di babak perempat final.

***